OPINI PUBLIK PADA AKTIVISME TANDA PAGAR ‘#’ DI MEDIA SOSIAL TWITTER (SOCIAL NETWORK ANALYSIS DAN SENTIMENT ANALYSIS PENGGUNA TWITTER TERHADAP #SAYABERSAMAJOKOWI)

Authors

  • Mila Widya Ningrum Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Eko Hartanto AKMRTV Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v5i2.328

Keywords:

analisis jaringan sosial, analisis sentimen, opini publik, twitter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jaringan sosial dan opini publik pada tagar #SayaBersamaJokowi di Twitter yang muncul sebagai reaksi masyarakat pengguna Twitter terhadap aksi demonstrasi yang akan dilaksanakan oleh Mahasiswa terhadap Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Analisis jaringan sosial dan opini publik pada tagar #SayaBersamaJokowi di Twitter menggunakan Analisis Jaringan Sosial dan Analisis Sentimen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data yang diambil pada 6 April-12 April 2022 menggunakan Netlytic berhasil mendapatkan 2500 tweet yang menunjukkan hasil penelitian bahwa akun @karshowno92 lebih bersifat aktif dalam hal penyebaran informasi dibandingkan aktor-aktor lainnya, dan tagar #SayaBersamaJokowi dalam media sosial Twitter dapat membentuk opini publik berupa opini sentimen positif sebesar 46% dengan 340 tweet, opini sentimen negatif sebesar 31% dengan 230 tweet, dan opini sentimen netral sebesar 23% dengan 171 tweet. Sehingga dapat disimpulkan bahwa opini masyarakat Twitter yang menggunakan tagar #SayaBersamaJokowi tidak semua kontra terhadap aksi demonstrasi yang dilakukan, melainkan ada yang pro terhadap aksi demonstrasi dengan tetap menggunakan dan menyebarkan tagar #SayaBersamaJokowi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, M., Ramadhani, R. W., & Utami, S. R. (2023). Analysis Of “Mixue” Communication Network As Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Using Social Network Analysis. Journal of Digital Media Communication, 2(1), 51–60. https://doi.org/10.35760/dimedcom.2023.v2i1.8258

Apriadi, T. (2013). Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Raja Grafindo Persada.

Ardya, M., Ohorella, N. R., Prihantoro, E., & Wahyu, Tri. (2023). Aplikasi Jaki sebagai Media Pengaduan Sarana Umum di Kelurahan Jatinegara. Jurnal Badati Ilmu Sosial & Humaniora, 8(1).

Barisione, M., & Ceron, A. (2017). A Digital Movement of Opinion ? Contesting Austerity Through Social Media. In Social media and European politics: Rethinking power and legitimacy in the digital era (pp. 1–19). Springer. https://doi.org/10.1057/978-1-137-59890-5

Cangara, H. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers.

Carley, K., Malik, M., Kowalchuck, M., Pfeffer, J., & Landwehr, P. (2015). Twitter Usage in Indonesia.

Eriyanto. (2019). Hashtags and Digital Movement of Opinion Mobilization : A Social Network Analysis / SNA Study on # BubarkanKPAI vs # KamiBersamaKPAI Hashtags. Jurnal Komunikasi Indonesia, VIII(3).

Eriyanto. (2021). ANALISIS JARINGAN MEDIA SOSIAL Dasar-dasar dan Aplikasi Metode Jaringan Sosial untuk Membedah Percakapan di Media Sosial. Kencana.

Nurhazizah, E., Ichsan, R. N., & Widiyanesti, S. (2022). Analisis Sentimen Dan Jaringan Sosial Pada Penyebaran Informasi Vaksinasi Di Twitter. Swabumi, 10(1), 24–35. https://doi.org/10.31294/swabumi.v10i1.12474

Prihantoro, E., Rakhman, F. R., & Ramadhani, R. W. (2021). Digital Movement of Opinion Mobilization: A SNA Study on #Dirumahaja Vs #Pakaimasker. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 6(1).

Meliana, A., Fatoni, A., & Umam, C. (2023). Digital Opinion Tautan “FIFA” Di Media Sosial Twitter Dengan Social Network Analysis. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 57-73.

Saifulloh, M., & Ernanda, A. (2018). MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI PADA REMAJA PENGGUNA AKUN ALTER EGO DI TWITTER. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), 235. https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.652

Saputra, Y. A., & Harianto, F. (2020). Analisis Semiotika Pada Iklan Baliho Preppstudio Brand Ambassador Arief Muhamamad. BroadComm, 2(1), 69–81. https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i1.204

Shafira, Z., & Wulandari, C. (2019). FENOMENA PERGESERAN FUNGSI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE @BROKEBUTCOOL_. BroadComm, 1(1), 48–58. https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i1.186

Tabroni, R. (2012). Komunikasi Politik Pada Era Multimedia. Simbiosa Rekatama Media.

Wuriani, N. I. (2021). AKTIVISME TAGAR #PERCUMALAPORPOLISI SEBAGAI ZEITGEIST DEMOKRASI SIBER DI INDONESIA. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 171–183. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1702

Yang, G. (2016). Narrative Agency in Hashtag Activism: The Case of #BlackLivesMatter. Media and Communication, 4(4), 13–17. https://doi.org/10.17645/mac.v4i4.692

Downloads

Published

01-10-2023

Issue

Section

Articles

How to Cite

OPINI PUBLIK PADA AKTIVISME TANDA PAGAR ‘#’ DI MEDIA SOSIAL TWITTER (SOCIAL NETWORK ANALYSIS DAN SENTIMENT ANALYSIS PENGGUNA TWITTER TERHADAP #SAYABERSAMAJOKOWI). (2023). BroadComm, 5(2), 1-13. https://doi.org/10.53856/bcomm.v5i2.328

Similar Articles

51-60 of 65

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)