MOTIF IBU MUDA MANTAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL (PSK) DALAM MENUMBUHKAN SELF AWARNESS BAHAYA KANKER SERVIKS
DOI:
https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i2.212Keywords:
Iklan Layanan Masyarakat, Motif Menggunakan Media, Kanker Serviks, Kesadaran Diri, YoutubeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif ibu muda mantan pekerja seks komersial (PSK) dalam menumbuhkan kesadaran diri akan bahaya kanker serviks dan untuk mengungkap kedalaman informasi pada ibu muda mantan pekerja seks komersial (PSK) yang tinggal di Harapan Baru 1, Bekasi Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan teoritis yang digunakan adalah new media. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 informan dari ibu-ibu muda yang merupakan mantan pekerja seks komersial (PSK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif penggunaan media Youtube untuk iklan layanan masyarakat tentang pendidikan kanker serviks pada ibu muda mantan pekerja seks komersial (PSK) dari orang pertama hingga kelima menggunakan 3 (tiga) motif yaitu Motif Informasi (Surveillance), Motif Pribadi Motif Identitas (Personal Identity) dan Motif Hiburan (Diversion). Penggunaan Youtube untuk iklan layanan masyarakat tentang pendidikan kanker serviks dalam menumbuhkan kesadaran diri pada ibu muda mantan pekerja seks komersial (PSK) dari responden pertama hingga kelima menggunakan kesadaran diri objektif dan kesadaran diri simbolik.
Downloads
References
Abraham A. 2011. Sukses menjadi Artis dengan YouTube. Surabaya: Reform Media
Apriadi Tamburaka, Literasi Media Cerdas bermedia Khalayak Media Massa, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013).hal 72-73
Ali, Mohammad. 2011. Memahami Riset Prilaku dan Sosial. Jakarta. CV. Pustaka Cendekia Utama
Asdani, Kindarto. 2008. Belajar Sendiri YouTube (Menjadi Mahir Tanpa Guru), (Jakarta: PT Elexmedia Komputindo, hal 1-3
Asep Syamsul M. Romli. 2014. Jurnalistik Online. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia, hal 31.
Cangara, Hafied. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Ed.2. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Hutagalung, Inge. 2015. Teori-Teori Komunikasi Dalam Pengaruh Psikologi. Jakarta. PT Indeks
Nawiroh Vera, Komunikasi Massa, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2016), hal 90.
Nurjaman, Kadar. 2012. Komunikasi dan Public Relations. Bandung: Pustaka Setia
Komisi Penyiaran Indonesia Pusat, Kedaulatan Frekuensi, Jakarta: Penerbit Buku KOMPAS, 2013), hal 165.
K.Yhin. Robert. 2015. Studi Kasus: Desain Dan Metode. Jakarta. RAJAWALI PERS
Pujiyanto. 2013. Iklan Layanan Masyarakat. Ed.1. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Sebayang,DewiMardiyan
a. 2016. Mendeteksi Kanker Rahim Sejak Dini. Jakarta. CV Satubuku
Suryanto. 2017. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cet 2. Bandung: Pustaka Setia
Vera, Nawiroh. 2016. Komunikasi Massa. Cet 1. Bogor: Ghalia Indonesia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Wiji Sulestari, Yeni Nuraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.