MEMBANGUN MEDIA RELATIONS YANG IDEAL BERDASARKAN PERSPEKTIF PRAKTISI PUBLIC RELATIONS DAN MEDIA

Authors

  • Ahmad Hidayat Mauludi Fakultas Falsafah dan Peradaban Universitas Paramadina
  • Guntur Widyanto Fakultas Falsafah dan Peradaban Universitas Paramadina
  • Rina Amelia Fakultas Falsafah dan Peradaban Universitas Paramadina

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i2.240

Keywords:

Media Relations, Public Relations, Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potret/gambaran media relations yang ideal, figur praktisi PR serta potret media yang ideal, serta strategi yang dilakukan dalam menjalin hubungan baik antara praktisi PR dengan media. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan paradigma kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat tiga gambaran media relations yang ideal. Pertama, terjalin hubungan yang saling menguntungkan antara kedua pihak. Kedua, ketika praktisi PR dan media dapat memahami tugas dan tanggung jawab dari masing-masing pihak. Ketiga, pola komunikasi yang terjalin bersifat dua arah serta informasi yang disampaikan harus berorientasi terhadap kepentingan masyarakat. Sementara itu, terdapat tiga kriteria ideal seorang praktisi PR dari perspektif media. Diantaranya, tidak tebang pilih dalam menentukan media yang akan dijadikan mitra, memposisikan jurnalis sebagai mitra yang memiliki kedudukan sejajar, menjunjung nilai transparansi, serta tidak menghalangi jurnalis untuk berdiskusi dengan pimpinan perusahaan. Di lain hal, terdapat tiga kriteria media yang ideal dari perspektif praktisi PR, yaitu mempublikasi berita sesuai timeline yang telah ditetapkan, membuat karya jurnalistik sesuai dengan hasil wawancara, dan tidak mempraktikkan “budaya amplop”. Kemudian, terdapat tiga strategi yang dapat dilakukan untuk menjaga hubungan baik kedua pihak. Diantaranya, mengadakan gathering dengan media, berkomunikasi secara intens, serta menyajikan data dan informasi yang akurat dan mengandung nilai fakta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, M. (2012). Media Relations 2.0. Jurnal Komunikasi, 7(1), 17–28.

Farihanto, M. N. (2014). Teman Tapi Mesra Humas Dan Wartawan (Studi Kasus Strategi Hubungan Media di Bidang Humas dan Protokoler Universitas Ahmad Dahlan). Jurnal Komunikasi Profetik, 7(2).

Idris, K. (2012). Potret Media Relations dalam Persepsi Wartawan dan Praktisi Public Relations. Jurnal Universitas Paramadina, 9(1), 330–343.

Laudry, S. (2016). Strategi Public Relations Hotel Inna Simpang Surabaya dalam Menjalin Relasi dengan Media. Jurnal E-Komunikasi, 5(4), 1–12.

Makmur, R. (2019). Media Relations di Balik Layar: Praktik, Tips, dan Teori. PT Kompas Media Nusantara.

Normawati, Maryam, S., & Priliantini, A. (2018). Pengaruh Kampanye “Let’S Disconnect To Connect” Terhadap Sikap Anti Phubbing (Survei Pada Followers Official Account Line Starbucks Indonesia) Influence of the Campaign Let’S Disconnect To Connect” on Anti Phubbing Attitude (Survey in Line Starbucks Indo). Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3), 155–164.

Nurjanah, Widyasari, & Yulianti. (2015). Public Relations & Media Relations (Kritik Budaya Amplop pada Media Relations Institusi Pendidikan di Yogyakarta). Jurnal Komunikasi, 7(1), 41–56.

Sholikhah, F. S. (2016). Strategi Media Relations PT . Telekomunikasi Indonesia, Tbk untuk Meningkatkan Citra Perusahaan. Jurnal Komunikator, 8(2), 93–111.

Downloads

Published

01-10-2022

Issue

Section

Articles

How to Cite

MEMBANGUN MEDIA RELATIONS YANG IDEAL BERDASARKAN PERSPEKTIF PRAKTISI PUBLIC RELATIONS DAN MEDIA . (2022). BroadComm, 4(2), 29-39. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i2.240

Similar Articles

1-10 of 55

You may also start an advanced similarity search for this article.