GERAKAN FEMINISME MELAWAN BUDAYA PATRIARKI DI INDONESIA

Authors

  • Clarissa Nathania Octaviani AKMRTV Jakarta
  • Edy Prihantoro Magister Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Sariyati Universitas Gunadarma
  • Emilianshah Banowo AKMRTV Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i1.232

Keywords:

Gerakan Feminisme, Budaya Patriarki, Gender, Indonesia

Abstract

Penelitian ini berfokus pada gerakan feminisme yaitu suatu ideologi perlawanan terhadap budaya patriarki di Indonesia yang ditampilkan oleh akun Instagram @lawanpatriarki. Feminisme dan patriarki lahir dari adanya praktik-praktik seksis yang merugikan gender tertentu. Sampai saat ini, budaya patriarki masih menjadi isu di masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang menggunakan logika sebagai penalaran. Penalaran yang mendasar menurut Pierce dilakukan melalui tanda-tanda. Tanda-tanda memungkinkan manusia untuk berpikir, berhubungan dengan orang lain serta dapat memberi makna terhadap apa yang ditampilkan alam semesta. Data diperoleh dengan mengobservasi delapan unggahan akun Instagram @lawanpatriarki yang kemudian diklasifikasikan serta dimaknai dengan menggunakan Teori Segitiga Makna Charles S. Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya patriarki yang paling sering terjadi di Indonesia menurut akun @lawanpatriarki adalah diskriminasi gender dan pelecehan seksual. Budaya patriarki menempatkan perempuan di level kedua sedangkan laki-laki menjadi pihak yang superior dan kuat. Persamaan gender yang sering diwacanakan berbeda dengan implementasi di lapangan bahwa perempuan masih menduduki posisi kedua dalam masyarakat Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gracia, C., Mingkid, E., & Harilama, S. H. (2020). Analisis Semiotika Diskriminasi Gender dan BudayaPatriarki Pada Film Kim Ji-young, Born 1982. Jurnal Acta Diurna Komunikasi, 2(4).

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya. Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotika dalam Metode Penelitian Komunikasi. Jurnal

Penelitian Komunikasi, Informatika Dan Media Massa, 16(1).

Nurrohman, D. B., & Wirawanda, Y. (2018). Gender in Social Media: Semiotic Study of Gender Construction of Women in Instagram Account @moduskeras Postings. Jurnal Komunikator, 10(2).

Randazzo, C. (2019). Gender Equality Context in Indonesia. Www.Equalmeasures2030.Or. https://www.equalmeasures2030.org/datahub/2019-sdg-gender-index/country/indonesia/

Zakiah, N. (2019). REPRESENTASI IDEOLOGI PATRIARKI DALAM KOMIK STRIP DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM

@KOMIKKIPLI). Universitas Airlangga.

Downloads

Published

01-04-2022

Issue

Section

Articles

How to Cite

GERAKAN FEMINISME MELAWAN BUDAYA PATRIARKI DI INDONESIA. (2022). BroadComm, 4(1), 23-35. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i1.232

Most read articles by the same author(s)