PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KAMPANYE SOSIAL SEBAGAI UPAYA MENGURANGI PENCEMARAN PLASTIK PADA SISWA SMA MARTIA BHAKTI KOTA BEKASI

Authors

  • Faris Fairuz Naufal Fakhir AKMRTV Jakarta
  • Hardjito AKMRTV Jakarta
  • Karina Jayanti Akademi Komunikasi Media Radio & Televisi Jakarta

Keywords:

Globalization, Media Social, Instagram

Abstract

This study aims to determine and analyze the influence Social Campaign In an effort to reduce plastic pollution when viewed from Social Media. Sehinggan in the face of globalization. The community, especially teenagers, must be able to control plastic waste. The research was conducted at Martia Bhakti High School, Bekasi City. The variable used is Instagram Social Media. The data collection technique used a questionnaire and the research instrument used consisted of 15 questions with a questionnaire that was distributed to 100 respondents once the sample was taken from a known population, then the sampling was done using the nurrusalam formula. The sampling technique used is incidental sampling. The analytical tool used is the instrument test with validity and reliability test, melticolinearity test, and heteroscedasticity test, multiple regression analysis test, correlation coefficient test, determination coefficient test, and hypothesis testing consisting of partial test (t test) and simultaneous test (t test). f).

References

Antar, Venus. 2004. Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekaatam Media.

Anton Dayan. 2000. Pengantar Metode Statistik, jilid 1, LP3ES, Jakarta.

Arni, Muhammad. 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arthur Asa Berger. 2000. Media and Communication Research Methods. SAGE Publications, Inc.

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Bimo Mahendra. 2017. Eksistensi Sosial Remaja Dalam Instagram (Sebuah Prespektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi/Volume 16, No.01, Mei 2017: 151 – 160.

Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia.

Cangara, Hafied. 2011. Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dergibson Siagian Sugiarto. 2006. Metode statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi, penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fotografi Pada Komunikasi Fotografi Pekan Baru. Jurnal. Universitas Riau.

Hamdi, Asep Saepul. E. Bahruddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublisher.

Hamidati, Anis, dkk. 2011. Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: Mata Padi Pressindo.

Imawan. 1997. Membedah politik Orde Baru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kriyantono, Rachmat.2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana, Jakarta.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Nasehudin, Toto Syatori. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Rangga Aditiya. 2015. Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat

Ruben, Brent, D. dan Lea P. Stewart. 1998. Communication and Human Behavior, USA Viacom Company).

Shirky. 2008. Hubungan Intensitas Mengakses Sosial Media terhadap Perilaku Belajar Mata Pelajaran Produktif pada Siswa Kelas XI Jasa Boga di SMKN 3 Klaten. Dalam Yuzi Akbari Vindita Riyanti (2016). Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Boga FT Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto. 2000. Metode Riset: Aplikasinya dalam Pemasaran. Rineka Cipta, Jakarta.

Utari, Prahastiwi. 2011. Media Sosial, New Media dan Gender dalam Pusaran Teori Komunikasi. Bab Buku Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: Aspikom.

Zulfikar dan I Nyoman Budiantara. 2014. Manajemen Riset dengan Pendekatan Komputasi Statistika. Deepublish, Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KAMPANYE SOSIAL SEBAGAI UPAYA MENGURANGI PENCEMARAN PLASTIK PADA SISWA SMA MARTIA BHAKTI KOTA BEKASI . (2021). Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 15-21. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/277