KOMUNIKASI PERSUASIF RELAWAN KOMUNITAS LENSA ANAK TERMINAL DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS FOTOGRAFI PADA ANAK MARJINAL

Authors

  • Annisa Masri Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma
  • Sendi Eka Nanda Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma
  • Lenie Okviana Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v6i1.346

Keywords:

Strategi, Komunikasi, Anak Marjinal, Relawan, Penetrasi Sosial

Abstract

Masyarakat marginal identik dengan kaum buruh rendahan, orang yang tinggal di pemukiman kumuh, warga desa, dan warga kota yang tertinggal karena kekurangan sumber daya. Komunitas Lensa Anak Terminal merupakan komunitas yang melakukan kegiatan pemberdayaan anak marjinal melalui media fotografi bercerita bagi anak-anak di lingkungan terminal Kota Depok yang bersifat sukarela dan diinisiasi oleh para penggiat di bidang pemberdayaan dan fotografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh para relawan Komunitas Lensa Anak Terminal dalam meningkatkan kreativitas di bidang fotografi anak marjinal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualtitatif dengan menggabungkan metode wawancara secara mendalam dan terstruktur serta observasi dan dokumentasi. Konsep strategi komunikasi dan Teori Penetrasi Sosial digunakan untuk menganalisis hasil penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah tiga orang relawan di Komunitas Lensa Anak Terminal dan tiga orang anak marjinal yang tergabung di komunitas tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam peningkatan kreativitas menggunakan strategi milik Melvin L.deFleur yaitu strategi psikodinamika. sosiokultural dan the meaning of construction sebagai acuan strategi yang digunakan oleh para relawan dalam berkomunikasi dengan anak marjinal dalam membangun kreativitas fotografi di Sekolah Master. Keberhasilan dalam membangun kreativitas karena tahapan awal dalam pendekatan para relawan ke anak marjinal bisa mereka lakukan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Altman, I., & Taylor, D. (1973). Social Penetration: The Advance of Interpersonal Relationship. Irvington Publishers.

Astriya, B. R. I., & Kuntoro, S. A. (2015). Pengembangan kreativitas dan minat belajar anak usia 3-4 tahun melalui permainan konstruktif. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 131. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6329

Effendy, O. U. (1984). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.

Etchutambe, I. B. N.-. (2020). Engagement in Craft and the Development of Creative Skills among 6 – 13 Years Old Children. Asian Journal of Education and Social Studies, 9–22. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v12i330311

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Madura: Universitas Islam Madura, 4(2).

Griffin, E. (2018). A First Look at Communication Theory (10th Edition). McGraw-Hill.

Hendri, E. (2019). Komunikasi persuasif: pendekatan dan strategi. Remaja Rosakarya.

Herlina, Y. (2004). KREATIVITAS DALAM SENI FOTOGRAFI. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 5(2).

Kompas. (2010, August 18). Anak Marjinal Tak Cocok Sekolah Formal . Https://Edukasi.Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2010/08/18/21201160/~Edukasi~News

Laurens, Ohorella, N. R., Prihantoro, E., Harianto, F., & Dyah, S. (2024). Communication Between Counseling Teachers and Students in Assistance and Counseling in the New Normal Era. . Proceeding Book of Aspikom International Communication Conference (Aiccon) Grounding Communications for Sustainable Development Towards the Digital 5.0 Era.

Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2017). THEORIES OF HUMAN COMMUNICATION (Eleventh Edition). Waveland Press, Inc.

Panjaitan, B. S., & Maimunah. (2022). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AKADEMI KOMUNIKASI MEDIA RADIO DAN TV JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. BroadComm, 4(1), 69–79. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i1.236

Putra, K. A. N. R., Ohorella, N. R., & Prihantoro, E. (2022). WEDDING ORGANIZER MARKETING COMMUNICATION STRATEGY @NGANTENAN.YUK THROUGH INSTAGRAM SOCIAL MEDIA. Journal of Digital Media Communication, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.35760/dimedcom.2022.v1i2.7421

Quinn, B., & Mintzberq, H. (1991). The Strategy: Process, Concepts, Contents, Cases. Prentice Hal.

Sandora, M. (2019). Konsep pendidkan anak marginal dalam perspektif pendidikan berbasis masyarakat . Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 2(18), 196–216.

Setiawan. (2022). Memaknai Kecerdasan melalui Aktivitas Seni: Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4507–4518.

Sisterikoyasa, W., & Aji, G. G. (2021). Komunikasi Persuasif Insan Genre Sebagai Strategi Preventif Pernikahan Dini Pada Kalangan Remaja di Kabupaten Ponorogo . The Commercium, 4(02), 70–82. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/41633

Suryana, D. (2020). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.

Widyanto, G., Putri, N. A., & Putri, N. A. (2022). ANALISIS STRATEGI KEMNAKER RI DALAM MERESPON TERJADINYA KRISIS BERDASARKAN TEORI SCCT (Studi Kasus Penolakan Penerbitan Permenaker RI Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua). BroadComm, 4(2), 40–50. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i2.241

Downloads

Published

01-04-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

KOMUNIKASI PERSUASIF RELAWAN KOMUNITAS LENSA ANAK TERMINAL DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS FOTOGRAFI PADA ANAK MARJINAL. (2024). BroadComm, 6(1), 1-13. https://doi.org/10.53856/bcomm.v6i1.346

Similar Articles

1-10 of 79

You may also start an advanced similarity search for this article.