KOMUNIKASI PERSUASIF RELAWAN KOMUNITAS LENSA ANAK TERMINAL DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS FOTOGRAFI PADA ANAK MARJINAL
DOI:
https://doi.org/10.53856/bcomm.v6i1.346Keywords:
Strategi, Komunikasi, Anak Marjinal, Relawan, Penetrasi SosialAbstract
Masyarakat marginal identik dengan kaum buruh rendahan, orang yang tinggal di pemukiman kumuh, warga desa, dan warga kota yang tertinggal karena kekurangan sumber daya. Komunitas Lensa Anak Terminal merupakan komunitas yang melakukan kegiatan pemberdayaan anak marjinal melalui media fotografi bercerita bagi anak-anak di lingkungan terminal Kota Depok yang bersifat sukarela dan diinisiasi oleh para penggiat di bidang pemberdayaan dan fotografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh para relawan Komunitas Lensa Anak Terminal dalam meningkatkan kreativitas di bidang fotografi anak marjinal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualtitatif dengan menggabungkan metode wawancara secara mendalam dan terstruktur serta observasi dan dokumentasi. Konsep strategi komunikasi dan Teori Penetrasi Sosial digunakan untuk menganalisis hasil penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah tiga orang relawan di Komunitas Lensa Anak Terminal dan tiga orang anak marjinal yang tergabung di komunitas tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam peningkatan kreativitas menggunakan strategi milik Melvin L.deFleur yaitu strategi psikodinamika. sosiokultural dan the meaning of construction sebagai acuan strategi yang digunakan oleh para relawan dalam berkomunikasi dengan anak marjinal dalam membangun kreativitas fotografi di Sekolah Master. Keberhasilan dalam membangun kreativitas karena tahapan awal dalam pendekatan para relawan ke anak marjinal bisa mereka lakukan dengan baik.
Downloads
References
Altman, I., & Taylor, D. (1973). Social Penetration: The Advance of Interpersonal Relationship. Irvington Publishers.
Astriya, B. R. I., & Kuntoro, S. A. (2015). Pengembangan kreativitas dan minat belajar anak usia 3-4 tahun melalui permainan konstruktif. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 131. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6329
Effendy, O. U. (1984). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.
Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.
Etchutambe, I. B. N.-. (2020). Engagement in Craft and the Development of Creative Skills among 6 – 13 Years Old Children. Asian Journal of Education and Social Studies, 9–22. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v12i330311
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Madura: Universitas Islam Madura, 4(2).
Griffin, E. (2018). A First Look at Communication Theory (10th Edition). McGraw-Hill.
Hendri, E. (2019). Komunikasi persuasif: pendekatan dan strategi. Remaja Rosakarya.
Herlina, Y. (2004). KREATIVITAS DALAM SENI FOTOGRAFI. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 5(2).
Kompas. (2010, August 18). Anak Marjinal Tak Cocok Sekolah Formal . Https://Edukasi.Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2010/08/18/21201160/~Edukasi~News
Laurens, Ohorella, N. R., Prihantoro, E., Harianto, F., & Dyah, S. (2024). Communication Between Counseling Teachers and Students in Assistance and Counseling in the New Normal Era. . Proceeding Book of Aspikom International Communication Conference (Aiccon) Grounding Communications for Sustainable Development Towards the Digital 5.0 Era.
Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2017). THEORIES OF HUMAN COMMUNICATION (Eleventh Edition). Waveland Press, Inc.
Panjaitan, B. S., & Maimunah. (2022). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AKADEMI KOMUNIKASI MEDIA RADIO DAN TV JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. BroadComm, 4(1), 69–79. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i1.236
Putra, K. A. N. R., Ohorella, N. R., & Prihantoro, E. (2022). WEDDING ORGANIZER MARKETING COMMUNICATION STRATEGY @NGANTENAN.YUK THROUGH INSTAGRAM SOCIAL MEDIA. Journal of Digital Media Communication, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.35760/dimedcom.2022.v1i2.7421
Quinn, B., & Mintzberq, H. (1991). The Strategy: Process, Concepts, Contents, Cases. Prentice Hal.
Sandora, M. (2019). Konsep pendidkan anak marginal dalam perspektif pendidikan berbasis masyarakat . Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 2(18), 196–216.
Setiawan. (2022). Memaknai Kecerdasan melalui Aktivitas Seni: Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4507–4518.
Sisterikoyasa, W., & Aji, G. G. (2021). Komunikasi Persuasif Insan Genre Sebagai Strategi Preventif Pernikahan Dini Pada Kalangan Remaja di Kabupaten Ponorogo . The Commercium, 4(02), 70–82. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/41633
Suryana, D. (2020). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.
Widyanto, G., Putri, N. A., & Putri, N. A. (2022). ANALISIS STRATEGI KEMNAKER RI DALAM MERESPON TERJADINYA KRISIS BERDASARKAN TEORI SCCT (Studi Kasus Penolakan Penerbitan Permenaker RI Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua). BroadComm, 4(2), 40–50. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i2.241
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annisa Masri, Sendi Eka Nanda, Lenie Okviana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.