STRATEGI KOMUNIKASI EFEKTIF GURU DAN SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Novia Nurmala Suci Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Sendi Eka Nanda Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i2.226

Keywords:

Strategi Komunikasi, Komunikasi Efektif, Anak Berkebutuhan Khusus, Pembelajaran Jarak Jauh, Interaksi Simbolik

Abstract

Penelitian ini mengambil topik anak berkebutuhan khusus yang mengikuti pembelajaran jarak jauh akibat pandemi saat ini. Memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh guru kepada siswa ABK selama ini pembelajaran jarak jauh berlangsung agar tercipta komunikasi yang efektif. Secara singkat strategi komunikasi merupakan perpaduan antara perencanaan dan pengelolaan komunikasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan, sedangkan komunikasi efektif adalah komunikasi yang mampu menciptakan kesamaan makna antara komunikator dan komunikan atau penerima pesan. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan paradigma konstruktivisme, teori yang digunakan adalah Interaksi Simbolik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa strategi komunikasi yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh tidak jauh berbeda dengan pembelajaran tatap muka di sekolah. Perbedaannya hanya pada media komunikasi yang digunakan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran menggunakan alat bantu elektronik dan aplikasi yang mendukung proses pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa hasil penelitian tentang strategi komunikasi dalam pembelajaran jarak jauh ini memenuhi kriteria poin-poin yang terdapat dalam strategi komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Effendy, O. U. (2003). Dinamika Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Febrianto, M. (2019). Atribusi Dalam Pengembangan Hubungan Dan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Guru Dengan Siswa Anak Berkebutuhan Khusus Di Pendidikan Anak Usia Dini Cempaka. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Firdaus, Hidayatullah, A., & Komariah, S. (2020). Komunikasi Nonverbal Guru Terhadap Siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota Kota Bima. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 7(1), 1–11.

Kulvisaechana, S. (2001). The Role of Communication Strategies in Change Management Process: A Case Study of Consignia Brand and Business Status Introduction. University of Cambridge.

Laksmi. (2017). Teori Interaksionalisme Simbolik dalam Kajian Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. PUSTABIBLIA: Journal Of Library And Information Science, 1(1), 121–13.

Muzarofah, T. N. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Usia Dini Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak (Di PG Robbani Cendekia Jenangan). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Pratiwi, I. W. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar, Klaten, Jawa Tengah. JP3SDM, 9(2), 30–46.

Riadi, M. (2020). Strategi Komunikasi (Pengertian, Teknik, Langkah dan Hambatan). Kajianpustaka.Com. https://www.kajianpustaka.com/2020/01/strategi-komunikasi-pengertian-teknik-langkah-dan-hambatan.html

Susanto, E. H. (2018). Komunikasi Manusia (Teori Dan Praktek Dalam Penyampaian Gagasan). Mitra Wacana Media.

Umiarso, & Elbadiansyah. (2014). Interaksionisme Simbolik (Dari Era Klasik Hingga Modern). PT RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

01-10-2021

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI KOMUNIKASI EFEKTIF GURU DAN SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19. (2021). BroadComm, 3(2), 49-58. https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i2.226

Similar Articles

1-10 of 79

You may also start an advanced similarity search for this article.