PENGARUH KONTEN KREATOR @VMULIANA TERHADAP KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING FOLLOWERS DI TIKTOK

Authors

  • Maghfira Deninda Mahris Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma
  • Choirul Umam Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v5i1.249

Keywords:

Konten Kreator, Keterampilan, Public Speaking, Followers, Tiktok

Abstract

Tiktok merupakan aplikasi yang berisikan video dengan durasi pendek yang dimanfaatkan untuk menghibur, menginspirasi, serta menambah informasi bagi para pengguna yang melihatnya. Semakin banyaknya pengguna TikTok, seorang Konten Kreator Vina Muliana memberikan konten edukasi bagi para pengguna khususnya followers untuk menambah pengetahuan. Dengan karakter dan keterampilan public speaking, @vmuliana berhasil membuat konten yang sangat mengedukasi bagi para followersnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten kreator @vmuliana terhadap keterampilan public speaking followers di aplikasi TikTok. Metode yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, landasan teori yang digunakan adalah Teori Uses and Gratification. Pada uji regresi linear sederhana nilai konstanta a positif sebesar 5,297 yang menunjukan bahwa adanya pengaruh positif variabel x konten kreator @vmuliana dan regresi konten kreator sebesar 0,428 menunjukan bahwa terjadinya hubungan positif antara konten kreator terhadap keterampilan public speaking followers di aplikasi Tiktok. Hasil Uji T untuk mengetahui seberapa jauh variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini secara individual dalam menerangkan variabel dependen secara parsial. Hasil uji ini telah mengikuti kriteria dan didapatkan hasil T hitung 8.943 > T tabel 1.661 dengan nilai signifikansi < 0,05 menyatakan dalam penelitian ini bahwa Ha diterima yang artinya ada pengaruh konten kreator @vmuliana terhadap keterampilan public speaking followers di aplikasi TikTok. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada pengaruh konten kreator @vmuliana terhadap keterampilan public speaking yang terjadi pada followers di aplikasi TikTok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap kepercayaan diri remaja di kabupaten sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148.

Adha, K. (2016). Panduan Mudah Public Speaking. Komunika.

Aji, W. N. (2018). APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Peran Strategis Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya Dalam Dinamika Konflik Sosial Serta Penanaman Nilai Karakter Profetik Menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Hapsari, Ramita & Azahra, Zoraya. 2020. Media Sosial Twitter dalam Dimensi Self Disclosure pada Mahasiswa di Kota Depok. Jurnal Broadcasting Communication Vol 2 No 2 Oktober 2020.

Herlina, N. (2017). Efektivitas Komunikasi Akun Instagram @Sumbar_Rancak Sebagai Media Informasi Online Pariwisata Sumatera Barat. Jurnal Risalah, 4(2).

Iskandarwassid, D. S. (2011). Strategi pembelajaran bahasa. PT. Remaja Rosdakarya.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Raja Gafindo Persada.

Nurul, Tasya & Harianto, Fery. 2022. Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Penyebaran Informasi Kegiatan di Yayasan Jamrud Biru. Jurnal Broadcasting Communication Vol 4 No 1 April 2022.

Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar public speaking sebagai komunikasi yang efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).

Pertiwi, W. K. (2020, February 25). Di Balik Fenomena Ramainya TikTok di Indonesia. Tekno.Kompas.Com.

Putri, F. A. (2014). Opini Siswa terhadap Tindakan Cyberbullying di Media Sosial (Studi Deskriptif Opini Siswa SMA Negeri 1 Medan terhadap Tindakan Cyberbullying di Media Sosial). Universitas Sumatera Utara.

Sirait, C. B. (2010). The power of public speaking : kiat sukses berbicara di depan publik. Gramedia Pustaka Utama.

Stanley, & Dennis. (2010). Teori Komunikasi Massa Edisi 5. Salemba Humanika.

Tarigan, H. Guntur. (2008). Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

West, R., & Turner, L. H. (2017). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Salemba Humanika.

Wijaya, N., & Utami, L. S. S. (2021). Pengaruh Penyampaian Informasi pada Aplikasi TikTok terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z. Jurnal Prologia, 5(2), 267–276.

Downloads

Published

01-04-2023

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH KONTEN KREATOR @VMULIANA TERHADAP KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING FOLLOWERS DI TIKTOK. (2023). BroadComm, 5(1), 39-47. https://doi.org/10.53856/bcomm.v5i1.249

Similar Articles

1-10 of 13

You may also start an advanced similarity search for this article.