TERPAAN MEDIA LIVE SHOPPING SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA DI JABODETABEK

Authors

  • Choirul Umam Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma
  • Sofiana Eka Ayu Pramesti Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53856/8x4c4e89

Keywords:

Live Shopping, Shopee, Keputusan Pembelian, Pelajar, Jabodetabek

Abstract

Di era digital ini, perkembangan teknologi telah membawa perubahan di berbagai aspek kehidupan, termasuk perdagangan dan komunikasi. E-commerce atau perdagangan elektronik kini menjadi fenomena yang semakin populer di kalangan masyarakat, termasuk pelajar. Salah satu bentuk e-commerce yang banyak diminati saat ini adalah Shopee yang merupakan aplikasi e-commerce pertama di Asia Tenggara yang memiliki jumlah pengguna aktif bulanan tertinggi. Salah satu fitur yang ada di Shopee adalah Shopee live yang fiturnya memungkinkan penjual untuk berjualan dan berinteraksi secara real time dengan pembeli menggunakan platform streaming video Shopee live. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh terpaan media Shopee live terhadap keputusan pembelian pelajar di Jabodetabek. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori SOR (Stimulus-Organism-Response), dimana teori ini menitikberatkan pada pengaruh atau dampak pada penerimanya sebagai akibat dari reaksi tertentu terhadap stimulus yang diberikan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan ditentukan dengan menggunakan rumus lameshow untuk menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh terpaan media Shopee live terhadap keputusan pembelian siswa sebesar 43,8% dan sebagian dipengaruhi oleh variabel indikator atau faktor lain sebesar 56,2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Belch, G., & Belch, M. (2017). Advertising and promotion: an integrated marketing communications perspective. McGraw-Hill Education.

Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.

Mahris, M. D., & Umam, C. (2023). PENGARUH KONTEN KREATOR @VMULIANA TERHADAP KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING FOLLOWERS DI TIKTOK. BroadComm, 5(1), 39–47. https://doi.org/10.53856/bcomm.v5i1.249

Mulyana, D. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.

Pearson, M. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Salemba Empat.

Sastika, W. (2018). Analisis Kualitas Layanan dengan Menggunakan E-service Quality untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Belanja Online Shoppe (Studi Kasus: Pelanggan Shopee di Kota Bandung 2017). Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 2(2), 69–74.

Wijaya, S. F. N. (2022). PENGARUH LIVE SHOPPING DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA SHOPEE Survey Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pasundan). Universitas Pasundan.

Wong, J. (2010). Internet Marketing for Beginners. Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

01-04-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

TERPAAN MEDIA LIVE SHOPPING SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA DI JABODETABEK. (2024). BroadComm, 6(1), 27-36. https://doi.org/10.53856/8x4c4e89