DIGITAL OPINION PROGRAM MATA NAJWA EDISI “KURSI KOSONG” DI TWITTER

Authors

  • Pipit Fitriyah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Raihan Rafiananda AKMRTV Jakarta

Keywords:

Digital Opinion, Jejaring Sosial Politik, Media Informasi, Program Mata Najwa, Teori Khalayak Kepala Batu

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat fungsi media sosial menjadi tempat untuk bertukar informasi dan pendapat. Twitter sebagai salah satu jejaring sosial yang diakses masyarakat Indonesia sebagai media informasi terkait fenomena yang kini sedang terjadi ialah adanya ketidaktanggapan pemerintah Indonesia dalam menanggapi pandemi Covid-19 yang menjadi sorotan media sehingga terjadi wawancara “Kursi Kosong”. Opini dari setiap pengguna Twitter tersebut dianalisis menggunakan teori Khalayak Kepala Batu dikembangkan oleh L.A. Richards (1936), Raymond Bauer (1964), dan Schramm and Robert (1977) berasumsi bahwa khalayak justru aktif dalam proses komunikasi politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif,paradigma konstruktivis. Hasil penelitian menunjukan Ruang publik sangat terbuka untuk individu yang mempunyai pemikiran kritis terkait isu fenomena “Kursi Kosong”. Individu yang aktif dan mempunyai pemikiran kritis semakin didukung dengan hadirnya media sosial Twitter. Hal ini sesuai dengan asumsi dari Teori Khalayak Kepala Batu, di mana khalayak dapat menyeleksi dan menyaring mana yang realitas dan hoax. Realitas politik yang demokratis itulah bangunan sistem politik. Sistem sosial itu selalu menggambarkan pemikiran-pemikiran dinamis yang tidak berpihak kepada pro dan kontra saja. Kesimpulan penelitian ini penggunaan media sosial sebagai tempat untuk beropini mengenai isu politik yang interaktif di Twitter.

References

Ardial. 2009. Komunikasi Politik. Jakarta:PT INDEKS.

Arifin, Anwar. 2003. Komunikasi Politik. Jakarta: Balai Pustaka.

____________. 2003. Komunikasi Politik: Paradigma Teori Aplikasi Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

____________. 2011. Komunikasi Politik Filsafat-Paradigma-Teori-Strategi dan

Komunikasi Politik Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Badri, Muhammad. 2011. Corporate Marketing and Communication. Jakarta: Universitas Mercu Buana

Barisione, M., & Ceron, A. 2017. A Digital Movement of Opinion? Contesting Austerity Through Social Media. In M. Barisione & A. Michailidou (Eds.), Social Media and European Politics (pp. 77–104).

Bastian M, Heyman S, Jacomy M. 2009. Gephi: an open source software for exploringand and manipulatif networks. Di dalam: Internationl AAAI Conference on Weblogs and Social Media; 2009 Jul 07.

Bauer, K.R., Brown, M., Cress, R.D., Parise, C.A. and Caggiano, V., 2007. Descriptive analysis of estrogen receptor (ER)‐negative, progesterone receptor (PR)‐negative, and HER2‐negative invasive breast cancer, the so‐called triple‐negative phenotype. Cancer, 109(9), pp.1721-1728.

Bin, A., Alkatiri, M., & Nasution, A. N. S. 2020. Opini Publik Terhadap Penerapan New Normal Di Media Sosial Twitter. 11(1). Gunawibawa, E. Y., & Oktiani, H. 2020. Politik & Bencana Banjir Jakarta 2020 : Analisis Peta Percakapan #JakartaBanjir.

Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 60.

Cangara, Hafied. 2009. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kriyantono, R. 2016. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Meadow, G Robert. Politics as Communication. Noowod. 1980. NJ: ABLEX Publishing Company.

Muhtadi, Asep Saeful. 2008. Komunikasi Politik Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustofa, B. 2015. Psikologi Pendidikan. Cetakan I. Yogyakarta: ParamaIlmu.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Nimmo, Dan. 2005. Komunikasi Politik; Komunikator, pesan dan Media. Bandung: PT remaja Rosda Karya.

____________. 2011. Komunikasi Politik. Bandung: Rosda Karya.

Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media.Jakarta (ID): PT Elex Komputindo.

Tjahyana, L. J. 2020. Gerakan Opini Digital #Truebeauty Pada Twitter Untuk Pemeran Film Adaptasi Komik Webtoon. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 34.

https://amp.kompas.com/nasional/read/2020/09/29/08204241/saat-pemerintahmengeklaim-sudah-benar-tangani-pandemi-covid-19

https://www.google.com/amp/s/m.brilio.net/amp/serius/5-penjelasan-wawancarakursi

kosong-najwa-shihab-hingga-berujung-aduan-201007y.html

https://www.google.com/amp/s/jogja.suara.com/amp/read/2020/09/29/150203/disi

ndir-di-mata-najwa-5-kontroversi-menkes-terawan-soal-corona

https://www.matain.id/article/2020/1007/5-hal-tentang-wawancara-kursi-kosongnajwa-shihab-hingga-berujung-aduan.html

Downloads

Published

2021-09-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

DIGITAL OPINION PROGRAM MATA NAJWA EDISI “KURSI KOSONG” DI TWITTER. (2021). Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2), 36-49. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/286