SOCIAL NETWORK ANALYSIS DALAM INTERAKSI PENYEBARAN CITRA MEREK @SAYURBOX PADA MEDIA SOSIAL TWITTER

Authors

  • Amalia Rizkia Utami Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Yohanes Ari Kuncoroyakti Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i1.183

Keywords:

Citra Merek, Interaksi, Social Network Analysis, Media Sosial, Penyebaran Informasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi penyebaran citra merek @sayurbox di media sosial Twitter dan untuk mengetahui aktor utama dalam penyebaran citra merek tersebut, guna mengetahui bagaimana hubungan antar aktor dalam penyebaran brand citra merek @sayurbox. Social Network Analysis mempelajari struktur hubungan yang mengaitkan individu dengan sosial lain dan ketergatungan dalam perilaku atau sikap yang berhubungan dengan susunan hubungan sosial. Hubungan tersebut dapat digambarkan dengan nodes, atau disebut vertices dan ties atau edges, links atau connections. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Peneliti mengambil sampel followers yang mengikuti akun Twitter @sayurbox dan data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian ini dapat terbentuk dari 120 aktor dengan jumlah interaksi yang menyebarkan brand image sebanyak 215 interaksi yang dilakukan di media sosial Twitter. Dari visualisasi jaringan interaksi, penyebaran citra merek @sayurbox di media sosial Twitter memiliki pola interaksi yang belum sepenuhnya terhubung dan masih terfragmentasi menjadi interaksi penyebaran citra merek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Athifah Nursyafa, Andry Alamsyah. (2016). Analisis Peringkat Brand Pada Jejaring Sosial Percakapan Menggunakan Metode Social Network Analysis (Studi Kasus Brand Alfamart dan Indomaret pada Media Sosial Twitter Indonesia).

Berger, Charles R, Roloff, Michael E., dan Ewoldsen, David R.Roskos. (2014). Handbook Ilmu Komunikasi. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Budiargo, Dian. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: Elex Media Komputindo..

Cangara, Hafied. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Diah Pratiwi. (2014). Penggunaan Media sosial dalam membangun Kohevisitas internal (Studi mengenai penerapan computer mediated communication (CMC) pada penggunaan Twitter dalam komunitas Nebengers).

Edwin, Mustafa Nasution., & Hardianus Usman. (2007). Proses Penelitian Kuantitatif.

Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi. Jakarta: Prenada Media.

Fajar, Marhaeni. (2009). “Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik” Yogyakarta : Graha Ilmu

Fikar Damai Setia Gea. (2018). Jaringan Komunikasi Kepala Desa Dalam Inovasi Program Pembangunan.

Kotler, & Kevin Lane Keller. (2007). Manajemen Pemasaran,Edisi Kedua Belas, Jilid 2, dialih bahasa Oleh Benjamin Molan, Jakarta: PT.Indeks.

Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi: disertai contoh Praktis Riset media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Made Kevin Bratawisnu., & Andry Alamsyah. (2018). Social Network Analysis Untuk Analisa Interaksi User Dimedia Sosial Mengenai Bisnis E-Commerce (Studi Kasus: Lazada, Tokopedia Dan Elevenia).

Mahdi Shiddieqy Setatama., & Dodie Tricahyono. (2017). Implementasi Social Network Analysis Dalam Penyebaran Country Branding “Wonderful Indonesia”.

Nasution, Zulkaimen, (2010). Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jakarta. Universitas Terbuka.

Sanusi, M Arsyad. (2001). E-Commerce Hukum dan Solusinya. Jakarta: Mizan Grafik Sarana

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sri Hadijah Arnus. (2015). Computer Mediated Communication (Cmc), Pola Baru Berkomunikasi.

Tubss, Stewart.L, Sylvia Moss, (2008). Human Communication. Prinsip-Prinsip Dasar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Yuni Rafita. (2014). Social Network Analysis Dalam Melihat Kecenderungan Pemberitaan Pada Akun Twitter “@Detikcom” Dan “@Metro_Tv”.

Kenangan, 2019, “ Sayurbox, Startup Jual Sayur Kekinian Ala Amanda Susanti”, https://www.kenangan.com/ceritainspirasi/sayurbox-startup-jual-sayur-kekinian-ala-amanda-susanti, diakses pada tanggal 12 maret 2020 pukul 11.00.

DailySocial.id, 2017, “Sayurbox Hadirkan Layanan Pembelian Sayuran dan Buah Organik langsung dari petani”, https://dailysocial.id/post/sayurbox, diakses tanggal 20 juli 2020 pukul 13.00.

Wartaekonomi, 2020, “Keren! Begini Kisah Amanda Cole, Pendiri Sayurbox Hingga Dapat Penghargaan dari Forbes”, https://www.wartaekonomi.co.id/read282319/keren-begini-kisah-amanda-cole-pendiri-sayurbox-hingga-dapat-penghargaan-dari-forbes, diakses tanggal 12 maret 2020 pukul 13.00.

Katadata, 2019, “Sayurbox, E-commerce Produk Segar Yang Bantu Petani”, https://katadata.co.id/ekarina/berita/5e9a5515a01e1/sayurbox-startup-pertanian-yang-bantu-tingkatkan-pendapatan-petani, diakses tanggal 20 maret 2020 pukul 15.00.

GoodNews From Indonesia, 2018. “ Starup Karya Anak Bangsa ini Bercita-cita menyejahterakan para Petani di Indonesia”

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/01/29/startup-karya-anak-bangsa-ini-bercita-cita-menyejahterakan-para-petani-di-indonesia, diakses tanggal 14 April 2020 pukul 12.00.

Downloads

Published

01-04-2019

Issue

Section

Articles

How to Cite

SOCIAL NETWORK ANALYSIS DALAM INTERAKSI PENYEBARAN CITRA MEREK @SAYURBOX PADA MEDIA SOSIAL TWITTER. (2019). BroadComm, 1(1), 13-21. https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i1.183

Similar Articles

1-10 of 75

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)