ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN BALIHO PREPPSTUDIO BRAND AMBASSADOR ARIEF MUHAMAMAD

Authors

  • Yoga Akbar Saputra AKMRTV Jakarta
  • Fery Harianto AKMRTV Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i1.204

Keywords:

: Semiotika Charles Sander Peirce, Billboard Advertising, preppstudio, Arief Muhammad

Abstract

Akhir-akhir ini perkembangan periklanan begitu pesat dan meluas, baik di media cetak, elektronik, online maupun media luar ruang. Salah satu iklan yang saat ini menarik dan kreatif adalah Iklan Billboard Arief Muhammad dengan tulisan “Siap jadi nomor 1, Arief Muhammad S.H.”. Banyak yang mengira Arief Muhammad akan mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Pasalnya, atribut dan slogan yang digunakan dalam iklan tersebut merupakan bentuk kampanye. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menghasilkan temuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau dengan cara kuantifikasi lainnya. Penelitian ini menggunakan trikotomi kedua atau objek segitiga makna Charles Sanders Peirce melalui jenis-jenis tanda, tanda, dan makna. Setelah meneliti iklan ini, kesimpulannya adalah Iklan Billboard Arief Muhammad dengan tulisan “Siap jadi nomor 1, Arief Muhammad S.H.”. Pandangan semua orang tentang iklan ini salah. Penggunaan atribut dan slogan dalam iklan ini tidak dimaksudkan untuk pemilihan, tetapi ditujukan untuk mempromosikan sebuah brand fashion, karena sebenarnya Arief Muhammad telah mengakuisisi sebuah brand fashion di Indonesia bernama Preppstudio. Dan iklan billboard ini merupakan bentuk promosi anti mainstream dari Arief Muhammad dan Preppstudio.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azuhra, A., & Malau, R. M. U. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Instagram@ Billionairesproject Terhadap Brand Equity (Studi Pada Followers Instagram). eProceedings of Management, 7(2).

Chaer, A. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. PT. Rineka Cipta.

Huda, M. N. (2019). MANAJEMEN PEMASARAN SEKOLAH. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 24-43.

Lubis, F. H. (2017). Analisis Semiotika Billboard Pasangan Calon Walikota Dan Wakil Walikota Medan 2015. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 17-42.

Maesyaroh, I. (2017). Persepsi mahasiswa jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada keterampilan komunikasi lisan presenter Najwa Shihab (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Meiliza, E. (2014). Peranan Public Relations Dalam Fenomena Catshow Sebagai Stratifikasi Sosial Ekonomi Komunitas Cat Lovers. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(3), 200-229.

PUTRA, R. M. H., & Erfahmi, Y. W. (2013). Perancangan Ulang Logo ION Hotel Padang. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(3).

Vera, N. (2015). Semiotika dalam riset komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

01-04-2020

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN BALIHO PREPPSTUDIO BRAND AMBASSADOR ARIEF MUHAMAMAD. (2020). BroadComm, 2(1), 69-81. https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i1.204

Similar Articles

1-10 of 11

You may also start an advanced similarity search for this article.