MANAJEMEN PUBLIKASI AKUN INSTAGRAM DEPOK24JAM SEBAGAI MEDIA PENYEBARAN INFORMASI
Keywords:
Manajemen Publikasi, Media Sosial, Penyebaran Informasi, The Circular Model of SoMeAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen publikasi akun instagram Depok 24 jam sebagai media penyebaran informasi, melihat masyarakat yang pada dasarnya selalu membutuhkan informasi untuk memenuhi kebutuhannya, namun kebutuhan akan informasi setiap individu berbeda-beda, khususnya masyarakat Depok, Jawa Barat yang merasa kesuiltan mencari informasi secara khusus di wilayah Depok. Sehingga masyarakat membutuhkan sebuah media untuk memperoleh sebuah informasi secara khhusus yang berada di sekitaran Depok Jawa Barat, karena dengan adanya media memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi, banyak media yang memberikan bantuan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi. Salah satunya adalah instagram Depok 24 jam, merupakan sebuah media yang menyediakan berbagai informasi terkini di wilayah Depok Jawa Barat yang banyak disukai oleh penggunanya karena tampilan yang menarik dan mudah diakses. Penulisan ini di lakukan dengan menggunakan pendekatan kualitaitif, pradigma konstruktivis dengan metode deskriptif kualitatif. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Circular Model of SoMe merupakan sebuah model yang diciptakan oleh Regina Luttrell. Hasil dari penulisan ini menunjukan bahwa manajemen publikasi Depok 24jam dalam menyampaikan informasi dapat dikatakan baik dan terstruktur, terbukti bahwa Depok 24 jam dalam analisis The Circular Model of SoMe menggunakan Share, Optimize, Manage, Engage dalam menggunakan media dan menyebarkan informasi.
References
Ati, Sri and Nurdien, and Kistanto, and Taufik, Amin. 2014. Dasar-dasar Informasi. In: Pengantar Konsep Informasi, Data, dan Pengetahuan. Universitas Terbuka, Jakarta
Bagus Machruf, Hairunnisa, Sarwo, Edy Wibowo . 2018. Peran Media Sosial Instagram Dalam Menarik Minat Berkunjung Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman Di Wisata Ladang Budaya Tenggarong. Kalimantan Timur: Universitas Mulawarman
Danaher Peter J dan Robert Davis . 2003. A Comparison of online and Offline Customer Brand Loyalty Marketing Science Person. Presntice Hall
Hidayat, Dedy N. 2003. Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia. Jakarta.
Holmes, David. 2012. Teori Komunikasi : Media, Teknologi, dan Masyarakat. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Luttrel Regina. (2019). Social Media How To Engage,Share and Connect. Journal of Chemical Information and Modeling . United kingdom: rowman & littlefield
Machmud, Muslimin. 2016. Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penulisan Ilmiah. Malang : Penerbit Selaras
McQuail, Denis. (1991). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.
Paramitha, C. R. P., 2011. Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan dalam Bidang Kuliner.
Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Utari, Prahastiwi. 2011. Media Sosial, New Media dan Gender dalam Pusaran Teori Komunikasi. Bab Buku Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: Aspikom
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Olly Aurora, Dicky Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.