STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PADA KANTOR POS BESAR IBU KOTA JAKARTA

Authors

  • Mariya Ulfah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Widyo Nurgroho Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i1.185

Keywords:

Pos Indonesia, Strategi, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Determenism Technology, Marketing Mix Theory

Abstract

Tujuann penelitian ini untuk melihat perkembangan teknologi yang telah membawa sistem baru dalam promosi perusahaan, tidak hanya mengandalkan sistem komunikasi pemasaran offline, kini perusahaan beralih ke sistem komunikasi pemasaran online. Dengan perkembangan teknologi tersebut, layanan pos, khususnya surat menyurat, menjadi semakin tidak populer. Kemudahan akses di satu sisi merupakan ciri dari era dimana semua teknologi berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, observasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksploratif, penelitian ini adalah untuk menggali data, tanpa mengoperasionalkan konsep atau menguji konsistensi realitas yang diteliti. Melalui perspektif konstruktivisme dan dengan menggunakan teori Determinisme Technology dan teori Marketing Mix. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan melakukan promosi online menggunakan media sosial, Kantor Pos DKI Jakarta dapat dengan mudah menjangkau khalayak di seluruh tanah air. Tumbuhnya inovasi digunakan untuk mendobrak sistem pemasaran ke arah yang lebih baik. Dalam hal ini, inovasi yang dihasilkan tidak hanya memudahkan perusahaan tetapi juga masyarakat sebagai pengguna jasa perusahaan. Selain itu, dengan menggunakan promosi offline sebenarnya dapat membantu Pos Indonesia untuk mengetahui apa yang diinginkan konsumen secara langsung. Hal ini untuk mewujudkan sistem kerja perusahaan sebagaimana motto yang telah ditetapkan yaitu “Untuk Anda, Kami Ada”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Butterick, K. (2012). Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik. Raja Grafindo Persada.

Effendy. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti.

Fill, C. (2009). Marketing Communication. Prentice Hall.

Handoko, H. T. (1994). Managemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Haji Masagung.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.

Hidayat, D. N. (2003). Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (Edisi 14). Person Education.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Prenadamedia Group.

Murti, A. B. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Museum Gunungapi Merapi dan Museum Affandi Yogyakarta dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Universitas Islam Indonesia.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (Jilid I Ed). Erlangga.

DL, C. V., & RFS, H. T. (2016). Inovasi Pelayanan PT. Pos Indonesia DalamMenghadapi Persaingan Jasa Pengiriman Uang (Studi Kasus PT. Pos Indonesia Di Pekanbaru)

Morrish, S. C., & Faroque, A. R. (2015) Incorporating International Entrepreneurship Into Firm Internationalization: An Integrative Research Model.Lindu Pustaka

Downloads

Published

01-04-2019

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PADA KANTOR POS BESAR IBU KOTA JAKARTA. (2019). BroadComm, 1(1), 37-47. https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i1.185

Similar Articles

1-10 of 80

You may also start an advanced similarity search for this article.