ADOPSI MICRO-VLOGGING TIKTOK OLEH PELAKU UMKM: STUDI DIFUSI INOVASI DALAM STRATEGI KOMUNIKASI BRANDING
DOI:
https://doi.org/10.53856/mwpje910Keywords:
UMKM, TikTok, Micro Vlogging, Difusi Inovasi, Komunikasi BrandingAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk beradaptasi dengan strategi komunikasi yang lebih inovatif. Salah satu bentuk transformasi komunikasi tersebut adalah penggunaan micro-vlogging di platform TikTok sebagai media storytelling dan branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses adopsi micro-vlogging TikTok oleh pelaku UMKM di Cirebon dan Majalengka melalui perspektif Teori Difusi Inovasi dari Everett Rogers. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan paradigma konstruktivisme. Subjek penelitian terdiri dari empat narasumber, yaitu ketua UMKM Kota Cirebon, ketua UMKM Kabupaten Majalengka, serta dua anggota UMKM dari masing-masing wilayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses adopsi TikTok melalui lima tahapan difusi inovasi: pengetahuan, persuasi, keputusan, implementasi, dan konfirmasi. TikTok dinilai sebagai inovasi komunikasi yang efektif karena mampu menyampaikan pesan branding secara visual, singkat, dan emosional. Namun demikian, tingkat pemanfaatan TikTok sebagai media branding masih beragam, tergantung pada faktor literasi digital, dukungan komunitas, dan pengalaman pribadi. Konteks geografis dan ekonomi Cirebon-Majalengka yang strateginya memperkuat urgensi penerapan inovasi digital dalam meningkatkan daya saing UMKM. Penelitian ini memberikan kontribusi kontekstual dan teoritis dalam kajian komunikasi digital UMKM, khususnya di wilayah berkembang.
Downloads
References
Amali, M. S., Fatmawati, S., Rosdiana, D. A., & Kristianti, L. S. (2024). Peran Platform Digital terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 338–341.
Dianati, S., Spinelli, F., & Gazmuri Sanhueza, A. (2024). The academic TikTok: Academics’ perceptions and uses of Microsoft Flip as a vlogging platform. Australasian Journal of Educational Technology. https://doi.org/10.14742/ajet.8953
Frizawati, N., Trisakti, P., Romauli, J., & Nofirda, F. A. (2023). Analisis Pemanfaatan Tiktok dalam Meningkatkan Pendapatan Perekonomian UMKM di Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30658–30667.
Jayanti, I. S. D., & Kusumawardhani, A. (2023). SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI TIKTOK SEBAGAI SARANA PEMASARAN PRODUK UMKM FASHION ‘TULUS SIGNATURE’ DAN ‘GHAFFA THE LABEL.’ NOCTIS, 2(1), 16–29.
Li, Y. (2024). Decoding the Short Video Era: A Study of Vlog-led Innovation in the Art of Hosting. Academic Journal of Humanities & Social Sciences, 7(11). https://doi.org/10.25236/AJHSS.2024.071119
Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021). Strategi peningkatan kapasitas usaha pada UMKM melalui pemasaran digital. Jurnal UMSU, 2(1).
newsroom.tiktok.com. (2023, May 17). TikTok bermitra dengan DS/innovate untuk membantu UMKM lokal hadapi tantangan dan peluang di tengah iklim ekonomi Indonesia saat ini. Newsroom.Tiktok.Com. https://newsroom.tiktok.com/in-id/tiktok-bermitra-dengan-ds-innovate-untuk-membantu-umkm-lokal-hadapi-tantangan-dan-peluang-di-tengah-iklim-ekonomi-indonesia-saat-ini
Novita, D., Herwanto, A., Cahyo Mayndarto, E., Anton Maulana, M., & Hanifah, H. (2023). Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Pemasaran Dalam Bisnis Online. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2543–2550. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13312
Puspitasari, D. P., & Wulandari, A. (2023). Peranan pemasaran konten dalam meningkatkan brand awareness melalui media TikTok pada UMKM Kampoeng Radjoet tahun 2023. Telkom University.
Rozaq, M., & Nugrahani, R. U. (2023). Penggunaan Platform Video Pendek Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Digital untuk UMKM. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(1), 21–30. https://doi.org/10.33366/jkn.v5i1.271
Sugiyanti, L., Melyona Zenia Rabbil, Kamilah Citra Oktavia, & Mega Silvia. (2022). Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. Masarin, 1(2), 100–110.
Tanuwijaya, K., Wijaya, A. T., Sikomena, A., Harjanti, D., & Marchyta, N. K. (2024). PENDAMPINGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM NURUL ISMIATI. Jurnal Kreativitas Dan Inovasi (Jurnal Kreanova), 4(3), 110–118. https://doi.org/10.24034/kreanova.v4i3.6901
Vinahapsari, C. A., Octaviani, S. K., & Arumsari, A. (2024). OPTIMALISASI UMKM SORAMEN DENGAN PEMBUATAN VIDEO PROFIL. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(3).
Wijaya, I. F., Prabowo, M. A., Widjajanto, A., Supriyono, E., & Sumarta, N. H. (2024). Pelatihan Video Pendek Untuk Promosi Produk UMKM. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(1).

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ajeng Ayu Wulandari, Atef Fahrudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.