PERSEPSI MAHASISWA AKMRTV JAKARTA PADA IKLAN SOSIALISASI QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD PADA AKUN TIKTOK @BANK_INDONESIA
Keywords:
Persepsi Mahasiswa, QRIS, TikTok, Iklan Sosialisasi, Generasi Z, Media SosialAbstract
Penelitian ini membahas persepsi mahasiswa AKMRTV Jakarta terhadap iklan sosialisasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang ditayangkan melalui akun TikTok resmi milik Bank Indonesia, @bank_indonesia. QRIS merupakan inovasi sistem pembayaran digital yang bertujuan untuk menyederhanakan proses transaksi melalui satu kode QR yang dapat digunakan oleh berbagai aplikasi. Sebagai bagian dari upaya edukasi dan peningkatan literasi digital masyarakat, Bank Indonesia memilih TikTok sebagai platform sosialisasi karena platform ini sangat populer di kalangan generasi muda, terutama Generasi Z, yang dikenal sebagai digital native. Media sosial seperti TikTok kini tidak hanya digunakan sebagai media hiburan, tetapi juga sebagai alat strategis dalam menyampaikan pesan-pesan publik. Dalam konteks ini, penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, melalui wawancara mendalam terhadap lima orang informan yang merupakan mahasiswa AKMRTV dan telah menyaksikan konten iklan QRIS di TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa menganggap konten iklan tersebut menarik, mudah dipahami, dan memberikan informasi yang relevan dengan kebutuhan transaksi digital mereka. Selain itu, penggunaan elemen visual yang dinamis, musik yang sedang tren, dan gaya penyampaian yang interaktif membuat pesan iklan lebih mudah diingat. TikTok dinilai mampu menjembatani komunikasi antara lembaga keuangan dengan generasi muda secara efektif. Penelitian ini menekankan pentingnya strategi komunikasi yang kreatif, adaptif, dan sesuai dengan karakteristik audiens dalam menyampaikan informasi publik, terutama di era digital yang terus berkembang.
References
Alam, Y, W., Pandian, P, A., Cindy, R, M., Billa, S, J, E., Firmansyah, R, M., Anggraini, S, D., (2023). Sosial Media Dan Strategi Pemasaran. Mega Press Nusantara
Akbar, M. F., Ati, H. D. L., & Sukarson, A. (2024). Peran Tiktok Dalam Meningkatkan Brand Awareness Di Kalangan Milenial Dan Gen Z. Journal Media Public Relations, 4(1), 52- 57.
Fadhilah, N, I., Dkk., (2021). Problematika Teori Dan Praktik Komunikasi. PT. Mahakarya Citra Utama Group.
Hermawan, S., Amirullah., (2016). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative.
Iswayudi, S, M., Lismawati., Wulandari, R., Samsudin, H., Sukowati, I., Nurhayati, S., Makrus, M., Amalia, M, M., Faizah, H., Febianingsih, E, P, N., (2023). Buku Ajar Metodologi Penelitian. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Nainggolan, E. G. M., Silalahi, B. T., & Sinaga, E. M. (2022). Analisis kepuasan Gen Z dalam menggunakan QRIS di Kota Pematangsiantar. MANAJEMEN: Jurnal Ekonomi, 4(1), 24-32.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.
Ridha, N. (2017). Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Hikmah, 14(1), 62-70.
Romlah, S. (2021). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Pendekatan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif). Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 16(1), 1-13.
Sa’adah, A. N., Rosma, A., & Aulia, D. (2022). Persepsi generasi Z terhadap fitur Tiktok Shop pada aplikasi Tiktok. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 131- 140.
Saleh, I., Wardana, A., & Mariyati, L. (2023). Persepsi masyarakat terhadap penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS). Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 9(1), 42-56.
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT. KASINUS.
Sulistyorini., Andriesgo, J., Indadihayati, W., Watunglawar, B., Suradi., Mavianti., Nuramini, A., Wahyuningsih, S., Purnomo, E., Sugiyanto, R., (2021). Supervisi Pendidikan. Dotplus Publisher.
Waluyo., Surwadi., Feryanto, A., Haryanto, T., Ilmu Pengetahuan Sosial. (2020). PT. Intan Pariwara.
Zaenab, S. (2013). Komunikasi Massa: Sebuah Pengantar Manajemen Komunikasi. Zifatama
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mochammad Afrido Ferdiansyah, Yudanto Prayitno, Eviyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

