POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS KUTU VESPA REGION BEKASI DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS ANGGOTA

Authors

  • Doni Prasetyo AKMRTV Jakarta
  • Bonar S Panjaitan AKMRTV Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i1.187

Keywords:

Pola Komunikasi, Komunitas Vespa, Solidaritas

Abstract

Gelar ini diangkat sesuai dengan latar belakang pemikiran bahwa pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, manusia pada hakekatnya memiliki kecenderungan untuk hidup berkelompok, antara lain berdasarkan hobi atau kegiatan untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan cara berkomunikasi. Dengan demikian, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana pola komunikasi komunitas KUTU Vespa Bekasi Region dalam menjaga solidaritas anggota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pola komunikasi yang terjadi pada komunitas KUTU Vespa Bekasi Region dalam menjaga solidaritas anggotanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa solidaritas anggota KUTU Vespa Wilayah Bekasi terbentuk karena adanya komunikasi yang intens dan pemahaman tentang pola komunikasi yang baik, hal ini menunjukkan terciptanya rasa solidaritas yang terbentuk di dalam diri para anggota KUTU Vespa Wilayah Bekasi. masyarakat yang sangat dekat. Pola komunikasi yang digunakan oleh KUTU Vespa Bekasi Region adalah pola komunikasi semua saluran atau star (semua saluran) dimana semua anggota memiliki kedudukan yang sama dalam kegiatan komunikasi dalam masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyanti, N. K. C. S. (2017). Pengaruh Komunikasi Kelompok Idol Group Jkt48 Terhadap Sikap Imitasi Komunitas Penggemar Jkt48 Di Kota Cirebon. Jurnal Signal, 5(2).

Devito, J. A. (2009). Komunikasi Antarmanusia 5th.ed (A. Maulana (ed.)). Karisma Publishing.

Fakhri, F. (2017). Hadits Tematik Tentang Urgensi Komunikasi Kelompok. Kalam: Jurnal Agama dan Sosial Humaniora, 5(1).

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.

Nofrima, Y. E., & Yohana, N. (2017). Komunikasi kelompok ikatan mahasiswa Minang Universitas Riau (IMAMI UR) dalam membangun solidaritas anggota (Doctoral dissertation, Riau University).

Suprianto, A. (2013). Efektivitas Komunikasi Verbal Guru Bahasa Indonesia Dalam Proses Pembelajaran Di Sltp Muhammadiyah Padang Luas Kecamatan Tambang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Wahidin, U. (2017). Literasi Keberagamaan Anak Keluarga Marjinal Binaan Komunitas di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 14.

Wahidmurni. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif.

Downloads

Published

01-04-2019

Issue

Section

Articles

How to Cite

POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS KUTU VESPA REGION BEKASI DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS ANGGOTA. (2019). BroadComm, 1(1), 59-67. https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i1.187

Similar Articles

1-10 of 77

You may also start an advanced similarity search for this article.