PENGARUH NILAI BERITA DAN KREDIBILITAS MEDIA AKUN INSTAGRAM @KOMPASCOM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS

Authors

  • Siti Masitoh Akademi Komunikasi Media Radio & Televisi Jakarta
  • Edy Nursanta Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Christiana Wulandari Akademi Komunikasi Media Radio & Televisi Jakarta

Keywords:

nilai berita, krediblitas akun, pemenuhan kebutuhan informasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai berita dan kredibilitas media akun instagram @kompascom terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan cara menyebarkan quesioner kepada 100 sampel followers akun instagram @kompascom. Teori yag digunakan adalah teori uses and gratification. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai berita berpengaruh secara positif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers dan ada pengaruh secara positif kredibiitas akun instagram @kompascom terhadap pemenuhan kebutuhan informasi. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai berita dan kredibilitas media akun instagram @kompascom berkontribusi memberikan pengaruh terhadap variabel pemenuhan kebutuhan informasi sebesar 39.4 %.

References

Azizah, L. (2020). Pengaruh Terpaan Informasi dan Kredibilitas Akun Instagram @tirto.id Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers.

Flanagin, Andrew J and Miriam J. Metzger. 2010. From Encyclopedia Britannica to Wikipedia. Generational Differences in the Perceived Credibility of Online Encyclopedia Information. Routledge.

Jamil, A. M. (2018). Kredibilitas Media Dalam Pemberitaan Pemilihan Kota Makkasar 2018 (Analisis Isi Portal Berita Rakyatku.com).

Kurniawan, R. F. (2019). Pengaruh Nilai Berita Pada Konten-Konten Berita di Line Today Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi di Kalangan Remaja. 21-22.

Latief, N. (2015). Indeks Kredibilitas Media Online Populer di Indonesia Berdasarkan Persepsi Audiens: Studi Deskriptif Tentang Generasi Digital Natives Menilai Kredibilitas Media Pada Lima Portal Berita Online Terpopuler di Indonesia.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rektama Media.

Puspitadewi, Isni dkk (2016) Pemanfaatan “Twitter Tmcpoldametro” Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Para Pengguna Jalan Raya Vol.4/No.1, Juni 2016, hlm. 21-28

Rosalin, E. (2008). Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Karsa Mandiri Persada.

Yusup, P. M. (1995). Pedoman Praktis Mencari Informasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH NILAI BERITA DAN KREDIBILITAS MEDIA AKUN INSTAGRAM @KOMPASCOM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS. (2022). Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 31-41. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/294