CHANNEL YOUTUBE YOSHIOLO TERHADAP PERILAKU MEMBELI BRAND LOKAL INDONESIA PADA MASA PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) MIKRO

Authors

  • Edy Prihantoro Magister Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i1.214

Keywords:

Pengaruh Chanel Youtube, Fashion, Perubahan Perilaku, Konsumtif, Brand Lokal Indonesia, PPKM

Abstract

Youtube menjadi salah satu media sosial yang banyak diminati masyarakat saat pelaksanaan Kegiatan Masyarakat Mikro (PPKM) di beberapa daerah di Indonesia. Youtube dapat membuat jutaan, bahkan milyaran orang di dunia menonton atau mencari berbagai video yang mereka inginkan sesuka hati dan dapat menjadi motivasi atau alasan untuk melakukan sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tayangan Youtube Channel Yoshiolo terhadap perilaku konsumtif dalam membeli produk khususnya brand lokal Indonesia selama Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat Mikro (PPKM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pendekatan teoritis yang digunakan adalah teori uses and effects. Populasi dan sampel penelitian ini sebanyak 138 responden yang memenuhi kriteria responden dalam penelitian ini. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Channel Youtube Yoshiolo terhadap perilaku konsumtif. Pengaruh ini disebabkan karena isinya sesuai dengan salah satu kebutuhan masyarakat saat ini, yaitu tampilan yang menarik. Youtube Yoshiolo menarik dengan berbagai konten menarik yang menampilkan berbagai produk Fashion dengan kemasan yang ringan dan segar. Hal inilah yang menarik perhatian penonton terutama dari kalangan mahasiswa untuk mengikuti dan mendapatkan referensi belanja fashion.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfirahmi, A. (2019). Fenomena Kopi Kekinian di Era 4.0 Ditinjau dari Marketing 4.0 dan Teori Uses and Effect. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 24-32.

Budiargo, D. (2015). Berkomunikasi ala Net Generation. PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Darwinsyah, M. (2018). Analisa Pengaruh Strategi Komunikasi CSR Melalui Media Sosial Terhadap Reputasi Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Consumer Goods di Indonesia). Inter Komunika, 3(1), 59-72.

Kartikasari, M. (2018). Pengaruh Konten Youtube Tutorial Make Up Back To School Terhadap Perbedaan Perilaku Imitasi Siswi Madrasah Aliyah Negeri Se-Jakarta Barat (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).

Lestarina, E., H. Karimah, N. Febrianti, Ranny, D. Harlina. 2017. Perilaku Konsumtif Dikalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). Vol 02 (02). 1-6.

Maulana, I., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh social media influencer terhadap perilaku konsumtif di era ekonomi digital. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28-34.

Miranda, S., & Lubis, E. E. (2017). Pengaruh instagram sebagai media online shopping fashion terhadap perilaku konsumtif mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau (Doctoral dissertation, Riau University).

Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. PT Elex Komputindo.

Rahmadania, F. W. Pengaruh Terpaan Media Online Shop Di Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Karyawan Stikom Prosia. Jurnal Komunikasi Stikom Prosia, 1.

Sari, D. P. (2020). Kreativitas Dosen Sebagai Youtuber Pada New Normal. Jurnal Akrab Juara, 5(3), 183-195.

Taprial, V., & Kanwar, P. (2012). Understanding social media. Bookboon.

Triyaningsih, S. L. (2011). Dampak online marketing melalui facebook terhadap perilaku konsumtif masyarakat. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan. 11(2), 172–177.

Downloads

Published

01-04-2021

Issue

Section

Articles

How to Cite

CHANNEL YOUTUBE YOSHIOLO TERHADAP PERILAKU MEMBELI BRAND LOKAL INDONESIA PADA MASA PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) MIKRO. (2021). BroadComm, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i1.214

Similar Articles

1-10 of 47

You may also start an advanced similarity search for this article.