ANALISIS KOMUNIKASI GURU TK DIAN CIPTA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GROWTH MINDSET BAGI ANAK USIA 3 SAMPAI 6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.53856/wzw7hw19Keywords:
Analisis Komunikasi, Guru TK, Karakter Anak, Growth MindsetAbstract
Studi ini berfokus pada analisis komunikasi guru tk dian cipta dalam membentuk karakter growth mindset pada anak usia 3 hingga 6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teori konstruksi realitas sosial menjelaskan bagaimana komunikasi yang terjalin di lingkungan pendidikan menjadi sarana utama dalam membentuk pola pikir karakter growth mindset anak. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigm konstruktivis dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan mengumpulkan berbagai dokumen pendukung, Hasilnya menunjukkan bahwa cara guru berkomunikasi dengan anak-anak sangat berpengaruh dalam membantu anak-anak mengembangkan sikap positif terhadap pembelajaran, guru sering menggunakan metode belajar yang inovatif dan menghibur, menekankan upaya daripada hasil, dan menyesuaikan metode guru dengan anak-anak untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa. Ini diperkuat oleh dukungan orang tua dan lingkungan belajar yang menyenangkan. Namun, guru menghadapi masalah seperti perbedaan karakter siswa dan keterbatasan waktu selama proses pembelajaran. Sehingga komunikasi yang dilakukan guru secara efektif dapat membentuk pola pikir anak yang lebih terbuka terhadap tantangan, pembelajaran, dan perkembangan diri anak-anak.
Downloads
References
Andayani, S. (2021). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(02), 199–212.
Ansori, Y. Z. (2023). Peranan Orang Tua dalam Pembinaan Karakter bagi Anak Usia Dini. SANISKALA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 10–14. https://doi.org/10.31949/jsk.v1i1.6225
Astari, G. D. P. (2020). Konstruksi Sosial Panti Werdha Hargo Dedali Di Kalangan Lansia. UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Baehaqi, E. R. (2022). Konstruksi realitas sosial di media tentang kontroversial hukum wayang perspektif islam (studi framing pemberitaan ustadz khalid basalamah di republika online). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hana, F. T., & Nara, M. Y. (2021). Identitas Gender Anak dalam Bingkai Komunikasi Orang Tua di Kota Kupang. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(1), 27–38. https://doi.org/10.35508/jikom.v10i1.3772
Humaedi, H., Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2021). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368
Juwita, R., Aziz Wahab, Abd., & Kiromi, I. H. (2023). STUDI PENGGUNAAN KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i1.19439
Karmila, D. (2024). Strategi Pengembangan Kurikulum PAUD Berbasis Karakter di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 8(1), 624–632. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7041
Khairunnisa, F., & Fidesrinur, F. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU BERBAGI DAN MENOLONG PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 33. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.703
Mawarni, I. S., & Agustang, A. (2021). KONSTRUKSI SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP REALITAS SOSIAL TRADISI SI SEMBA’ DI ERA GLOBALISASI (Studi penelitian di Daerah Kandeapi Tikala, Toraja Utara). Pinisi Journal of Sociology Education Review, 1(2).
Permana, R. (2024). Dinamika Peran Media Sosial dalam Konstruksi Identitas dan Penyimpangan Gender. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 5(1), 37–50.
Putri, N. W. E. (2021). Bondres Dangdang Ketekung Sebagai Media Komunikasi Pendidikan. Widya Duta: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Budaya, 16(1), 31–44.
Putri, S. R., & Sadewo, F. X. S. (2024). Konstruksi Komunitas Rusunawa X Tentang Pendidikan Seks Sebagai Upaya Mencegah Kehamilan Remaja Putri Di Luar Nikah. Jurnal Paradigma, 13(3), 181–190.
Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502
Rizal, A. S. (2023). Relevansi Growth Mindset dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Era Society 5.0. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 21(2), 79–90. https://doi.org/10.35905/alishlah.v21i2.8048
Rofiqoh, Y. I. A. (2020). Konstruksi Realitas Sosial, Sintesa Strukturalisme Dan Interaksional Komunikasi Dakwah Islam Di Era Post Truth. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2), 71–79.
Rosyid, A. (2021). Profil Mindset Calon Guru SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 466–472. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1320
Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sa’adah, F., & Azizah, D. D. (2021). Aplikasi Hakikat Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. An-Nuha, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i1.5
Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4390
Soraida, S., Yosi Arianti, Gita Isyanawulan, & Diana Dewi Sartika. (2023). THE DIALECTIC STRENGTH IN SOCIAL CONSTRUCTION OF URBAN COMMUNITY FOR PREVENTING STUNTING DURING THE COVID-19 PANDEMIC. POPULIKA, 11(2), 16–26. https://doi.org/10.37631/populika.v11i2.903
Srihastuti, E., & Wulandari, F. (2021). URGENSI GROWTH MINDSET UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 12(2), 157–165. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v12i2.431
Susilo, A. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.649
Thalib, M. A. (2022). PELATIHAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM METODE KUALITATIF UNTUK RISET AKUNTANSI BUDAYA. Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.23960/seandanan.v2i1.29
Triani, A. (2019). Pengaruh pengetahuan keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku manajemen keuangan (Studi kasus pada mahasiswa S1 Program Studi Manajemen Universitas Komputer Indonesia). Universitas Komputer Indonesia.
Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190
Wita, G., & Mursal, I. F. (2022). Fenomenologi dalam Kajian Sosial Sebuah Studi Tentang Konstruksi Makna. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 325–338. https://doi.org/10.22437/titian.v6i2.21211
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Yana, L., & Adji, W. H. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja Melalui Growth Mindset Terhadap Kinerja Karyawan Di Bank BJB Kantor Cabang Buah Batu. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) , 4(6), 7958–7969.
Zanki, H. A. (2020). TEORI PSIKOLOGI DAN SOSIAL PENDIDIKAN (TEORI INTERAKSI SIMBOLIK). Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2). https://doi.org/10.56488/scolae.v3i2.82

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Noviawan Rasyid Ohorella, Muhammad Fadli Idris, Syailendra Reza Irwansyah Rezeki, Reni Fitriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.