PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS GUNADARMA

Authors

  • Herlinda Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Gita Putri Lestari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i2.210

Keywords:

Intensitas, Shopee, Perilaku, Konsumtif, Paparan Media

Abstract

Shopee adalah platform yang dirancang khusus untuk memberikan pengalaman belanja online yang mudah, aman, dan cepat. Melalui fitur live chat dan fitur favorit memudahkan pembeli untuk mendapatkan informasi terbaru dari penjual, selain itu Shopee juga sering mengadakan promo-promo menarik bertemakan Harbolnas 11:11, 12:12, flash sale dan gratis ongkos kirim seluruh Indonesia dengan kondisi tertentu, hal ini dapat memicu perilaku konsumtif penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas mengakses Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma angkatan 2017. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media shock. Kemudian data yang terkumpul diolah dengan menggunakan software SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara intensitas mengakses Shopee (frekuensi, durasi, perhatian) terhadap perilaku konsumtif (pembelian impulsif, pembelian irasional, pemborosan). Saran bagi mahasiswa fakultas ilmu komunikasi Universitas Gunadarma, agar lebih bijak dalam menggunakan waktu dalam mengakses Shopee dan lebih mengontrol diri dalam hal berbelanja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, E. (2004). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media.

Assael, H. (2001). Consumer Behavior and Marketing Action 6th ed. Thomson Learning.

Creeber, G., & Martin, R. (2009). Digital Cultures: Understanding New Media. Open University Press.

Deliarnov. (2007). Perkembangan Pemikiran Ekonomi. PT Raja Grafindo Persada.

Echols, J. M., & Shadily, H. (2009). Kamus Indonesia Inggris. PT. Gramedia.

Effendy, O. U. (2006). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Emia, F., & Marwan, M. R. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Shopee Di Televisi Dan Citra Merek Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Kota Tengerang Selatan. Kreatif: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 7(2), 52-58.

Halim, A. (2005). Analisis Investasi Edisi Kedua. Salemba Empat Alfabeta.

Hasan, A. (2016). Marketing Dari Mulut ke Mulut Word Of Mouth Marketing. Media Pressindo.

Hazim, N. (2005). Teknologi Pembelajaran. UT, Pustekom.

Lievrouw, L. A. (2011). Alternative and Activist New Media. Polity Press.

McQuail, D. (2000). Mass Communication Theory, 4th Edition. SAGE Publication.

Mondry. (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Ghalia Indonesia.

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.

Novi. (2005). Metode Penelitian Komunikasi. PT Remaja Rosda Karya.

Purnomo, A. T. (2013). Pengaruh Tayangan “Stand Up Comedy” Terhadap Wawasan Mahasiswa Mengenai Masalah Sosial (Studi Eksperimen Tentang Pengaruh Tayangan “Stand Up Comedy Show” Di Metro Tv Terhadap Wawasan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS Angkatan 2008 Mengenai Masalah Sosial) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rakhmat, J. (2004). Metode penelitian komunikasi : dilengkapi contoh analisis statistik. PT Remaja Rosda Karya.

Rantung, F. R., Himpong, M. D., & Onsu, R. R. (2020). FENOMENA KOMUNIKASI PEREMPUAN PENGONSUMSI MINUMAN KERAS di CAFÉ XO KAWASAN MEGAMAS MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(3).

Surya, M. A. (2019). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan : Meneropong imbas pesan

Iklan Televisi. Bandung : Penerbit Alfabeta

Tambunan, R. (2001). Remaja dan perilaku konsumtif. Jurnal Psikologi dan Masyarakat.[Online]. Tersedia: http//: www. e-psikologi. com/remaja/191101. htm. (29 Januari 2009).

Ustadiyanto, R. (2001). Framework E-commerce, Edisi Kedua. Andi.

Downloads

Published

01-10-2020

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS GUNADARMA. (2020). BroadComm, 2(2), 47-56. https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i2.210

Similar Articles

1-10 of 57

You may also start an advanced similarity search for this article.