SUMBER DAYA MANUSIA DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU BERBASIS TIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DAYA SAING PELAKU UKM SENTRA INDUSTRI BONEKA DI CIKAMPEK UTARA

Authors

  • Rini Astuti Magister Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Edy Prihantoro Magister Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Didin Mukodim Magister Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

Keywords:

Human Resources, marketing communication, competitiveness

Abstract

The purpose of this study was to determine the influence of human resources and marketing communications towards improving the competitiveness of SMEs centers of doll industries in North Cikampek. In order to achieve these objectives, the type of research used in this research is quantitative descriptive survey method by using the questionnaire as an instrument of collection of the data. As for analysis using multiple linear regression by the analysis tool SPSS version 20. Based on number of 67 respondents, the result showed that there is positive and significant correlation between human resources and marketing communications on the competitiveness of SMEs centers of doll industries in North Cikampek. Two of these variables have positive influences on the businesses being managed, because the businessmen are very concerned about the quality of products that will increase sales, the products are easily recognized because the businessmen are already using media marketing (internet), communications are easy because there is media liaison between the businesmen and the consumers, so it will affect the success of efforts to maintain the market share.

References

BPS dan Kementerian Koperasi dan UKM. 2012. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Usaha Besar. Jakarta: BPS.

Bungin, Burhan. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Media Group.

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Jogiyanto. 2004. Metodelogi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Alih Bahasa Alexander Sindoro, Penyunting Bahasa Bambang Sarwiji. Edisi Kesembilan. Jakarta: PT Index.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group.

Nasution, Harmaein. 2005. Proses Pengelolaan Sumber Daya Manusia. Medan: USU Press.

Purnama, Lingga. 2002. Strategi Marketing Plan. Jakarta: Gramedia Putaka Utama.

Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Severin, Warner J & James W. Tankard. 2005. Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Situmorang J. 2008. Strategi UMKM dalam menghadapi iklim usaha yang tidak kondusif. Jurnal Infokop: Media Pengkajian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah 16: 87–101.

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lufti. 2014. Analisis Data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis Edisi 3. Medan: USU Press.

Sulistyo, Joko. 2010. 6 Hari Jago SPSS 17. Cetakan Pertama. Jakarta: Cakrawala.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

--------------------. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Zainun, Buchari. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia. Cetakan Keenam. Jakarta: Toko Gunung Agung Tbk

Penelitian

Alfiani, Novia Mahdi. 2016. Peranan UKM Sentra Industri Boneka Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Di Kampung Mekarjaya Desa Cikampek Utara Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang Jawa Barat. Prosiding Ilmu Ekonomi. Volume 2, No.2. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Lantu, Donald Crestofel, Dkk. 2016. Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM Di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model. Jurnal Manajemen Teknologi. Vol.15, No.1 Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Larasati, Bio Hafsari. 2011. Analisis Hubungan Komunikasi Pemasaran Dengan Kualitas Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) (Studi Pada UMKM Mitra Binaan IPB). Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Sari, Siti Novitia. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Daya Saing Usaha Pelaku Usaha Mikro Rotan Di Kota Medan. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara

http://www.bonekacikampek.com/ (diakses pada 02 November 2016)

Downloads

Published

2020-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

SUMBER DAYA MANUSIA DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU BERBASIS TIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DAYA SAING PELAKU UKM SENTRA INDUSTRI BONEKA DI CIKAMPEK UTARA. (2020). Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 13-19. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/255