STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE MELALUI APLIKASI ZOOM DI SMA WIDYA NUSANTARA
Keywords:
Strategi Pembelajaran, Aplikasi Zoom, SMA Widya NusantaraAbstract
Situs pembelajaran online adalah salah satu jenis komunikasi virtual yang membantu siswa untuk terhubung dengan guru dalam proses belajar-mengajar. Salah satu situs pembelajaran online yang paling terpopuler dan memiliki pengguna paling banyak di seluruh dunia adalah Zoom. Zoom yang dahulu hanya dipergunakan penggunanya untuk melakukan rapat atau pertemuan secara daring, kini telah berubah menjadi sarana belajar-mengajar oleh para sekolah karena pandemi virus corona yang mewajibkan seluruh sekolah untuk tetap melakukan pembelajaran secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran berbasis online melalui aplikasi zoom di SMA Widya Nusantara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pengumpulan data yaitu wawancara. Di dalam teori Studi Kasus (case study) menekankan pada eksplorasi dari suatu “sistem yang berbatas” (bounded system) pada satu kasus atau beberapa kasus secara mendetail, disertai dengan penggalian data secara mendalam yang melibatkan beragam sumber informasi yang kaya akan konteks. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru merasa pembelajaran online efektif dalam memberikan pelajaran karena mereka merasa memiliki waktu lebih banyak untuk menyiapkan materi selanjutnya dan siswa memiliki waktu lebih banyak untuk mengerjakan tugas yang diberikan.Sedangkan para siswa merasa bahwa pembelajaran online menggunakan aplikasi zoom kurang efektif dikarenakan banyak kendala yang dialami.
References
Afiyanti, Yati. (2020). Validitas dan Reabilitas Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia. Vol. 12, No. 2 p. 137-141
Atsani, Lulu G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Al Hikmah: Jurnal Studi Islam. Vol 1, No. 1 p. 82-93
Edwin. (2020). Dampak Media Pembelajaran Zoom Bagi Minat Belajar Mahasiswa STT Sangkakala. Skripsi. Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala: Salatiga
Fitriyani., Febriyeni, M., & Kamsi, N. (2020). Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Pada Proses Pembelajaran Online Sebagai Solusi Di Mada Pandemi Covid 19. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam. Vol. 3, No, 1 p. 23-34
Gifary, Sharen., Kurnia, Iis N. (2020). Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Komunikasi. Jurnal Sosioteknologi. Vol. 14, No. 2 p. 170-178
Haqien, Danin. Aqilah A.R. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). Vol. 5, No. 1 p. 51-56
Haris, Muhammad. (2020). Pola Komunikasi Antar Guru dan Murid Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Di panti Asuhan Yatim Piatu ALANDALUSIA Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta
Ismail, Akbar B. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA. Vol. 6, No. 2 p. 97-102
Jaelani, Ahmad et al. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS. Vol 8, No. 1 p. 12-24
Jannah, Ikha N., et al (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 4, No. 1 p. 54-59
Monica, Junita., Fitriawati, Dini. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol IX, No. 2 p. 1630-1640
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mohammad Rizky Ananda, Yudanto Prayitno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.