STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DI SCIENTIA SQUARE PARK DALAM MENARIK MINAT WISATAWAN REMAJA

Authors

  • Ahmad Nasher Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Fadli Rahadian Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i2.225

Keywords:

Bauran Komunikasi Pemasaran, Model POAC, Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata

Abstract

Penelitian ini memusatkan perhatian terhadap strategi komunikasi pemasaran Pariwisata, serta model komunikasi yang digunakan oleh Scientia Square Park untuk menarik minat pengunjung remaja. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran pariwisata yang dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis Strategi Komunikasi Pemasaran di Scientia Square Park Dalam Menarik Minat Wisatawan Remaja. Dalam menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan Strategi Komunikasi Pemasaran, Promotion Mix (Penjualan personal, Pemasaran Langsung, Promosi penjualan, Advertishing, Public relation). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan tehnik pengambilan data melalui observasi secara langsung, dokumentasi dan wawancara. Scientia Square Park menempuh strategi komunikasi yang berasal dari beberapa elemen komunikasi pemasaran terpadu yaitu Bauran Komunikasi Pemasaran, mulai dari Penjualan personal, periklanan, public relation , promosi penjualan, Pemasaran Langsung. Periklanan yang dilakukan Scientia Square Park menggunakan media dalam bentuk penayangan iklan di media massa, salah satunya televisi maupun radioi dan media seperti poster, baliho, brosur dan billboard. Dalam Bauran Komunikasi Pemasaran, Scientia Square Park menggunakan Promotion Mix: Advertising, Penjualan personal, Pemasaran Langsung, Public relations, Promosi penjualan. Pada tahap ini terlihat Scientia Square Park melakukan promosi dengan menggunakan Promotion Mix untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Scientia Square Park khususnya remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amstrong, G., & Philip, K. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran (A. Sindoro & B. Molan (eds.); Jilid I). Prenhalindo.

Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT. BPK Gunung Mulia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (B. Sabran (ed.); Edisi 13 J). Erlangga.

Kusniadji, S. (2016). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM KEGIATAN PEMASARAN PRODUK CONSUMER GOODS (Studi kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang). Jurnal Komunikasi, 8(1).

Lailatul, A, A., & M., Y. E. (2014). Strategi Komunikasi Pemasaran Kusuma Agrowisata Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1).

Nasher, A. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pt Khong Guan Biskuit Factory Indonesia Di Kelurahan Ciracas. Mediakom Jurnal, 1(1).

Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 1–18.

Setiadi, N. J. (2008). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikas Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media.

Downloads

Published

01-10-2021

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DI SCIENTIA SQUARE PARK DALAM MENARIK MINAT WISATAWAN REMAJA. (2021). BroadComm, 3(2), 39-48. https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i2.225

Similar Articles

1-10 of 80

You may also start an advanced similarity search for this article.