Pengaruh Tayangan Konten Instagram @daffaspeaks Terhadap Minat Belajar Public Speaking Bagi Mahasiswa

Authors

  • Endah Purwitasari Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta
  • Ramita Hapsari Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta
  • Reni Fitriani Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma
  • Fery Harianto Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53856/m9yfdd93

Keywords:

Tayangan, Minat Belajar, Public Speaking, Instagram, Teori SOR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh tayangan konten instagram @daffaspeaks terhadap minat belajar public speaking bagi mahasiswa dan seberapa besar pengaruh tayangan konten instagram @daffaspeaks terhadap minat belajar public speaking bagi mahasiswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori SOR, teori Stimulus-Organism-Response (S-O-R) dikembangkan oleh Albert Mehrabian dan James A. Russell. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan pengujian melalui analisis regresi linier sederhana. Penelitian ini dilakukan kepada 100 responden yang merupakan remaja akhir dengan rentang usia 17-21 tahun dan merupakan mahasiswa dan pengikut dari akun instagram @daffaspeaks dan diawali dengan pengujian validitas dan reliabilitas pada 30 responden. Hasil dari penelitian yang didapatkan adalah adanya pengaruh dari tayangan konten instagram @daffaspeaks terhadap minat belajar public speaking bagi mahasiswa dengan besaran nilai r2 adalah 0,351 yang memiliki arti bahwa variabel tayangan mempengaruhi minat belajar sebesar 35,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Mustika. (2022). URGENSI KOMUNIKASI MODEL STIMULUS ORGANISM RESPONSE (S-O-R) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARANNIVEDANA : Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 3(1), 47-59. . NIVEDANA: Jurnal Komunikasi Dan Bahasa. , 3(1), 47–59.

Anggraini, R., Windy Sastri Febriana, Luluk Mufarohah, Indah Purnama Sari, Novianti Dinda Saputra, & Idris. (2021). Proses dan Minat Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Online di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2). https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i2.5793

Ardiansyah. (2021). Retorika dalam Debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 2020. MABASAN, 15(1), 95–112. https://doi.org/10.26499/mab.v15i1.434

Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

DeVito, J. A. (2018). Human Communication: The Basic Course. Pearson Education.

Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Mehrabian, A., & Russell, J. A. (1974). An Approach to Environmental Psychology. MA: MIT Press.

Nissa, F. K., Sukayawati, F., & Indriana, M. W. (2022). Pengaruh Instagram Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Nusantara. Kampret Journal, 1(3), 50–54.

Ramadanny, E. F., & Suni, E. K. (2023). Pengaruh Tayangan Vlog Ekspedisi “Langit Kelabu” Terhadap Sikap Gen Z Akan Hal Mistis. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 2(1).

Sahlan, S., & Sihombing, A. (2022). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA/I KELAS VB MIS AL-HIDAYAH. NIZHAMIYAH, 12(1). https://doi.org/10.30821/niz.v12i1.1487

Satriyawan, G., Efendi, R. K., & Raditya, G. R. (2022). Efektivitas Konten Instagram @Perpustakaan_Untidar Terhadap Minat Baca Mahasiswa. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(2), 295–307. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i3.378

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wahyudin, D., & Adiputra, C. P. (2019). ANALISIS LITERASI DIGITAL PADA KONTEN INSTAGRAM @INFINITYGENRE. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.744

Downloads

Published

01-10-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Tayangan Konten Instagram @daffaspeaks Terhadap Minat Belajar Public Speaking Bagi Mahasiswa. (2024). BroadComm, 6(2), 95-106. https://doi.org/10.53856/m9yfdd93

Similar Articles

1-10 of 66

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>