POLA KOMUNIKASI ORGANISASI PADA PERUSAHAAN RETAIL FASHION (ANALISIS POLA KOMUNIKASI PADA PT. GIORDANO INDONESIA CABANG DEPOK)

Authors

  • Trikanti Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i1.199

Keywords:

Pola Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Giordano

Abstract

Komunikasi merupakan elemen penting untuk membangun integritas organisasi karena dapat menentukan efektifitas dan kelancaran komunikasi yang terjadi di dalam organisasi. Penelitian ini untuk menganalisis pola komunikasi organisasi dan untuk mengetahui bentuk organisasi pola komunikasi PT Giordano Indonesia Cabang Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif fenomenologi. Pendekatan kualitatif adalah metode untuk menggali dan memahami makna yang dikaitkan dengan isu-isu sosial atau kemanusiaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kombinasi, metode yang menggabungkan kedua metode tersebut adalah metode studi pustaka dengan studi lapangan. Penelitian ini menggunakan teori pengorganisasian Weick untuk menganalisis pola komunikasi tentang Giordano Cabang Depok. Lemah dalam pengorganisasian termasuk dalam teori; penentuan, pemilihan dan penyimpanan dalam organisasi. Hasil dari penelitian ini adalah pola komunikasi di Depok Giordano adalah pola komunikasi formal dan komunikasi informal. Dimana komunikasi vertikal dan formal dari atas ke bawah, pola komunikasi formal juga biasanya menggunakan struktur jaringan roda, di mana adanya kepemimpinan terpusat yang dapat mempengaruhi semua anggota, dan pola komunikasi informal yaitu horizontal dan semua saluran komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrori, M. (2019). Pola Komunikasi Organisasi Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahawarman Jawa Barat (Studi Deskriptif Mengenai Pola Komunikasi Organisasi Resimen Mahawasiswa (MENWA) Mahawarman Jawa Barat Dalam Membangun Kedisiplinan Anggotanya) (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Asriadi, A. (2020). Komunikasi Efektif Dalam Organisasi. RETORIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam, 2(1), 36-50.

Candrasari, S., & Permata, S. (2017). Gaya Komunikasi Pimpinan Starbucks Store Untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja Mitra Melalui Prinsip Starbucks Experience. Jurnal Bisnis Komunikasi, Vol 4(2), 117-123.

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. PT Pustaka Pelajar.

Effendy, O. U. (2006). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Fajar, M. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Graha Ilmu.

Furqon, C. (2003). Hakikat komunikasi organisasi. Hakikat Komunikasi Organisasi, 2(15), 1-9.

Gunawan, H. (2013). Jenis pola komunikasi orang tua dengan anak perokok aktif di Desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Ejournal Ilmu Komunikasi, 1(3), 218-233.

Muhammad, A. (2005). Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara.

Mulawarman, K., & Rosilawati, Y. (2014). komunikasi organisasi pada dinas perijinan Kota Yogyakarta untuk meningkatkan pelayanan. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 5(1), 31-41.

Pangumpia, F. (2013). Pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap produktivitas kerja karyawan di bank prisma dana Manado. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(2).

Prabowo, D. A., & Asriwandari, H. (2016). Latar Belakang Sosiologis Dalam Terbentuknya Pola Perilaku Homoseksual Gay (Studi Kasus Di Kota Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University).

Rofiandaru, M. (2013). Sistem Pembelajaran Bahasa Isyarat (SIBI) Menggunakan Metode Komunikasi Total Untuk Penyandang Tunarungu Di SLBN Semarang. Tersedia: http://eprints. dinus. ac. id/12344/1/jurnal_12272. pdf.

Santoso, P. Y., & Riskiyanti, T. (2014). Strategi Marketing Public Relations Dalam Melaksanakan Special Event Program Paket Close User Group (Cug) Pt. Indosat Tbk. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 130-154.

Wijaya, A. (2015). Gaya komunikasi pemimpin PT. Astra International UD Trucks cabang Romokalisari Gresik. Jurnal e-Komunikasi, 3(2).

Downloads

Published

01-04-2020

Issue

Section

Articles

How to Cite

POLA KOMUNIKASI ORGANISASI PADA PERUSAHAAN RETAIL FASHION (ANALISIS POLA KOMUNIKASI PADA PT. GIORDANO INDONESIA CABANG DEPOK). (2020). BroadComm, 2(1), 13-24. https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i1.199

Similar Articles

1-10 of 76

You may also start an advanced similarity search for this article.