ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AKADEMI KOMUNIKASI MEDIA RADIO DAN TV JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT

Authors

  • Bonar S Panjaitan AKMRTV Jakarta
  • Maimunah AKMRTV Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i1.236

Keywords:

AKMRTV Jakarta, Analisis SWOT, Strategi Komunikasi, Pertumbuhan, Institusi

Abstract

Penelitian yang dilakukan pada AKMRTV Jakarta ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran Akademi Komunikasi Media Radio dan TV (AKMRTV) Jakarta dengan menggunakan analisis SWOT. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu untuk mendapatkan kausalitas yang bersifat interaktif, gambaran realitas yang kompleks, dan serta untuk memperoleh pemahaman makna dan temuan teori yang dipergunakan. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu Direktur, Kaprodi, Ketua LPPM dan beberapa Panitia PMB serta unit terkait yang berkepentingan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang tepat pada Akademi Komunikasi Media Radio dan TV (AKMRTV) Jakarta adalah strategi pertumbuhan (konsentrasi melalui integrasi vertikal). Artinya AKMRTV Jakarta dapat melakukan peningkatan jenis produk yaitu berupa program studi ataupun jasa pelayanan serta memperluas pasar, mengembangkan fasilitas dan teknologi melalui pengembangan internal maupun eksternal melalui kerjasama dengan institusi lain untuk memajukan AKMRTV Jakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

David, F. R. (2016). Manajemen Strategis—Konsep (Edisi Sepuluh). Salemba Empat. Johnson, G, Scholes,K., & Sexty,R.M. (1989). Exploring Strategic Management,

Scarborough, Ontario: Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Erlangga.

Muhammmad, Suwarsono. (2013). Manajemen Strategik. Konsep dan Alat Analisis. Jakarta: UPP STIM YKPN

Nofrizal, N. 2018. Strategy BMT Al-Ittihad Using Matrix IE, Matrix SWOT 8K, Matrix SPACE and Matrix TWOS. JURNAL TERAPAN MANAJEMEN DAN BISNIS, 4(1), 56–66

Pearce II, J. A., & Robinson, R. B. (2012). Manajemen Strategis 10. Salemba Empat. Rangkuti, F. (2008). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka

Umum.

Sitorus, R. P. (1998). Evaluasi Sumber Daya Lahan. Tarsito.

Soemanagara. (2012). Strategic Communication (Konsep Strategi dan Terapan). Alfabeta. Tjiptono Fandy (2001). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.

Downloads

Published

01-04-2022

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AKADEMI KOMUNIKASI MEDIA RADIO DAN TV JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. (2022). BroadComm, 4(1), 69-79. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i1.236

Similar Articles

71-80 of 87

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)