STRATEGI PROMOSI PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII) PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i2.245Keywords:
Strategi, Promosi, Public Relation, Kunjungan WisatawanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi promosi public relation dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada masa pandemic covid-19. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu IMC, adalah sebuah konsep komunikasi yang terencana, terintegrasi dan diterapkan dalam berbagai bentuk komunikasi pemasaran seperti periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung yang digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi secara persuasive dan membangun hubungan dengan pelanggan. Dalam menganalisa persoalan di atas, metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam kepada key informan yakni bagian Humas Taman Mini Novera Mayangsari. Penelitian ini menemukan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh public relations TMII adalah: (1) melakukan pemasaran dan periklanan dengan cara memasang Baliho yang memiliki tujuan meperkenalkan wisata Taman Mini Indonesia Indah kepada calon wisatawan yang ingin berkunjung; (2) melakukan promosi melalui media sosial seperti Instagram dan Youtube. (3) selain itu, di masa pandemi Covid-19 ini Taman Mini dalam melakukan promosinya juga bekerjasama dengan media partner TV untuk melakukan press conference guna memperluas masyarakat agar lebih mengetahui kegiatan yang dilakukan di Taman Mini; (4) sebelum pandemi covid-19 pengelola Taman Mini melakukan canvassing ke berbagai sekolah-sekolah yang ada di Se-jabodetabek, untuk melakukan kerjasama dan pendekatan terhadap calon wisatawan.
Downloads
References
Abdurachman, O. (2001). Dasar-dasar Public Relations. Citra Aditya Bakti.
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective (8th Editio). Pearson Education Inc.
BPS. (2021). Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia bulan Desember 2020 mencapai 164,09 ribu kunjungan. BPS. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/02/01/1796/jumlah-kunjungan-wisman-ke-indonesia-bulan-desember-2020-mencapai-164-09-ribu-kunjungan-.html#:~:text=Selama tahun 2020%2C jumlah kunjungan,berjumlah 16%2C11 juta kunjungan
Bpsjakarta. (2021). Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Obyek Wisata Unggulan Menurut Lokasi di DKI Jakarta 2019-2021. https://jakarta.bps.go.id/indicator/16/777/1/jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-obyek-wisata-unggulan-menurut-lokasi-di-dki-jakarta.html
Broom, G. M., & Sha, B.-L. (2007). Cutlip and Center’s Effective Public Realtions (9th editio). Kencana.
Damarjati, I. H., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2016). The influence of integrated marketing communications (IMC) on brand equity and purchase decision. Jurnal Admnistrasi Bisnis (JAB), 34(1).
David. (2011). Strategic Management (12th editi). Salemba Empat.
Effendy, O. U. (2009). Human Relations & Public Relations. MandarMaju.
Gorica, D., Kripa, D., & Luci, E. (2010). Sustainable Tourism A Dynamics Method For Destination Planning: Community Approach: A Case From South of Albania. Romania Econnomic and Business Review, 5(2), 9–30.
Jayadi, E. K., Mahadewi, N. P. E., & Mananda, I. G. S. (2017). Karakteristik dan Motivasi Wisatawan Berkunjung ke Pantai Green Bowl, Ungasan, Kuta Selatan, Bali. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(2), 69–77.
Kliatchko, J. G. (2009). The primacy of the consumer in IMC: Espousing a personalist view and ethical implications. Journal of Marketing Communications, 15(2).
Kuncoro, M. (2010). Masalah, Kebijakan, dan Politik, Ekonomika Pembangunan. Erlangga.
Kusumaningrum, D. (2009). Persepsi Wisatawan Nusantara terhadap Daya Tarik Wisata di Kota Palembang. Universitas Gadjah Mada.
Pitana, I. G., & Diarta, I. K. S. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Andi.
Porcu, L., Barrio-García, S. del, & Kitchen, P. J. (2012). How Integrated Marketing Communications (IMC) works? A theoritical review and an analysis of its main drivers and effects. Journal Communication Y Sociedad, XXV(1), 313–348.
Rangkuti, F. (2013). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Umum.
Ruslan, R. (2012). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Raja Grafindo Persada.
Šeric, M., & Gil-Saura, I. (2012). ICT, IMC, and brand equity in high-quality hotels of Dalmatia: an analysis from guest perceptions. Journal of Hospitality Marketing & Management, 21(8), 821–851.
Šeric, M., Gil-Saura, I., & Ozretic-Došen, D. (2015). Insight on integrated marketing communications: implementation and impact in hotel companies. International Journal of Contemporary Hopitality, 27(5), 958–979.
Simamora, B. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif & Profitabel. Gramedia Pustaka Utama.
Stoner, J. A., Freeman, R. E., Gilbert, J. R., & Daniel, R. (2005). Manajemen Jilid I. PT Bhuana Ilmu Populer.
Suastika, I. G. Y., & Yasa, I. N. M. (2017). Pengaruh jumlah kunjungan wisatawan, lama tinggal wisatawan dan tingkat hunian hotel tehadap Pendapatan Asli Daerah dan kesejahteraan masyarakat pada Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 6(7), 1332–1362.
Suyanto, M. (2007). Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Andi Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Alicia Shalsabilla, Yanti Trianita, Olly Aurora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.