PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAAN PENGGUNAAN APLIKASI DARING SHOPEE DI KOTA BOGOR

Authors

  • Sendi Eka Nanda Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Marina Agustina Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i1.201

Keywords:

Citra Merek, Kepercayaan Merek, Kepuasan, Konsumen, Reputasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap kepuasan penggunaan aplikasi online Shopee di Kota Bogor. Citra merek mempunyai peranan yang sangat penting dan melekat pada perkembangan merek. Reputasi dan juga kepercayaan merek juga selalu berhubungan dengan citra merek yang menjadikan acuan konsumen untuk mencoba ataupun menggunakan produk atau jasa. Teori kepuasan digunakan untuk mengupas penelitian ini sebagai fungsi kedekatan antara harapan pembeli terhadap produk dan hasil produk atau jasa yang dirasa oleh konsumen. Jika produk dan hasil produk atau jasa sesuai dengan ekspektasi atau melebihi harapan tersebut maka kepuasan yang dirasakan adalah tinggi atau positif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam peta ini meliputi wilayah Bogor. Sampel yang diambil berjumlah 400 responden dengan tingkat kesalahan 5%. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa citra merek berpengaruh sebesar 52,6% terhadap kepuasan menggunakan aplikasi online Shopee di Kota Bogor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aker. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Spektrum Mitra Utama.

Asnawi, Anita. (2019). Persepsi Konsumen atas Kualitas Produk, Harga, dan Merk terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Minuman Kopi Kapal Api (Studi Kasus terhadap Mahasiswa di Universitas Dr. Soetomo). Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo

Azikiy, A., & Masreviastuti. (2018). Pengaruh Periklanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee.Co.Id. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(1), 193–196.

Ferdani, Ayu. (2017). Pengaruh Persepsi Pasien tentang Penerapan Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pasien Umum Rawat Inap di Rumah Sakit Paru Dungus Madiun Tahun 2017. Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun.

Gaspersz, V. (2003). Manajemen Bisnis Total – Total Quality Management. Gramedia Pustaka Utama.

Harjati, Lily dan Venesia, Yurike. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. Kwik Kian Gie School Of Bussines E-Journal WIDYA Ekonomika Volume 1 Nomor 1 Oktober 2015

Karmeli, Elly & Haryadi, Wahyu & Arifin. (2020). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Usaha Distro Tom’s 08 Clothing). Ekonomi Pembangunan, Universitas Samawa . Manajemen, Universitas Samawa.

Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (A. B. Susanto (ed.); Edisi Pert). Salemba Empat.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (B. Sabran (ed.); Edisi 13 J). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran. (B. Molan (ed.); Edisi Keti). Indeks.

Lukito, Imam. (2017). Tantangan Hukum dan Peran Pemerintah dalam Pembangunan E-Commerce (Legal Challenges And Government`S Role In E-Commerce Development). Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM Kementerian Hukum dan HAM R.I.

Tjiptono, F. (2005). Brand Management and Strategy (Edisi Pert). CV Andi Offset.

Turban, E., King, D., Lee, J., Liang, T.-P., & Turban, D. (2012). Electronic Commerce 2012: Managerial and Social Networks Perspectives, 7/e. Pearson Education.

Septia, Linda Nur. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Sales Promotion Oppo Smartphone Area Wonogiri Dalam Mendorong Keputusan Pembeli. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Iformatika Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sinaga, Ria Veronica. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Matahari Putra Prima Tbk. (Hypermart Sun Plaza) Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB). http://ejournal.ust.ac.id/index.php/JIMB_ekonomi p-ISSN : 1412-0593 dan e-ISSN : 2685-7294 Volume 17 Nomor 1.

Pradiptaningtyas, Inggarrestu & Hermani, Agus. (2017). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Minute Maid Pulpy (Studi pada Konsumen Minute Maid Pulpy di Kecamatan Banyumanik). Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

01-04-2020

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAAN PENGGUNAAN APLIKASI DARING SHOPEE DI KOTA BOGOR. (2020). BroadComm, 2(1), 35-44. https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i1.201

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.