ANALISIS JARINGAN GERAKAN OPINI DIGITAL MENGENAI KEBIJAKAN ELON MUSK DI MEDIA SOSIAL X PADA TAGAR #TWITTERLAYOFFS

Authors

  • Ahmad Yazid Lubis Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma
  • Dylan Esfandiary Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma
  • Prasetyo Bonifasius S Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/74dtse33

Keywords:

Digital Movements of Opinion, Media Sosial X, Tagar, Social Network Analysis

Abstract

Kontroversi PHK massal menjadi fenomena yang banyak diperbincangkan oleh masyarakat di media sosial X yang akhirnya membentuk gerakan opini digital. Masyarakat maya beramai-ramai membicarakan PHK massal tersebut dengan mentautkan tagar #TwitterLayoffs di media sosial X. Fenomena penggunaan tagar #TwitterLayoffs di media sosial X dapat menggambarkan opini publik di masyarakat baik berupa dukungan maupun kritikan. Selain itu, tagar #TwitterLayoffs juga berperan dalam menggerakan opini digital mengenai kebijakan PHK massal di media sosial X. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jaringan komunikasi yang terbentuk, aktor penting, dan level sistem pada tagar #TwitterLayoffs di media sosial X dengan menggunakan metode social network analysis dengan menggunakan Netlytic dan perangkat lunak Gephi. Penelitian ini juga menggunakan konsep digital movements of opinion untuk menjelaskan gerakan opini digital yang terbentuk dari tagar tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @thisiskyler merupakan aktor penting dalam penyebaran informasi jaringan sosial tagar #TwitterLayoffs. Selain menjadi aktor terpopuler karena pusat informasi, akun @thisiskyler juga menjadi aktor terpenting karena besarnya relasi-relasi yang diterima oleh aktor tersebut. Hal ini menunjukkan peran akun @thisiskyler sebagai aktor dalam penggerak opini digital di media sosial X yang cukup penting dalam melakukan counter opini tagar #TwitterLayoffs yang mulanya ditujukan untuk mengkritik kebijakan PHK yang dilakukan Elon Musk di media sosial X.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Airoldi, M., Barisione, M., & Michailidou, A. (2019). Understanding a Digital Movement of Opinion : The Case of # RefugeesWelcome. Information, Communication & Society, 22(8), 1–44.

Alkatiri, A. B. M., Nadiah, Z., & Nasution, A. N. S. (2020). OPINI PUBLIK TERHADAP PENERAPAN NEW NORMAL DI MEDIA SOSIAL TWITTER. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(1), 19–26. https://doi.org/10.35814/coverage.v11i1.1728

Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi. Kencana.

Eriyanto. (2019). Hashtags and Digital Movement of Opinion Mobilization : A Social Network Analysis / SNA Study on # BubarkanKPAI vs # KamiBersamaKPAI Hashtags. Jurnal Komunikasi Indonesia, VIII(3).

Eriyanto. (2021). ANALISIS JARINGAN MEDIA SOSIAL Dasar-dasar dan Aplikasi Metode Jaringan Sosial untuk Membedah Percakapan di Media Sosial. Kencana.

Iradat, Damar. (2022). AS Selidiki Proses Akuisisi Twitter oleh Elon Musk . CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20231009152348-206-1008988/as-selidiki-proses-akuisisi-twitter-oleh-elon-musk

Lindgren, S. (2017). Digital Media and Society. SAGE Publications Ltd.

Negara, E. S., & Andryani, R. (2018). A REVIEW ON OVERLAPPING AND NON-OVERLAPPING COMMUNITY DETECTION ALGORITHMS FOR SOCIAL NETWORK ANALYTICS. Far East Journal of Electronics and Communications, 18(1), 1–27. https://doi.org/10.17654/EC018010001

Ningrum, M., & Hartanto, E. (2023). Opini Publik pada Aktivisme Tanda Pagar’#’ di Media Sosial Twitter (Social Network Analysis dan Sentiment Analysis Pengguna Twitter terhadap #sayabersamajokowi). . Jurnal Broadcasting Communication, 5(2).

Prihantoro, E., Rakhman, F. R., & Ramadhani, R. W. (2021). Digital Movement of Opinion Mobilization: A SNA Study on #Dirumahaja Vs #Pakaimasker. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 6(1).

Rakhman, F. R., Ramadhani, R. W., & Fatoni, A. (2021). GERAKAN OPINI DIGITAL # INDONESIATERSERAH PADA MEDIA SOSIAL TWITTER DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Penelitian Komunikasi, 24(1), 29–44. https://doi.org/10.20422/jpk.v24i1.752

Riyanto, S. J., & Farida, N. (2022). Social Network Analysis Komunikasi Kesehatan Pengguna Twitter dengan Tagar #vaksinuntukkita di Era Covid 19. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 47–55.

Rogers, R. (2019). Doing Digital Methods. Sage Publications.

Takahashi, B., Tandoc, E. C., & Carmichael, C. (2015). Communicating on Twitter during a disaster: An analysis of tweets during Typhoon Haiyan in the Philippines. Computers in Human Behavior, 50, 392–398. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.04.020

Wuriani, N. I. (2021). AKTIVISME TAGAR #PERCUMALAPORPOLISI SEBAGAI ZEITGEIST DEMOKRASI SIBER DI INDONESIA. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 171–183. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1702

Zahn, M. (2022). A timeline of Elon Musk’s tumultuous Twitter acquisition . Https://Abcnews.Go.Com. https://abcnews.go.com/Business/timeline-elon-musks-tumultuous-twitter-acquisition-attempt/story?id=86611191

Downloads

Published

01-04-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS JARINGAN GERAKAN OPINI DIGITAL MENGENAI KEBIJAKAN ELON MUSK DI MEDIA SOSIAL X PADA TAGAR #TWITTERLAYOFFS. (2024). BroadComm, 6(1), 51-63. https://doi.org/10.53856/74dtse33

Similar Articles

1-10 of 66

You may also start an advanced similarity search for this article.