ANALISIS KOMUNIKASI GURU TK DIAN CIPTA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GROWTH MINDSET BAGI ANAK USIA 3 SAMPAI 6 TAHUN

Authors

  • Noviawan Rasyid Ohorella Universitas Gunadarma
  • Muhammad Fadli Idris Universitas Gunadarma
  • Syailendra Reza Irwansyah Rezeki Politeknik Pariwisata Batam
  • Reni Fitriani Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/wzw7hw19

Keywords:

Analisis Komunikasi, Guru TK, Karakter Anak, Growth Mindset

Abstract

Studi ini berfokus pada analisis komunikasi guru tk dian cipta dalam membentuk karakter growth mindset pada anak usia 3 hingga 6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teori konstruksi realitas sosial menjelaskan bagaimana komunikasi yang terjalin di lingkungan pendidikan menjadi sarana utama dalam membentuk pola pikir karakter growth mindset anak. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigm konstruktivis dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan mengumpulkan berbagai dokumen pendukung, Hasilnya menunjukkan bahwa cara guru berkomunikasi dengan anak-anak sangat berpengaruh dalam membantu anak-anak mengembangkan sikap positif terhadap pembelajaran, guru sering menggunakan metode belajar yang inovatif dan menghibur, menekankan upaya daripada hasil, dan menyesuaikan metode guru dengan anak-anak untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa. Ini diperkuat oleh dukungan orang tua dan lingkungan belajar yang menyenangkan. Namun, guru menghadapi masalah seperti perbedaan karakter siswa dan keterbatasan waktu selama proses pembelajaran. Sehingga komunikasi yang dilakukan guru secara efektif dapat membentuk pola pikir anak yang lebih terbuka terhadap tantangan, pembelajaran, dan perkembangan diri anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, S. (2021). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(02), 199–212.

Ansori, Y. Z. (2023). Peranan Orang Tua dalam Pembinaan Karakter bagi Anak Usia Dini. SANISKALA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 10–14. https://doi.org/10.31949/jsk.v1i1.6225

Astari, G. D. P. (2020). Konstruksi Sosial Panti Werdha Hargo Dedali Di Kalangan Lansia. UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Baehaqi, E. R. (2022). Konstruksi realitas sosial di media tentang kontroversial hukum wayang perspektif islam (studi framing pemberitaan ustadz khalid basalamah di republika online). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hana, F. T., & Nara, M. Y. (2021). Identitas Gender Anak dalam Bingkai Komunikasi Orang Tua di Kota Kupang. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(1), 27–38. https://doi.org/10.35508/jikom.v10i1.3772

Humaedi, H., Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2021). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368

Juwita, R., Aziz Wahab, Abd., & Kiromi, I. H. (2023). STUDI PENGGUNAAN KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i1.19439

Karmila, D. (2024). Strategi Pengembangan Kurikulum PAUD Berbasis Karakter di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 8(1), 624–632. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7041

Khairunnisa, F., & Fidesrinur, F. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU BERBAGI DAN MENOLONG PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 33. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.703

Mawarni, I. S., & Agustang, A. (2021). KONSTRUKSI SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP REALITAS SOSIAL TRADISI SI SEMBA’ DI ERA GLOBALISASI (Studi penelitian di Daerah Kandeapi Tikala, Toraja Utara). Pinisi Journal of Sociology Education Review, 1(2).

Permana, R. (2024). Dinamika Peran Media Sosial dalam Konstruksi Identitas dan Penyimpangan Gender. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 5(1), 37–50.

Putri, N. W. E. (2021). Bondres Dangdang Ketekung Sebagai Media Komunikasi Pendidikan. Widya Duta: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Budaya, 16(1), 31–44.

Putri, S. R., & Sadewo, F. X. S. (2024). Konstruksi Komunitas Rusunawa X Tentang Pendidikan Seks Sebagai Upaya Mencegah Kehamilan Remaja Putri Di Luar Nikah. Jurnal Paradigma, 13(3), 181–190.

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Rizal, A. S. (2023). Relevansi Growth Mindset dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Era Society 5.0. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 21(2), 79–90. https://doi.org/10.35905/alishlah.v21i2.8048

Rofiqoh, Y. I. A. (2020). Konstruksi Realitas Sosial, Sintesa Strukturalisme Dan Interaksional Komunikasi Dakwah Islam Di Era Post Truth. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2), 71–79.

Rosyid, A. (2021). Profil Mindset Calon Guru SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 466–472. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1320

Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sa’adah, F., & Azizah, D. D. (2021). Aplikasi Hakikat Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. An-Nuha, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i1.5

Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4390

Soraida, S., Yosi Arianti, Gita Isyanawulan, & Diana Dewi Sartika. (2023). THE DIALECTIC STRENGTH IN SOCIAL CONSTRUCTION OF URBAN COMMUNITY FOR PREVENTING STUNTING DURING THE COVID-19 PANDEMIC. POPULIKA, 11(2), 16–26. https://doi.org/10.37631/populika.v11i2.903

Srihastuti, E., & Wulandari, F. (2021). URGENSI GROWTH MINDSET UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 12(2), 157–165. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v12i2.431

Susilo, A. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.649

Thalib, M. A. (2022). PELATIHAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM METODE KUALITATIF UNTUK RISET AKUNTANSI BUDAYA. Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.23960/seandanan.v2i1.29

Triani, A. (2019). Pengaruh pengetahuan keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku manajemen keuangan (Studi kasus pada mahasiswa S1 Program Studi Manajemen Universitas Komputer Indonesia). Universitas Komputer Indonesia.

Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190

Wita, G., & Mursal, I. F. (2022). Fenomenologi dalam Kajian Sosial Sebuah Studi Tentang Konstruksi Makna. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 325–338. https://doi.org/10.22437/titian.v6i2.21211

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Yana, L., & Adji, W. H. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja Melalui Growth Mindset Terhadap Kinerja Karyawan Di Bank BJB Kantor Cabang Buah Batu. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) , 4(6), 7958–7969.

Zanki, H. A. (2020). TEORI PSIKOLOGI DAN SOSIAL PENDIDIKAN (TEORI INTERAKSI SIMBOLIK). Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2). https://doi.org/10.56488/scolae.v3i2.82

Downloads

Published

30-04-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS KOMUNIKASI GURU TK DIAN CIPTA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GROWTH MINDSET BAGI ANAK USIA 3 SAMPAI 6 TAHUN. (2025). BroadComm, 7(1), 48-60. https://doi.org/10.53856/wzw7hw19

Similar Articles

1-10 of 97

You may also start an advanced similarity search for this article.