STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK DALAM UPAYA MEMBENTUK COMMUNITY DEVELOPMENT PADA MASYARAKAT DESA TAJUR KAB. BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i1.198Keywords:
CSR, strategi komunikasi, perusahaan, komunitas, metodeAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dalam menjalankan program CSR dalam upaya membentuk komunitas masyarakat Desa Tajur di Kabupaten Bogor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Stakeholder untuk dapat menjelaskan peran perusahaan dalam mengelola CSR-nya bagi masyarakat. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik wawancara mendalam kepada 6 narasumber penelitian. Narasumber adalah masyarakat Desa Tajur yang bekerjasama dengan perusahaan terkait program CSR P4M PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi yang digunakan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dalam menjalankan program CSR yaitu dengan menetapkan 5 pilar perhatian utama yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, agama, pemuda dan olahraga (sosbudagor) dan keamanan sebagai pilar kelima. Kelima pilar tersebut dikembangkan dalam program pembangunan berkelanjutan yang disebut program P4M berupa pelatihan kepada masyarakat. Strategi yang disusun dan telah dilaksanakan oleh perusahaan menggunakan metode canalizing yaitu suatu metode yang digunakan untuk mempengaruhi khalayak dalam menerima pesan yang disampaikan kemudian secara perlahan merubah sikap dan pola pikir seperti yang diinginkan oleh perusahaan. Serta menggunakan metode pendidikan dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat, yaitu selain memberikan ide dan pendapat kepada masyarakat.
Downloads
References
Andrilla, Riska. (2014). Penerapan Stakeholder Relationship Management Plus (SRM+) Dalam Pengelolaan Community Development di Area Operasional Total E&P Indonesia. eJournal Ilmu Komunikasi, Volume 2, Nomor 3, 2014, 2(3) 333-346
Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo
Creswell, John W. (2014). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. YOGYAKARTA : PUSTAKA PELAJAR
Effendy, Onong Uchyana. (2005). Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fajar, M (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kriyantoro, Rachmat. (2017). Teori-teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik Cetakan Kedua. Jakarta: Kencana.
Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Rachman, Nurdizal M, dkk. (2011). Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Depok: Penebar Swadaya.
Suharto, Edi. (2008). Kebijakan Sosial Sebagai kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Triyono, Agus. (2014). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Community Development Program Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) PT. Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap. Jurnal KomuniTi, Vol. VI, No. 2 September 2014
Yusuf, Muhammad Yasir. (2017). Islamic Corporate Social Responsibility (I-CSR) Pada Lembaga Keuangan Syariah (LKS): Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Eva Budi Utami, Endah Purwitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.