STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA DALAM MENARIK MINAT WISATAWAN DI TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO

Authors

  • Choirul Umam Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Agung Wicaksono Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

Keywords:

Strategi Komunikasi, Minat, Media Sosial

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi pariwisata di taman nasional gunung gede pangrango dalam perkembangan minat wisata yang dihubungkan dengan perencanaan strategi. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pariwisata pariwisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan paradigma konstruktivisme dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dengan 5 informan dari 3 pengelola balai besar taman nasional gunung gede pangrango yaitu kehumasan, pengendali ekosistem hutan, kepala seksi penempatan dan pelayanan dan 2 wisatawan beserta dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penlitian ini adalah teori perencanaan strategis yang memiliki langkah strategis meliputi perumusan visi dan misi, pengkajian lingkungan eksternal, pengkajian lingkungan internal, perumusan isu-isu strategis dan penyusunan strategi pengembangan. Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa media sosial dan juga komunitas pencinta alam menjadi strategi komunikasi pariwisata taman nasional gunung gede pangrango dalam menarik minat wisatawan.

References

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur, 2013.

Effendy, Onong. 2009. Human Relation & Public Relations.Bandung : CV. Mandar Maju.

Gunawan, A. S., Hamid, D., & Wi Endang NP, M. G. (2016). Analisis Pengembangan Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Wisata Religi Gereja Puhsarang Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis, 32(1), 1-8.

Hamara, A. N. (2015). Pengaruh Adventure Tourist Motivation Terhadap Sport Decisionditaman Nasional Gunung Gede Pangrango:(Surveypada Partisipan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cianjur) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Handayani, Sri, and Rusmadi Awza. 2016. Strategi Komunikasi Hutnas Pemerintahan Kabupaten Bengkalis Dalam Mensosialisasikan Pilkada Serentak Tahun 2015. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, vol. 3, no. 2, Oct. 2016, pp. 1-15.

Mulyana, dkk. (2015). Selayang Pandang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Cibodas: Balai Besar Taman Nasional Gede Pangrango.

Nurhapna, S. (2014). Pengaruh Perencanaan Strategis Terhadap Kinerja di Rumah Sakit. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 2(2).

Wijayanto, I. H. 2013. "Pengembangan Potensi Pariwisata dalam Perspektif Reinventing Government (Studi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lamongan)". Jurnal Administrasi Publik, Vol. 1, No. 6, hlm: 1168-1173.

Yoeti, Oka, A. (2008) Perencanaaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta, Pradaya Pratama.

https://www.gedepangrango.org/tentang-tnggp/

Statistik Balai Besar Taman Nasional Gede Pangrango Tahun 2020.

Downloads

Published

2021-09-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA DALAM MENARIK MINAT WISATAWAN DI TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO. (2021). Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2), 50-60. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/287