PERSEPSI PENGGEMAR K-POP TREASURE PADA PROGRAM DATING SHOW “SHINING SOLO” DARI BOYGROUP TREASURE

Authors

  • Christiana Wulandari Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma
  • Heny Fatul Sholichah Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/9m5t1604

Keywords:

Penggemar K-POP, Persepsi, Treasure Makers, Dating Show

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana persepsi TREASURE MAKERS mengenai program dating show “Shining Solo” dari boygroup TREASURE. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori Individual Differences. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menetapkan 6 informan, yaitu TREASURE MAKERS Indonesia yang telah menonton program dating show “Shining Solo” di Official Youtube Channel YG Entertainment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TREASURE MAKERS memiliki berbagai alasan untuk menonton, termasuk keinginan untuk melihat interaksi anggota TREASURE dengan talent wanita serta mengeksplorasi sisi lain dari para anggota TREASURE. Emosi yang dialami selama menonton, seperti kegembiraan, kebahagiaan, kekhawatiran, dan kesedihan, mempengaruhi persepsi penggemar pada program “Shining Solo”. Reaksi beragam dari TREASURE MAKERS mencerminkan perbedaan individu, seperti perasaan bangga, senang, serta cemburu yang ditimbulkan oleh interaksi anggota TREASURE dengan talent wanita. Program "Shining Solo" juga berdampak positif pada loyalitas penggemar dan popularitas TREASURE, terlihat dari dukungan TREASURE MAKERS walaupun adanya kritikan serta meningkatnya jumlah penayangan “Shining Solo” di kalangan nonfans.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, F. A., Pudjianto, S., & Hanum, A. M. (2022). Persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjung Pura Pontianak Mengenai Infodemi Covid-19 di Youtube. Komunika-Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 735–750.

Cosmopolitan Indonesia. (2023, March 8). Alasan Kita Menyukai Reality Show tentang Percintaan, Hopeless Romantic or Entertaining. Www.Cosmopolitan.Co.Id. https://www.cosmopolitan.co.id/artic le/read/3/2023/31185/alasan-kita- menyukai- reality-show-tentang- percintaan-hopeless-romantic-or- entertaining

Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.

Haqqu, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Terhadap Hubungan Antara Motif Dengan Kepuasan Menonton Program. UNS (Universitas Sebelas Maret).

Khanidya, I. R. (2023). Pengaruh Terpaan Konten Parenting di Tik-Tok Terhadap Tingkat Pengetahuan Parenting (Studi Pada Ibu Millenials Followers Tik-Tok Rensia Sanvira). Universitas Muhammadiyah Malang.

Lutfiah, K. (2021). Persepsi Mahasiswa Fakultas Dakwah Iain Salatiga Tentang Konten Dakwah Oki Setiana Dewi Official Di Media Youtube. Universitas Islam Negeri Salatiga.

Morissan. (2013). Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio Dan Televisi Edisi Revisi. Kencana Prenada Media Group.

Mukarom, Z. (2020). Teori-Teori Komunikasi. Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Mukinin, K. (2023, December 4). Jumlah Penonton Televisi Menurun di Era Digital, Kenapa? Https://Kumparan.Com. https://kumparan.com/khairunnisa- mukinin/jumlah-penonton-televisi- menurun-di-era- digital-kenapa- 21Zq8d7bEn6/full

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). In Yogyakarta Press.

Oktavian, R. (2022). Analisis Peran Media Moeslimchoice.com dalam Pemberitaan Kasus Trading di Binomo pada Februari 2022. Universitas Nasional.

Pertiwi, D. A., Fajrie, M., & Arianto, D. A. (2024). Perceptions of Teenagers About Sex Education in “dua Garis Biru” Movie. Jurnal An-Nida, 16(1).

Pramintari, R. D., Muslimah, A. I., Syafriani, K., Shafa, K. M., & Permatasari, Y. I. (2022). FANATISME PADA FANDOM BOY GROUP BTS (ARMY) MELALUI MEDIA SOSIAL TWITTER. SOUL: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 14(1), 55–74. https://doi.org/10.33558/soul.v14i1.5966

Pranawa, R. D., & Arif, M. (2021). ACARA REALITY SHOW DALAM KARYA SENI VIDEO INSTALASI. SAKALA JURNAL SENI RUPA MURNI, 2(1).

Putri, M. (2023). Analisis Persepsi Mahasiswa Mengenai Konten Edukasi TikTok @buiramira Dalam Penyelesaian Tugas Akhir. Universitas Pasundan.

Putriana, A., Kasoema, R. S., Gandasari, M., & Dyah, R. A. , A. R. S. , W. E. K. , K. I. , A. M. F. , Y. A. L. , & S. I. M. (2021). Psikologi Komunikasi. Yayasan Kita Menulis.

Sianipar, A. P. (2013). Pemanfaatan youtube di kalangan mahasiswa . Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW, 2(3).

Sitompul, W. W., Siti Masitoh, Siti Pardiani Tanjung, & Kartini Kartini. (2022). Penelitian Tentang Youtube. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 2(2).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

30-04-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

PERSEPSI PENGGEMAR K-POP TREASURE PADA PROGRAM DATING SHOW “SHINING SOLO” DARI BOYGROUP TREASURE. (2025). BroadComm, 7(1), 85-92. https://doi.org/10.53856/9m5t1604