ANALISIS FRAMING MEDIA ONLINE DALAM PEMBERITAAN MUI BOIKOT PRODUK PERANCIS PADA BERITA DETIK.COM DAN CNNINDONESIA.COM

Authors

  • Tri Wahyu Retno Ningsih Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Gunadarma
  • Dwi Asih Haryanti Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i2.222

Keywords:

MUI, Boikot, Produk Perancis, Analisis Framing, Media Online

Abstract

Presiden Perancis, Emmanuel Macron mendapat kecaman dari para umat Islam di seluruh penjuru dunia karena telah menghina umat Islam dengan karikatur dan ujaran kebencian terhadap Nabi Muhammad SAW, hal ini menjadikan sebuah kontroversi yang sangat fenomenal terutama bagi kaum umat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembingkaian media online terhadap berita pemboikotan MUI terhadap produk Perancis. Metode analisis yang digunakan  adalah analisis framing model Pan dan Kosiscki. Sumber berita adalah Detik.com dan CNNIndonesia.com. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setiap media memiliki caranya tersendiri dalam mengkonstruksi pemberitaan MUI dalam memboikot produk Perancis. Dalam berita Detik.com, MUI menegaskan untuk melakukan boikot produk-produk dari Perancis dan menuntut permintaan maaf dari Presiden Macron kepada seluruh umat Islam di dunia. Sementara itu, berita CNNIndonesia.com MUI mengatakan kepada pemerintah RI untuk memberi peringatan keras kepada pemerintah Perancis dan berencana untuk melakukan boikot produk Perancis jika Macron tidak menghormati dan tidak bersikap toleran kepada umat Islam di seluruh dunia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azanella, L. A. (2020). MUI Serukan Umat Islam Indonesia Boikot Produk Perancis. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/31/103300365/mui-serukan-umat-islam-indonesia-boikot-produk-perancis?page=all

Brown, G., & Yule, G. (1983). Discourse Analysis. Cambridge University Press.

cnnindonesia.com. (2020). MUI Ajak Umat Islam Indonesia Boikot Produk Prancis. Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201030182910-20-564265/mui-ajak-umat-islam-indonesia-boikot-produk-prancis

Damarjati, D. (2020). MUI Ajak Umat Muslim Boikot Produk Prancis sampai Macron Minta Maaf. Detik.Com. https://news.detik.com/berita/d-5234989/mui-ajak-umat-muslim-boikot-produk-prancis-sampai-macron-minta-maaf

Eriyanto. (2002). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. PT LKis.

Garrett, P., & Bell, A. (1998). Media Discourse: A Critical Overview. Blackwell Publishing.

Littlejohn, S. W. (1996). Theories of Human Communication (Fifth Edit). Wadsworth Publishing Company.

McQuail, D. (1995). Media Performance: Mass Communication and the Public Interest. SAGE Publication.

Prihantoro, E. (2013). Analisis Wacana Pemberitaan Selebriti pada Media Online. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil).

Said, E. (1997). Covering Islam: How the media and the experts determine how we see the rest of the world. Vintage.

Salwen, G., & Driscoll. (2006). Online News and the Public. Lawrence Erlbaum Associates (LEA).

Severin, W. J., & Tankard, J. W. (2007). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di dalam Media Massa. Kencana.

Sobur, A. (2003). Semiotika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Suprobo, T., Siahainenia, R., & Sari, D. K. (2016). ANALISIS FRAMING MEDIA ONLINE DALAM PEMBERITAAN PROFIL DAN KEBIJAKAN MENTERI SUSI PUDJIASTUTI (Studi Pada Situs Berita Detik.com, Kompas.com dan Antaranews.com periode Oktober - Desember 2014). Cakrawala, 5(1).

Downloads

Published

01-10-2021

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS FRAMING MEDIA ONLINE DALAM PEMBERITAAN MUI BOIKOT PRODUK PERANCIS PADA BERITA DETIK.COM DAN CNNINDONESIA.COM. (2021). BroadComm, 3(2), 1-14. https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i2.222

Similar Articles

21-30 of 68

You may also start an advanced similarity search for this article.