STRATEGI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG WISATA DI KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i1.182Keywords:
Dinas Kebudayaan Pariwisata, Kabupaten Bogor, Strategi Komunikasi, Bauran Komunikasi Pemasara, PariwisataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi komunikasi yang dilakukan oleh kementerian pariwisata Kabupaten Bogor dalam meningkatkan wisata yang ada di Kabupaten Bogor. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data. Jenis penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan pada penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai partisipasi pengurus Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor dalam melakukan strategi pemasaran. Selain itu, dengan pendekatan kualitatif diharapkan dapat diungkapkan situasi dan permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan pemasaran pariwisata Kabupaten Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor telah sesuai dengan teori Integrated Marketing Communication (IMC) yaitu strategi, dan aktivitas pemasaran yang mendorong pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor memfokuskan berbagai saluran yang dimilikinya untuk menyampaikan pesan tunggal yang efektif melalui berbagai alat dalam bauran komunikasi pemasaran. Pesan tersebut merupakan pesan yang mampu menarik perhatian segmen dan target pasar yang ditujunya. Namun dalam enam unsur yang ada dalam bauran komunikasi pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor lebih menggunakan tiga unsur yang ada dalam bauran komunikasi yaitu pemasaran langsung, promosi penjualan, dan pemasaran interaktif.
Downloads
References
Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta : Kencana
_____________. 2015. Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication) : Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta : Kencana
Creswell, John W. 2016. Research Design (pendekatan metode kualitatif,kuantitatif, dan campuran) edisi ke 4. Celeban Timur UH III/548 Yogyakarta : pustaka pelajar
Fiske, John. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi, Edisi 3. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hadi, Mochamad Nur. 2018. “Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Jombang Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Pada Wisata Religi Makam Presiden Republik Indonesia Ke 4 KH.Abdurrahman Wahid)”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Kolter, Philip. Koller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Moleong, J. Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muntadliroh, Jurnal UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Eka Karya Bali-LIPI 2016
Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pada Era Media Sosial. Bandung : Pustaka Setia.
Rakhmat, J. (2004). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ratnasari, Yusniar Dwi. 2016. “Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara dalam meningkatkan Jumlah Pengunjung Pantai Tirta Samudra : Studi Kasus Deskriptif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Dalam meningkatkan Jumlah Pengunjung Pantai Tirta Samudra di Jepara”. Skripsi : Universitas Diponegoro.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
http://bogorkab.go.id/index.php/page/detail/1/sejarah-kabupaten-bogor#.XTsQTz8zbIU diakses pada 19 Mei 2019 pukul 20.25 WIB
http://disbudpar.bogorkab.go.id/?page_id=116 diakses pada 20 Mei 2019 pukul 14.08 WIB
http://www.tribunnews.com/wonderful-indonesia/2016/12/08/kemenpar-umumkan-top-10-kota-berdaya-saing-pariwisata diakses pada 19 Mei 2019 pukul 20.13 WIB
https://bogorkab.bps.go.id/menu/3/pusat-pelayanan.html diakses pada 19 Mei 2019 pukul 20.48 WIB
https://jabar.bps.go.id/statictable/2018/03/23/475/jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-obyek-wisata-menurut.html diakses pada 19 Mei 2019 pukul 21.04 WIB
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Sarmaia Jogina, Sendi Eka Nanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.