REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN TELEVISI E-JUSS GINGSENG VERSI MANGGA JEGGER)

Authors

  • Eviyani AKMRTV Jakarta
  • Norwan Nasa Mustofa AKMRTV Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i1.203

Keywords:

Representasi, Maskulinitas, Periklanan, Televisi, Semiotika

Abstract

Tersebarnya konsep maskulinitas di masyarakat tidak terlepas dari keberadaan media sebagai sarana penyebarluasan informasi dan komunikasi yang menampilkan unsur-unsur gender di dalamnya, termasuk dalam iklan. Oleh karena itu, peneliti ingin melihat seperti apa penggambaran maskulinitas dan mitos maskulinitas yang terdapat dalam E-Juss Gingseng Versi Mangga Jegger. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna maskulinitas yang disampaikan oleh E-Juss Gingseng Versi Mangga Jegger melalui iklannya yang telah beredar di berbagai stasiun televisi nasional dan lokal dengan menggunakan analisis semiotika. Hasil dari penelitian ini adalah: penggambaran maskulinitas dalam iklan E-Juss Gingseng versi Mangga Jegger yaitu: gambaran fisik yang digambarkan dengan tubuh yang kuat, kekar dengan dada bidang dan lengan yang kekar, ciri-ciri yang cenderung positif seperti antusiasme yang tinggi dan aktif, dan maskulinitas. Dalam iklan ini juga tidak terlepas dari budaya patriarki, dimana laki-laki memiliki kekuasaan atas perempuan. Terdapat kesamaan antara mitos yang berkembang di masyarakat dengan mitos maskulinitas dalam iklan, yaitu: maskulinitas digambarkan sebagai tubuh berotot dengan dada lebar dan lengan berotot, memiliki semangat aktif yang tinggi, dan laki-laki memiliki kekuasaan atas perempuan dan laki-laki. bertanggung jawab atas ekonomi keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kaniadi. (2010). Dasar-dasar Periklanan. Bandung. Divisi Buku Manajemen Bisnis dan Pemasaran Politeknik POS Indonesia.

Kriyantono, Rachmad. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. PT. Kencana Predana Media Group.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. (2016). EnsiklopediaTeoriKomunkasi. Jakarta. Kencana. Little John dan Karen A. Foss. (2009). Theories of Human Communication. Jakarta. Balai Pustaka.

Megawangi, Ratna. (2010). Membiarkan Berbeda? Sudut Pandang Baru tentang Relasi Gender. Bandung. Mizan Media Utama.

Monlele dan Cala Johnson. (2009). Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta. PT. Prenada Media Group

Piliang, Amir Yasraf. (2003). Hipersemiotika Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna. Yogyakarta. Jalasutra.

Sobur, Alex. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Wibowo, Indrawan Setyo Wahyu. (2011). Semiotika Komunikasi Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta. Mitra Wacana Media

Downloads

Published

01-04-2020

Issue

Section

Articles

How to Cite

REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN TELEVISI E-JUSS GINGSENG VERSI MANGGA JEGGER). (2020). BroadComm, 2(1), 54-68. https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i1.203

Similar Articles

1-10 of 12

You may also start an advanced similarity search for this article.