PENGGUNAAN APLIKASI MARIS DAN SHOP&DRIVE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ANTARA KARYAWAN PT. ASTRA OTOPARTS Tbk DAN CUSTOMER DI ERA PANDEMI

Authors

  • Choirul Umam Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Ilham Syamsuri Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i2.209

Keywords:

Aplikasi, Media Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemanfaatan aplikasi Shop & Drive sebagai media komunikasi yang digunakan oleh bengkel Shop & Drive sebagai media komunikasi antara karyawan dan pelanggan Astra Otoparts.Tbk. Shop & Drive Workshop adalah bengkel otomotif modern buatan PT. Astra Otoparts.Tbk sebagai toko layanan cepat dan penyedia layanan pengiriman ke rumah seperti aki mobil dan pengiriman oli mobil. Dalam penelitian kualitatif ini penulis menggunakan Teori Keunggulan (Two Way Symmetrical) untuk mengetahui penggunaan aplikasi yang digunakan oleh Shop & Drive (Kriyantono 2012) sebagai media komunikasi informasi antara karyawan dan pelanggan. Penulis juga menggunakan studi deskriptif sebagai metode penelitian dan paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Informan dalam penelitian ini adalah Head Office, Chief Store dan Customer. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara terbuka dengan menggunakan alat bantu audio visual. Data yang telah diperoleh kemudian diuji keabsahan datanya melalui triangulasi sumber. Kantor Pusat Shop & Drive menginginkan komunikasi antar karyawan di seluruh outlet Shop & Drive terjalin dengan baik dan terorganisir dengan aplikasi serta untuk memudahkan karyawan retail dalam operasional retail dan pengembangan retail menggunakan aplikasi Maris. Aplikasi ini juga digunakan oleh Shop & Drive sebagai media komunikasi antara karyawan retail dengan pelanggan dengan aplikasi bernama Shop & Drive yang dapat diunduh di Playstore atau Appstore secara gratis. Dalam penelitian ini menggunakan aplikasi Maris dan aplikasi Shop & Drive sebagai bahan penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyani, E., Amrullah, M. N., & Hatta, H. (2020). Komunikasi Two-Way Symmetric Dalam Menjalin Hubungan Public Relations Dengan Media (Studi Pada Humas Pemerintah Kabupaten Gowa). Washiyah: Jurnal Kajian Dakwah dan Komunikasi, 1(3).

Dewi, Herlina K. (2020). Di tengah pandemi, Astra Otoparts (AUTO) sediakan fasilitas jemput bola. Retrieved from https://industri.kontan.co.id/news/di-tengah-pandemi-astra-otoparts-auto-sediakan-fasilitas-jemput-bola. Html on December 21, 2020.

Erisanty, D., Kriyantono, R., & Febriani, N. S. (2020). Studi Deskriptif Tentang Aktivitas Public Relations di Indonesia Berdasarkan Prinsip-Prinsip Teori Excellence (Studi pada Anggota Perhimpunan Hubungan Masyarakat (PERHUMAS) Malang).

Febriasto, R. (2017). Peramalan Jumlah Mobil Pribadi Yang Berada Di Kota Surabaya (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Hariningsih, E. (2013). Internet Advertising Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Interaktif. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2).

Hidayat, D. N. (2003). Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik. Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.

Kriyantono, R. (2014). Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif. Kencana.

Kuntari, B. D., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Bengkel PT Astra International Tbk–Daihatsu Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 36(1), 196-202.

Manrapi, R., & Saleh, H. Analisis Pengaruh Perputaran Persediaan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas Pada Pt. Astra Shop & Drive Di Makassar Tahun 2015-2017. Economic Bosowo Journal, Manajemen, 5(003), 119-123.

Muhammad, Arni. (2005). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara, Cet.

Downloads

Published

01-10-2020

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGGUNAAN APLIKASI MARIS DAN SHOP&DRIVE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ANTARA KARYAWAN PT. ASTRA OTOPARTS Tbk DAN CUSTOMER DI ERA PANDEMI. (2020). BroadComm, 2(2), 35-46. https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i2.209

Similar Articles

1-10 of 82

You may also start an advanced similarity search for this article.