BRANDING DESTINASI PARIWISATA BALI PADA AKUN INSTAGRAM @WISATABALI_OFFICIAL

Authors

  • Soma Kresna Aditya Made Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma
  • Noviawan Rasyid Ohorella Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma
  • Ahmad Nasher Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/za0g0z38

Keywords:

Branding, Destinasi, Pariwisata, Bali, Instagram

Abstract

Komunikasi Pariwisata memerlukan elemen branding dalam mengintegrasikan suatu objek wisata dan juga pengenalan kepada wisatawan melalui platform media. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui branding yang dilakukan oleh akun sosial media Instagram @wisatabali_official dalam mem-branding destinasi pariwisata di Bali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian menggunakan metode wawancara dan studi pustaka. Paradigma dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dimana realitas merupakan hasil dari tindakan yang dilakukan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Branding yang fokus dalam bagaimana brand positioning dan brand value digunakan sebagai kekuatan dalam membranding suatu destinasi pariwisata. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu kekuatan branding pariwisata di bali juga terletak pada banyaknya akun dengan konten wisata salah satunya @wisatabali_official. Sosial media menjadi penting dalam membranding berbagai objek pariwisata di bali dengan konten-konten yang dibuat antara lain foto video dan menu repost sehingga berbagai destinasi dapat diperkenalkan dengan mudah melalui akun sosial media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, A. F., Nisa, F. L., & Marseto, M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA SOSIAL MELALUI BRANDING WISATA DI DESA WISATA TIRTOSARI VIEW. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 2(2), 79–82. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/97

Ayu, J. P., Octavanny, V., & Hakim, F. (2023). THE ROLE OF TANAMERA COFFEE BALI IN THE IMPLEMENTATION OF SUSTAINABLE TOURISM. Journal of Digital Media Communication, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.35760/dimedcom.2023.v2i1.8298

Cahayani, D., & Oktaviani, F. (2023). Pengelolaan Konten Instagram Beauty Vlogger dalam Membangun Personal Branding. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2).

Damayanti, C., Karman, K., & Dunan, A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Melalui Instagram di Era Pandemi Covid-19. KOMUNIKA, 9(1), 48–62. https://doi.org/10.22236/komunika.v9i1.7139

Iryana, R. K. (2019). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. In Jurnal Ekonomi Syariah STAIN Sorong.

Marizki, A., Masril, M., & Pasaribu, I. (2022). Konsep Komunikasi Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal di Danau Toba Kabupaten Samosir Sumatera Utara. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 8(1), 42–50. https://doi.org/10.31289/simbolika.v8i1.5715

Ohorella, N. R., & Prihantoro, E. (2021). Pengembangan Branding Pariwisata Maluku Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Komunikasi, 16(1).

Ohorella, N. R., Prihantoro, E., Ningsih, T. W. R., K, S. D., & Banowo, E. (2023). Ambon City of Music Identity Based on Local Wisdom. Warta ISKI, 6(1), 80–86. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i1.209

Perpati, H. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Warung Pintar Sebagai Media Digital dalam Upaya Mendukung UMKM. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1). https://doi.org/10.31602/jm.v6i1.10447

Prasetya, D., & Marina, R. (2022). Studi Analisis Media Baru: Manfaat dan Permasalahan dari Media Sosial dan Game Online. Telangke:Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 4(2), 01–10. https://doi.org/10.55542/jiksohum.v4i2.357

Shalsabilla, A., Trianita, Y., & Aurora, O. (2022). STRATEGI PROMOSI PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII) PADA MASA PANDEMI COVID-19. BroadComm, 4(2), 85–97. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i2.245

Sitepu, E., & Sabrin, S. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN MINAT BERWISATA DI SUMATERA UTARA. MESSAGE: JURNAL KOMUNIKASI , 9(1), 28–44. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/messageilmukomunikasi/article/view/679

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suwarso, W. A. (2021). Peran Masyarakat dalam Promosi Pariwisata Kota Singkawang. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 3(2), 146–156. https://doi.org/10.24076/pikma.v3i2.474

Downloads

Published

01-04-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

BRANDING DESTINASI PARIWISATA BALI PADA AKUN INSTAGRAM @WISATABALI_OFFICIAL. (2024). BroadComm, 6(1), 38-49. https://doi.org/10.53856/za0g0z38

Similar Articles

1-10 of 17

You may also start an advanced similarity search for this article.