STRATEGI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG WISATA DI KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Sarmaia Jogina Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Sendi Eka Nanda Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i1.182

Keywords:

Dinas Kebudayaan Pariwisata, Kabupaten Bogor, Strategi Komunikasi, Bauran Komunikasi Pemasara, Pariwisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi komunikasi yang dilakukan oleh kementerian pariwisata Kabupaten Bogor dalam meningkatkan wisata yang ada di Kabupaten Bogor. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data. Jenis penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan pada penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai partisipasi pengurus Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor dalam melakukan strategi pemasaran. Selain itu, dengan pendekatan kualitatif diharapkan dapat diungkapkan situasi dan permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan pemasaran pariwisata Kabupaten Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor telah sesuai dengan teori Integrated Marketing Communication (IMC) yaitu strategi, dan aktivitas pemasaran yang mendorong pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor memfokuskan berbagai saluran yang dimilikinya untuk menyampaikan pesan tunggal yang efektif melalui berbagai alat dalam bauran komunikasi pemasaran. Pesan tersebut merupakan pesan yang mampu menarik perhatian segmen dan target pasar yang ditujunya. Namun dalam enam unsur yang ada dalam bauran komunikasi pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor lebih menggunakan tiga unsur yang ada dalam bauran komunikasi yaitu pemasaran langsung, promosi penjualan, dan pemasaran interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta : Kencana

_____________. 2015. Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication) : Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta : Kencana

Creswell, John W. 2016. Research Design (pendekatan metode kualitatif,kuantitatif, dan campuran) edisi ke 4. Celeban Timur UH III/548 Yogyakarta : pustaka pelajar

Fiske, John. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi, Edisi 3. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hadi, Mochamad Nur. 2018. “Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Jombang Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Pada Wisata Religi Makam Presiden Republik Indonesia Ke 4 KH.Abdurrahman Wahid)”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Kolter, Philip. Koller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Moleong, J. Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muntadliroh, Jurnal UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Eka Karya Bali-LIPI 2016

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pada Era Media Sosial. Bandung : Pustaka Setia.

Rakhmat, J. (2004). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ratnasari, Yusniar Dwi. 2016. “Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara dalam meningkatkan Jumlah Pengunjung Pantai Tirta Samudra : Studi Kasus Deskriptif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Dalam meningkatkan Jumlah Pengunjung Pantai Tirta Samudra di Jepara”. Skripsi : Universitas Diponegoro.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

http://bogorkab.go.id/index.php/page/detail/1/sejarah-kabupaten-bogor#.XTsQTz8zbIU diakses pada 19 Mei 2019 pukul 20.25 WIB

http://disbudpar.bogorkab.go.id/?page_id=116 diakses pada 20 Mei 2019 pukul 14.08 WIB

http://www.tribunnews.com/wonderful-indonesia/2016/12/08/kemenpar-umumkan-top-10-kota-berdaya-saing-pariwisata diakses pada 19 Mei 2019 pukul 20.13 WIB

https://bogorkab.bps.go.id/menu/3/pusat-pelayanan.html diakses pada 19 Mei 2019 pukul 20.48 WIB

https://jabar.bps.go.id/statictable/2018/03/23/475/jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-obyek-wisata-menurut.html diakses pada 19 Mei 2019 pukul 21.04 WIB

Downloads

Published

01-04-2019

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG WISATA DI KABUPATEN BOGOR. (2019). BroadComm, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i1.182

Similar Articles

1-10 of 78

You may also start an advanced similarity search for this article.