PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN INFORMASI WEBSITE BAAK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS GUNADARMA

Authors

  • Sendi Eka Nanda Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Bramudi Tis Anggito Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Lenie Okviana Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i2.242

Keywords:

BAAK, Kepuasan Pengguna, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Website

Abstract

Semakin pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini dimanfaatkan instansi pendidikan untuk memenuhi kepuasan akan kebutuhan khalayak, salah satunya Universitas Gunadarma dengan membuat website BAAK. BAAK Gunadarma dibentuk dengan berbagai fasilitas layanan dan informasi guna membantu memudahkan mahasiswa dalam menunjang seluruh kegiatan perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan kualitas informasi pada website BAAK terhadap kepuasan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan paradigma postivistivistik, dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu penyebaran kuesioner kepada responden. Pengambilan jumlah sample dilakukan menggunakan teknik random sampling dengan unit analisisnya mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratifications. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kualitas layanan dan kualitas informasi website BAAK terhadap kepuasan pengguna pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma sebesar 52,4% dan sisanya sebesar 47,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji hipotesis dalam penelitian ini didapatkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas layanan dan kualitas informasi website BAAK terhadap kepuasan pengguna pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, E. (2004). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media.

Hidayat, R. (2010). Cara Praktis Membangun Website Gratis: Pengertian Website. PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Husein, U. (2005). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama.

Iswara, J. (2018). Pengaruh Kualitas Web Okezone. com terhadap Kepuasan User (Studi Pada Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Universitas Lampung Angkatan 2014-2015). Universitas Lampung.

Laudon, K. C., & Jane, P. L. (2010). Manajemen Information System: Managing the Digital Firm. Prentice-Hall.

Nursih, I. (2014). Komunikasi Massa. Graha Ilmu.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Raja Gafindo Persada.

O’Briens, J. A. (2005). Pengantar Sistem Teknologi Informasi Perspektif Bisnis dan Manajerial Versi Bahasa Indonesia (fourth edi). Salemba Empat.

Poon, S. (2002). ESDLife of Hong Kong e-government application with an e-business spirit. Eighth Americas Conference on Information Systems on the World Wide Web.

Rakhmat, J. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2007). Service, Quality Satisfaction. CV Andi Offset.

Downloads

Published

01-10-2022

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN INFORMASI WEBSITE BAAK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS GUNADARMA. (2022). BroadComm, 4(2), 51-62. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i2.242

Similar Articles

1-10 of 44

You may also start an advanced similarity search for this article.