PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @EXPLOREBOGOR TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE TEMPAT DESTINASI WISATA BOGOR

Authors

  • Indah Wiklestari AKMRTV Jakarta
  • Susilowati Dyah Kusumaningtyas Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v5i1.251

Keywords:

Terpaan Media, Instagram, Minat Berkunjung, Destinasi

Abstract

Berkembangnya aplikasi Instagram di masyarakat tentu saja beragam karakter pengguna media sosial ini. Selain mengunggah/melihat foto/video, banyak pengguna Instagram yang menggunakannya sebagai sarana bisnis. Begitu juga dengan seseorang yang suka berpetualang tentunya akan mem-follow akun-akun Instagram yang banyak membahas tentang petualangan/travelling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan media sosial akun Instagram @explorebogor terhadap minat berkunjung ke destinasi wisata Bogor. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, Penelitian dilakukan dengan melibatkan 100 responden. Penelitian ini menggunakan teori stimulus respon dimana teori ini menjelaskan bahwa masyarakat rentan untuk terpengaruh oleh pesan komunikasi massa yang dianggap memiliki kekuatan besar dan teori ini menanyakan apakah kualitas manusia khususnya kualitas psikologis berasal dari stimulus pesan media dan respon khalayak. Berdasarkan hasil data penelitian, akun Instagram @explorebogor berpengaruh positif terhadap minat berkunjung ke destinasi wisata Bogor. Hal ini terlihat dari hasil uji R Square yang menunjukkan 27,8%. Sedangkan sisanya sebesar 72,2% dapat dipengaruhi oleh faktor di luar penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodelogi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Denis, McQuail. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail’s Mass Communication Theory. Jakarta: Salemba Humanika.

Handayani, Fitrie & Adelvia, Kellen. 2020. Instagram Tourism: Menciptakan Hype pada Destinasi Wisata (Studi pada Akun @Indoflashlight). Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 24 No 2 Desember 2020. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2856.

Nurul, Tasya & Harianto, Fery. 2022. Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Penyebaran Informasi Kegiatan di Yayasan Jamrud Biru. Jurnal Broadcasting Communication Vol 4 No 1 April 2022.

Rakhma, Dinda. Wulandari, Christiana & Rasyid, Noviawan. 2019. The Power of “Instagramable” in Destination Branding: Jakarta Millenial Tourist Case Study. Prosiding Conference on Communication and New Media Studies 2019.

Rasyid, Noviawan & Yusriyah Kiayati. 2019. Strategi Media Online Lensa Timur dalam Mengangkat Kearifan Lokal (Studi Kasus Pariwisata Indonesia Timur). Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 1 2019. http://dx.doi.org/10.33021/exp.v2i1.715.

Rasyid, Noviawan. Annisa & Prihantoro, Edy. 2022. Pengaruh Akun Instagram @sumbar_rancak terhadap Minat Berkunjung Followers ke Suatu Destinasi. Jurnal Komunika Vol Vol 18 No 2 2022. https://doi.org/10.32734/komunika.v18i2.9045.

Downloads

Published

01-04-2023

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @EXPLOREBOGOR TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE TEMPAT DESTINASI WISATA BOGOR. (2023). BroadComm, 5(1), 65-73. https://doi.org/10.53856/bcomm.v5i1.251

Similar Articles

1-10 of 57

You may also start an advanced similarity search for this article.