KOMUNIKASI DAKWAH KOMUNITAS NGOPI HIJRAH DI KALANGAN REMAJA KECAMATAN CIMANGGIS KOTA DEPOK

Authors

  • Ahmad Nasher Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Iif Dzaki Mubarok Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i2.191

Keywords:

Komunikasi agama, dakwah, hijrah, komunitas, remaja

Abstract

Dakwah adalah ilmu yang dapat memberikan segala macam usaha, yang mengacu pada upaya menyampaikan ajaran Islam kepada seluruh manusia, termasuk akidah, syariah, dan akhlak. Gerakan hijrah marak di media sosial, di Instagram pada tahun 2018 tagar #hijrah di kolom lari berjumlah 1.700.000 submisi, meningkat pada April 2019 menjadi 6.517.232 pengajuan. Data menunjukkan bahwa gerakan hijrah bergerak secara masif. Gerakan hijrah tidak memiliki pemimpin dan tidak terkoordinasi satu sama lain. Salah satunya adalah Ngopi Hijrah, sebuah komunitas berbasis masjid yang menyasar kalangan remaja sebagai target dakwah. Ngopi Hijrah memiliki tema yang cocok untuk remaja sekaligus presenter yang dapat menarik minat remaja untuk mengikuti pengajian. Dari uraian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi dakwah dakwah Ngopi Hijrah di kalangan remaja di Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Melalui Coordinated Management of Meaning, teori medan dakwah, teori proses dan tahapan dakwah, dan teori retorika Aristoteles, diperoleh hasil bahwa dalam perencanaan tema, pemilihan pembicara, dan strategi public speaking para pembicara di Ngopi Hijrah merupakan aspek-aspek yang sangat diperhatikan agar remaja ingin mengikuti studi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Bayanuniy, S. M. A. A.-F. (2010). Ilmu Pendidikan: Prinsip dan Kode Etik Berpendidikan Menurut Al-Qur’an Dan As-Sunnah (D. Junaedi (ed.)). Akademika Presindo.

APJII. (2017). Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Apjii.or.Id. https://apjii.or.id/content/read/39/342/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2017

Budi, R. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. KERETAKUPA Print.

Depok.go.id

Detik.com

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik; Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: Rosda Karya.

Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT. BPK Gunung Mulia.

Hamidi. (2010). Teori komunikasi Dan Strategi Dakwah. UMM Press.

Kemenag. (2011). Buku Penunjang Tugas Penyuluh Agama Manajemen Dakwah (Dasar-Dasar Dakwah/Penyuluhan Agama Islam).

Maghfiroh, E. (2016). Komunikasi Dakwah: Dakwah Interaktif Melalui Media Komunikasi. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 2(1).

Monks,F. J; Knoers, A. M. P; Haditono, S.R. 2001. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam berbagai Bagian. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nasution, N. H. (2011). Metode Dakwah dalam Membentuk Akhlak Mahmudah Remaja. Wardah, 12(2).

Downloads

Published

01-10-2019

Issue

Section

Articles

How to Cite

KOMUNIKASI DAKWAH KOMUNITAS NGOPI HIJRAH DI KALANGAN REMAJA KECAMATAN CIMANGGIS KOTA DEPOK. (2019). BroadComm, 1(2), 16-25. https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i2.191

Similar Articles

1-10 of 78

You may also start an advanced similarity search for this article.