MOTIF IBU MUDA MANTAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL (PSK) DALAM MENUMBUHKAN SELF AWARNESS BAHAYA KANKER SERVIKS

Authors

  • Wiji Sulestari AKMRTV Jakarta
  • Yeni Nuraeni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i2.212

Keywords:

Iklan Layanan Masyarakat, Motif Menggunakan Media, Kanker Serviks, Kesadaran Diri, Youtube

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif ibu muda mantan pekerja seks komersial (PSK) dalam menumbuhkan kesadaran diri akan bahaya kanker serviks dan untuk mengungkap kedalaman informasi pada ibu muda mantan pekerja seks komersial (PSK) yang tinggal di Harapan Baru 1, Bekasi Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan teoritis yang digunakan adalah new media. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 informan dari ibu-ibu muda yang merupakan mantan pekerja seks komersial (PSK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif penggunaan media Youtube untuk iklan layanan masyarakat tentang pendidikan kanker serviks pada ibu muda mantan pekerja seks komersial (PSK) dari orang pertama hingga kelima menggunakan 3 (tiga) motif yaitu Motif Informasi (Surveillance), Motif Pribadi Motif Identitas (Personal Identity) dan Motif Hiburan (Diversion). Penggunaan Youtube untuk iklan layanan masyarakat tentang pendidikan kanker serviks dalam menumbuhkan kesadaran diri pada ibu muda mantan pekerja seks komersial (PSK) dari responden pertama hingga kelima menggunakan kesadaran diri objektif dan kesadaran diri simbolik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham A. 2011. Sukses menjadi Artis dengan YouTube. Surabaya: Reform Media

Apriadi Tamburaka, Literasi Media Cerdas bermedia Khalayak Media Massa, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013).hal 72-73

Ali, Mohammad. 2011. Memahami Riset Prilaku dan Sosial. Jakarta. CV. Pustaka Cendekia Utama

Asdani, Kindarto. 2008. Belajar Sendiri YouTube (Menjadi Mahir Tanpa Guru), (Jakarta: PT Elexmedia Komputindo, hal 1-3

Asep Syamsul M. Romli. 2014. Jurnalistik Online. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia, hal 31.

Cangara, Hafied. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Ed.2. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Hutagalung, Inge. 2015. Teori-Teori Komunikasi Dalam Pengaruh Psikologi. Jakarta. PT Indeks

Nawiroh Vera, Komunikasi Massa, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2016), hal 90.

Nurjaman, Kadar. 2012. Komunikasi dan Public Relations. Bandung: Pustaka Setia

Komisi Penyiaran Indonesia Pusat, Kedaulatan Frekuensi, Jakarta: Penerbit Buku KOMPAS, 2013), hal 165.

K.Yhin. Robert. 2015. Studi Kasus: Desain Dan Metode. Jakarta. RAJAWALI PERS

Pujiyanto. 2013. Iklan Layanan Masyarakat. Ed.1. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Sebayang,DewiMardiyan

a. 2016. Mendeteksi Kanker Rahim Sejak Dini. Jakarta. CV Satubuku

Suryanto. 2017. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cet 2. Bandung: Pustaka Setia

Vera, Nawiroh. 2016. Komunikasi Massa. Cet 1. Bogor: Ghalia Indonesia

Downloads

Published

01-10-2020

Issue

Section

Articles

How to Cite

MOTIF IBU MUDA MANTAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL (PSK) DALAM MENUMBUHKAN SELF AWARNESS BAHAYA KANKER SERVIKS. (2020). BroadComm, 2(2), 72-82. https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i2.212

Similar Articles

1-10 of 86

You may also start an advanced similarity search for this article.