STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU ES TEH PANDA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Authors

  • Tafania Kinasih Wahyu Rudiyanto Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma
  • Bonar S Panjaitan Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta
  • Maimunah Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta

Keywords:

Strategi komunikasi pemasaran terpadu, Bauran pemasaran 7P, Teori media baru, Es Teh Panda, Instagram

Abstract

Penelitian ini membahas strategi komunikasi pemasaran terpadu yang diterapkan oleh Es Teh Panda melalui media sosial Instagram. Perkembangan media digital mendorong pelaku usaha untuk memanfaatkan platform online guna memperluas jangkauan dan membangun kedekatan dengan konsumen. Dalam menghadapi persaingan ketat di industri minuman, dibutuhkan strategi pemasaran yang adaptif dan kreatif terhadap new media. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran, penerapan bauran pemasaran 7P, serta relevansi teori media baru dalam promosi Es Teh Panda. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi konten Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Es Teh Panda menerapkan strategi komunikasi terpadu melalui iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung. Bauran pemasaran 7P dimanfaatkan untuk membentuk citra positif dan menarik minat konsumen. Instagram terbukti efektif dalam membangun interaksi personal dan partisipasi pelanggan. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi strategi komunikasi dengan media sosial untuk meningkatkan daya saing bisnis kuliner.

References

Al-Hakim, N. (2021). Menata ulang bisnis F&B pasca pandemi (Studi kasus: Strategi komunikasi pemasaran Sate Taichan “Goreng”). Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 3(2), 85-106.

Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M.Si. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Qiara Media - Pasuruan, Jawa Timur. Diakses pada 26 Desember 2023

Dr. M. Anang Firmansyah, S.E., M.M. 2020. KOMUNIKASI PEMASARAN. CV. Penerbit

Media Press. Diakses pada 4 Januari 2024

Noventa, C., Soraya, I., & Muntazah, A. (2023). Pemanfaatan media sosial Instagram buddyku sebagai sarana informasi terkini. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(3), 626-635.

Permassanty, T. D., & Muntiani, M. (2018). Strategi Komunikasi Komunitas Virtual Dalam Mempromosikan Tangerang Melalui Media Sosial. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2).

Rizky, N., & Setiawati, S. D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Haloa Cafe Sebagai Komunikasi Pemasaran Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 177190.

Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Visi Komunikasi, 16(01), 71-90.

Setiyaningsih, S., & Subrata, H. (2023). Penerapan problem based learning terpadu paradigma konstruktivisme vygotsky pada kurikulum merdeka belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2).

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU ES TEH PANDA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. (2025). Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(2), 14-26. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jik/article/view/404