FRAMING KISRUH KUDETA KEPEMIMPINAN PARTAI DEMOKRAT

Authors

  • Prasetyo Bonifasius Sitanggang Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Ahmad Yazid Lubis Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i1.231

Keywords:

Framing, Pan dan Kosicki, Agenda Setting, Partai Demokrat, Politik, AHY

Abstract

Drama kudeta kepemimpinan Partai Demokrat menjadi suatu hal yang dianggap menarik dalam pemberitaan oleh media massa karena adanya pidato AHY yang secara tiba-tiba mengungkapkan adanya kudeta kepemimpinan dalam partai Demokrat yang dilakukan oleh oknum pejabat pemerintahan dalam lingkar Istana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur framing dan makna yang dikonstruksi dalam pemberitaan mengenai pidato AHY terkait kudeta kepemimpinan Partai Demokrat. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan bentuk penelitian deskriprtif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi literatur, atau sumber lain yang berkaitan dengan tema dan masalah yang dikaji pada penelitian ini. Teknik analisis penelitian ini menggunakan metode analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald. M. Kosicki dengan payung Teori Agenda Setting. Objek analisis adalah berita yang berjudul “AHY Sebut Ada Gerakan Ingin Ambil Alih Kepemimpinan Partai Demokrat secara Paksa" yang terbit di kompas.com pada tanggal 1 Februari 2021. Hasil analisis menunjukkan pemberitaan yang disajikan oleh redaksi kompas.com murni berdasarkan fakta dan data yang bersumber dari pernyataan AHY dalam pidatonya. Penyajian struktur framing yang disajikan juga cukup lengkap, isi berita secara keseluruhan adalah kutipan dan pernyataan dari pidato AHY yang terancam dengan isu kudeta secara paksa. Selain itu dalam framing kompas.com pidato AHY juga menegaskan bahwa dirinyalah Ketua Umum Partai Demokrat yang sah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baran, S. (2012). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.

Bungin, B. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Eriyanto. (2007). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Jakarta: PT LKis. Hamdani. (2011). Teori Agenda Setting. Teori Komunikasi Massa. Medan: Cita Pustaka Media

Perintis.

KPU. (2019). Info Publik Pemilu 2019 - KPU. pemilu2019.kpu.go.id. https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relatlions, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika. Margianto, J. H., & Syaefullah, A. (2012). Media Online: Antara Pembaca, Laba dan Etika.

Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Nabi, R. L., & Oliver, M. B. (2009). Media Processes and Effects. SAGE Publication. Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pamela J. Shoemaker, T. P. (2009). Gatekeeping Theory. New York: Routledge.

Ritonga, E.Y. (2018). Teori Agenda Setting dalam Ilmu Komunikasi. SIMBOLIKA, 4 (1): 32-41. http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika

Romli, A. S. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sobur, A. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: Rosdakarya

Downloads

Published

01-04-2022

Issue

Section

Articles

How to Cite

FRAMING KISRUH KUDETA KEPEMIMPINAN PARTAI DEMOKRAT. (2022). BroadComm, 4(1), 13-22. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i1.231

Similar Articles

1-10 of 86

You may also start an advanced similarity search for this article.