KOMUNIKASI ANTARPRIBADI JARAK JAUH ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENJAGA HUBUNGAN KELUARGA

Authors

  • Alifia Febyanti Akademi Komunikasi Media Radio & Televisi Jakarta
  • Susilowati Dyah Kusumaningtyas Akademi Komunikasi Media Radio & Televisi Jakarta
  • Hardjito Akademi Komunikasi Media Radio & Televisi Jakarta

Keywords:

Komunikasi antarpribadi, Jarak jauh, Orang tua dan anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana komunikasi antarpribadi jarak jauh antara orang tua dan anak yang berasal dari berbagai daerah dan untuk mengetahui hambatan – hambatan yang terjadi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dimana dalam proses pengumpulan data di lapangan menggunakan teknik observasi dan wawancara secara mendalam. Informan yang menjadi narasumbernya adalah orang tua dan anak.Hasil penelitiannya adalah komunikasi yang dilakukan oleh orang tua dananak kurang baik, karna hanya mengandalkan media sebagai saluran komunikasi tanpa melakukan tatap muka, dan komunikasi yang terjalinpun menjadi terbatas. Adapun hambatan – hambatan yang dihadapi seperti : (1) Hambatan mekanik yang disebabkan oleh jaringan, (2) Hambatan semantik yang disebabkan dengan adanya perbedaan makna dan pengertian pada pesan yang disampaikan, dan (3) Hambatan manusiawi, hambatan ini muncul dari masalah – masalah pribadi yang dihadapi oleh orang tua dan anak dalam berkomunikasi, termasuk didalamnya menyangkut masalah ekonomi.

References

Aji Putri, Tantri and Muhibbin, Ahmad. (2017) Komunikasi Interpersonal Jarak Jauh Orang Tua dengan Anak Menggunakan Smartphone. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Andry. (2017). “Pola Komunikasi Pada Hubungan Jarak Jauh Anak Dan Orang Tua Dalam Menjaga Hubungan Keluarga (Studi pada mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi FISIP UNHAS)”. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Cangara, Hafie. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi,.Jakarta : Raja Grafindo.

------------------. (2019). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Ketiga. Depok : Rajagrafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Harapan, Edi. (2014). Komunikasi Antarpribadi Perilaku Insan Dalam Organisasi Pendidikan. Depok : Rajagrafindo Persada.

Hidayat, Dasrun. (2012). Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Hilmy Mufidah. (2008). “Komunikasi Antara Orang Tua Dengan Anak Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak (Studi Kasus Di SMP Islam Al – Azhar 2 Pejaten Jakarta Selatan)”. Jakarta: UIN Jakarta.

Moleong, Lexy J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya. Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Permata, S. (2013). Pola Komunikasi Jarak Jauh Antara Orang Tua Dengan Anak (Studi Pada Mahasiswa Fisip Angkatan 2009 Yang Berasal Dari Luar Daerah). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(1).

Permatasari, EMA. (2017). “Pola Komunikasi Jarak Jauh Antara Orang Tua Dan Anak Dalam Meningkatkan Tali Silaturahmi”. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Sari, Andhita A. (2017). Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta : Deepublish. Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Depok : Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&N. Bandung : CV Alfabeta.

Suranro Aw. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Downloads

Published

2022-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

KOMUNIKASI ANTARPRIBADI JARAK JAUH ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENJAGA HUBUNGAN KELUARGA. (2022). Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 11-20. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/292