Pengaruh Tayangan Konten Instagram @daffaspeaks Terhadap Minat Belajar Public Speaking Bagi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.53856/m9yfdd93Keywords:
Tayangan, Minat Belajar, Public Speaking, Instagram, Teori SORAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh tayangan konten instagram @daffaspeaks terhadap minat belajar public speaking bagi mahasiswa dan seberapa besar pengaruh tayangan konten instagram @daffaspeaks terhadap minat belajar public speaking bagi mahasiswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori SOR, teori Stimulus-Organism-Response (S-O-R) dikembangkan oleh Albert Mehrabian dan James A. Russell. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan pengujian melalui analisis regresi linier sederhana. Penelitian ini dilakukan kepada 100 responden yang merupakan remaja akhir dengan rentang usia 17-21 tahun dan merupakan mahasiswa dan pengikut dari akun instagram @daffaspeaks dan diawali dengan pengujian validitas dan reliabilitas pada 30 responden. Hasil dari penelitian yang didapatkan adalah adanya pengaruh dari tayangan konten instagram @daffaspeaks terhadap minat belajar public speaking bagi mahasiswa dengan besaran nilai r2 adalah 0,351 yang memiliki arti bahwa variabel tayangan mempengaruhi minat belajar sebesar 35,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
References
Abidin, Mustika. (2022). URGENSI KOMUNIKASI MODEL STIMULUS ORGANISM RESPONSE (S-O-R) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARANNIVEDANA : Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 3(1), 47-59. . NIVEDANA: Jurnal Komunikasi Dan Bahasa. , 3(1), 47–59.
Anggraini, R., Windy Sastri Febriana, Luluk Mufarohah, Indah Purnama Sari, Novianti Dinda Saputra, & Idris. (2021). Proses dan Minat Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Online di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2). https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i2.5793
Ardiansyah. (2021). Retorika dalam Debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 2020. MABASAN, 15(1), 95–112. https://doi.org/10.26499/mab.v15i1.434
Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
DeVito, J. A. (2018). Human Communication: The Basic Course. Pearson Education.
Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Mehrabian, A., & Russell, J. A. (1974). An Approach to Environmental Psychology. MA: MIT Press.
Nissa, F. K., Sukayawati, F., & Indriana, M. W. (2022). Pengaruh Instagram Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Nusantara. Kampret Journal, 1(3), 50–54.
Ramadanny, E. F., & Suni, E. K. (2023). Pengaruh Tayangan Vlog Ekspedisi “Langit Kelabu” Terhadap Sikap Gen Z Akan Hal Mistis. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 2(1).
Sahlan, S., & Sihombing, A. (2022). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA/I KELAS VB MIS AL-HIDAYAH. NIZHAMIYAH, 12(1). https://doi.org/10.30821/niz.v12i1.1487
Satriyawan, G., Efendi, R. K., & Raditya, G. R. (2022). Efektivitas Konten Instagram @Perpustakaan_Untidar Terhadap Minat Baca Mahasiswa. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(2), 295–307. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i3.378
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wahyudin, D., & Adiputra, C. P. (2019). ANALISIS LITERASI DIGITAL PADA KONTEN INSTAGRAM @INFINITYGENRE. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.744

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Endah Purwitasari, Ramita Hapsari, Reni Fitriani, Fery Harianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.