MEMAHAMI EKOLOGI MEDIA MASSA DARING MELALUI ANALISIS JARINGAN WACANA RUU DKJ
DOI:
https://doi.org/10.53856/xgwcj540Keywords:
Analisis Jaringan Wacana, CNN Indonesia, Discourse Coalition Framework, Ekologi MediaAbstract
Studi ini bertujuan untuk mengkaji bentuk ekologi media pada media massa daring. Dalam ekologi media, setiap media memiliki karakter, fungsi, dan sentimen masing-masing. Ekologi media berimplikasi pada pembentukan budaya dan opini audiens yang khas. Peneliti menggunakan metode discourse network analysis untuk memetakan aktor dan narasi media. Peneliti kemudian mengkaji gaya narasi media dengan Discourse Coalition Framework. Peneliti mengkomparasi berita tentang Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) di KOMPAS.com dan CNN Indonesia mulai tanggal 14 Februari hingga 14 Maret 2024. Hasil studi menunjukkan bahwa pada periode yang sama, berita KOMPAS.com lebih banyak daripada CNN Indonesia. Kedua media memuat pernyataan narasumber yang memiliki sentimen positif dan negatif. Kedua media juga mengutip pernyataan narasumber dan melakukan proliferasi dengan mengunggah pada dua berita berbeda. Narasumber dan gaya narasi CNN Indonesia lebih beragam, meliputi metafora, alur cerita, dan koalisi. Sedangkan KOMPAS.com mengutip pernyataan dari aktor yang lebih sedikit dengan gaya narasi alur cerita dan koalisi.
Downloads
References
Abu-Ayyash, S. (2024). Mediatized politics in Palestine: Online platforms’ influence on framing of politicians’ messages. Communication and the Public, 9(1), 100–113. https://doi.org/10.1177/20570473231224820
Dame Laoera, B., & Wibowo, T. O. (2023). Indonesian online news and digital culture: a media ecology perspective. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 7(2), 355–368. https://doi.org/10.25139/jsk.v7i2.6190
Gil de Zúñiga, H., Strauss, N., & Huber, B. (2020). The Proliferation of the “News Finds Me” Perception Across Societies. International Journal Of Communication, 14.
Glynos, J., David Howarth, Aletta Norval, & Ewen Speed. (2009). Discourse Analysis: Varieties and Methods. https://eprints.ncrm.ac.uk/id/eprint/796/1/discourse_analysis_NCRM_014.pdf
Hajer, M. (2002). discourse analysis and the study of policy making. European Political Science, 2(1), 61–65. https://doi.org/10.1057/eps.2002.49
Hamad, I. (2004). KONSTRUKSI REALITAS POLITIK DALAM MEDIA MASSA (Studi Pesan Politik Dalam Media Cetak Pada Masa Pemilu 1999). Makara Human Behavior Studies in Asia, 8(1), 21. https://doi.org/10.7454/mssh.v8i1.77
Haryanto, A. T. (2024, January 31). APJII: Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Https://Inet.Detik.Com. https://inet.detik.com/cyberlife/d-7169749/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Kasih, P. C. (2023). PERTARUNGAN WACANA KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG DALAM MEDIA ONLINE. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(1), 19–34. https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i1.15
Katadata Insight Center. (2023a, June 15). Inilah Media yang Paling Dipercaya Warga Indonesia pada 2023, Ada Favoritmu? . Databoks . https://databoks.katadata.co.id/media/statistik/1c1e7d566a730a9/inilah-media-yang-paling-dipercaya-warga-indonesia-pada-2023-ada-favoritmu
Katadata Insight Center. (2023b, November 14). Survei KIC: Mayoritas Anak Muda Indonesia Sering Terpapar Berita Politik. Databoks.
Kemp, S. (2024, February 21). DIGITAL 2024: INDONESIA. Https://Datareportal.Com. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia
Komala, R. (2024). Jejaring Wacana pada Debat Kebijakan Publik di DPR RI: Isu Perlindungan Data Pribadi. Jurnal Komunikasi Global, 13(1), 175–198. https://doi.org/10.24815/jkg.v13i1.36954
Kortti, J. (2017). Media History and the Mediatization of Everyday Life. Media History, 23(1), 115–129. https://doi.org/10.1080/13688804.2016.1207509
Leifeld, P. (2016). Discourse Network Analysis: Policy Debates as Dynamic Networks . In The Oxford Handbook of Political Networks (pp. 301–325). Oxford University Press.
Lubis, A. Y., Esfandiary, D., & Bonifasius S, P. (2024). ANALISIS JARINGAN GERAKAN OPINI DIGITAL MENGENAI KEBIJAKAN ELON MUSK DI MEDIA SOSIAL X PADA TAGAR #TWITTERLAYOFFS. BroadComm, 6(1), 51–63. https://doi.org/10.53856/bcomm.v6i1.350
Made, S. K. A., Ohorella, N. R., & Nasher, A. (2024). BRANDING DESTINASI PARIWISATA BALI PADA AKUN INSTAGRAM @WISATABALI_OFFICIAL. BroadComm, 6(1), 38–49. https://doi.org/10.53856/bcomm.v6i1.349
Modgil, S., Singh, R. K., Gupta, S., & Dennehy, D. (2024). A Confirmation Bias View on Social Media Induced Polarisation During Covid-19. Information Systems Frontiers, 26(2), 417–441. https://doi.org/10.1007/s10796-021-10222-9
Musolff, A. (2004). Metaphor and Political Discourse. Palgrave Macmillan UK. https://doi.org/10.1057/9780230504516
Nurhaqiqi, H. (2022). Media Ecology Activism The Media Coverage of COVID-19 and its Responses. Metafora: Education, Social Sciences and Humanities Journal, 6(1), 1–10.
Reuters Institute. (2023). Digital News Report 2023. https://reutersinstitute.politics.ox.ac.uk/digital-news-report/2023
Setiadarma, D., & Rizkiansyah, M. (2021). Media convergence of the Indonesian house representative television. Journal Communication Spectrum: Capturing New Perspectives in Communication, 11(1), 74–83.
Sofura, A. M. (2023). Discourse Network Analysis: Studi Kasus pada Kebijakan Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina. Jurnal Komunikatif, 12(1), 37–50. https://doi.org/10.33508/jk.v12i1.4526
White, A. (2022). Overcoming ‘confirmation bias’ and the persistence of conspiratorial types of thinking. Continuum, 36(3), 364–376. https://doi.org/10.1080/10304312.2021.1992352
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reza Praditya Yudha, Asyami Destriana Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.