STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PADA KANTOR POS BESAR IBU KOTA JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i1.185Keywords:
Pos Indonesia, Strategi, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Determenism Technology, Marketing Mix TheoryAbstract
Tujuann penelitian ini untuk melihat perkembangan teknologi yang telah membawa sistem baru dalam promosi perusahaan, tidak hanya mengandalkan sistem komunikasi pemasaran offline, kini perusahaan beralih ke sistem komunikasi pemasaran online. Dengan perkembangan teknologi tersebut, layanan pos, khususnya surat menyurat, menjadi semakin tidak populer. Kemudahan akses di satu sisi merupakan ciri dari era dimana semua teknologi berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, observasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksploratif, penelitian ini adalah untuk menggali data, tanpa mengoperasionalkan konsep atau menguji konsistensi realitas yang diteliti. Melalui perspektif konstruktivisme dan dengan menggunakan teori Determinisme Technology dan teori Marketing Mix. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan melakukan promosi online menggunakan media sosial, Kantor Pos DKI Jakarta dapat dengan mudah menjangkau khalayak di seluruh tanah air. Tumbuhnya inovasi digunakan untuk mendobrak sistem pemasaran ke arah yang lebih baik. Dalam hal ini, inovasi yang dihasilkan tidak hanya memudahkan perusahaan tetapi juga masyarakat sebagai pengguna jasa perusahaan. Selain itu, dengan menggunakan promosi offline sebenarnya dapat membantu Pos Indonesia untuk mengetahui apa yang diinginkan konsumen secara langsung. Hal ini untuk mewujudkan sistem kerja perusahaan sebagaimana motto yang telah ditetapkan yaitu “Untuk Anda, Kami Ada”.
Downloads
References
Butterick, K. (2012). Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik. Raja Grafindo Persada.
Effendy. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti.
Fill, C. (2009). Marketing Communication. Prentice Hall.
Handoko, H. T. (1994). Managemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Haji Masagung.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.
Hidayat, D. N. (2003). Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (Edisi 14). Person Education.
Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Prenadamedia Group.
Murti, A. B. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Museum Gunungapi Merapi dan Museum Affandi Yogyakarta dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Universitas Islam Indonesia.
Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (Jilid I Ed). Erlangga.
DL, C. V., & RFS, H. T. (2016). Inovasi Pelayanan PT. Pos Indonesia DalamMenghadapi Persaingan Jasa Pengiriman Uang (Studi Kasus PT. Pos Indonesia Di Pekanbaru)
Morrish, S. C., & Faroque, A. R. (2015) Incorporating International Entrepreneurship Into Firm Internationalization: An Integrative Research Model.Lindu Pustaka
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Mariya Ulfah, Widyo Nurgroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.