KECENDERUNGAN ISI PESAN KOMUNIKASI NETIZEN MERESPON INFORMASI #TOLAKSEKALIPAKAI PADA FENOMENA INOVASI PRODUK GALON SEKALI PAKAI

Authors

  • Budi Prasetyo Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Sri Nawangsari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

Keywords:

Kecenderungan Isi pesan, Media Sosial, Inovasi GSP

Abstract

Inovasi pada produk galon air isi ulang yang kini diproduksi menjadi galon berbahan dasar sekali pakai, banyak menuai reaksi dimasyarakat. Salah satu reaksi yang dapat dilihat ialah adanya partisipasi Netizen didalam media sosial yang menanggapi fenomena ini. Sebagai pengguna aplikasi Twitter turut serta menanggapi fenomena ini, mereka membuat Tweet dengan identitas #TolakSekaliPakai. Adanya penelitian ini bertujuan untuk menemukan makna    yang    muncul    dari     banyaknya     Tweet     yang menggunakan #TolakSekaliPakai. Sebanyak 276 data Tweet #TolakSekaliPakai diuji dengan menggunakan metode analisis isi kualitatif dengan pedekatan penelitian secara induktif. Metode ini digunakan untuk menemukan kategori-kategori yang nantinya dapat membangun sebuah tema besar, sehingga dapat menciptakan sebuah makna pada keseluruhan data Tweet. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan terhadap fenomena ini menemukan satu tema besar. Tema besar yang ditemukan ialah oposisi terhadap fenomena inovasi produk galon sekali pakai. Temaini merupakan isi dari beberapa kategori-kategori yang muncul pada data yang telah di analisis.

References

Alyusi, Shiefty. Dyah. (2016). Media Sosial Interaksi, Identitas, dan Media Sosial. Jakarta: KENCANA.

Canggara, Harfied. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo. Effendy, Onong. Vehjana. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainya. Jakarta: Kencana.

Kriyanto, Rachmat. (2006). Riset Komunikasi. Jakarta: KENCANA.

Morrisan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: KENCANA. Mulyana, Deddy. (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja

Rosdakarya Bandung.

Oli, Helena. (2007). Opini Publik. Jakarta: KENCANA.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendidikan dan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Rulli Nasrullah, M. (2015). Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sositeknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Syahputra, I. (2018). Opini Publik : Konse, Pembentukan, dan Pengukuran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Eysenbach, C. C. (2010). Pandemics in the Age of Twitter: Content Analysis of Tweets during the 2009 H1N1 Outbreak. Communication journal , 13

ISLAM, U. N. (2018). Analisis Isi Kualitatif Deskriptif Pengelolaan Kesan Walikota Bandung Ridwan Analisis Isi Kualitatif Deskriptif Pengelolaan Kesan Walikota Bandung Ridwan . 34.

Mawardah, R. D. (2020). Nilai Kemanusiaan dalam Akun Instagram Komunitas Manusaya @manusaya.project sebagai Dukungan kepada Anak-Anak LPKA Salemba Jakarta (Analisis Isi Kualitatif). Jurnal Ilmu Komunikasi, 13.

Murwani, Endah. (2012). Budaya Partisipatif : Suatu Bentuk Literasi Media Baru. 5. Rumata, Vience. Mutiara. (2017). ”Analisis Isi Kualitatif

Twitter"#TaxAmnesty"DAN"#Amnestipajak". 18.

Sari, Herlina. Latipa. (2013). Pengembangan Jarigan Local Area Network Menggunakan Sistem Operasi Linux Redhant 9. 25.

Suciningsih, Indriyana. (2019). Analisis Wacana Kritis Trending Topic Hastag Crazy Rich Surabayan Di Twitter. 92.

Sandra, L. J. (2013). Political Branding Jokowi Selama Political Branding Jokowi Selama Jakarta 2012 Di Media Sosial Twitter. Jurnal E-Komunikasi, 12.

Surachman. (2005). Teori Komunikasi dalam Perspektif Mazhab Frankurt. Jurnal Komunikasi, 10.

Surijah, E. A. (2017). Membedah Instagram: Analisis Isi Media Sosial Pariwisata Bali. Jurnal Psikologi Ilmiah, 17.

Syarief, F. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Proses Pembentukan Opini Publik (Analisa Wacana Twitter SBY). Jurnal Komunikasi, 5.

Watic, Erika. Dwi. Setya. (2011). Komunikasi dan Media Sosial

https://m.detik.com/inet/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta-pengguna-internet-di-indonesia

https://amp.tirto.id/bagaimana-twitter-memengaruhi-opini-publik-dan-preferensi-politik-cGre

https://m.detik.com/inet/cyberlife/d-2199621/twitter-cermin-dunia-nyata-atau-penggiring-opini

https://www.academia.edu/29313288/Analisis_Isi_Media https://bukugue.com/apa-itu-hashtag/

https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/theuglyscientist/5dec95c90 97f3651aa66b612/apa-itu-sampah

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190721140139-33-86420/sebegini-parah-ternyata-masalah-sampah-plastik-di-indonesia

https://shindohjourney.wordpress.com/seputar-kuliah/metodelogi-penelitian-komunikasi-analisis-isi-wacana-semiotika-framing-kebijakan-redaksional-dan-analisis-korelasional/

https://karinov.co.id/media-sosial-pengertian-dan-dampak/ https://pendidikan.co.id/pengertian-media-sosial-karakteristik-fungsi-jenis-dan-dampaknya/

http://www.pengertianku.net/2017/08/inilah-pengertian-opini-dan-contoh-kalimatnya.html

https://www.studiobelajar.com/fakta-dan-opini/ https://www.literasipublik.com/pengertian-publik https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-opini.html https://www.google.com/amp/s/www.nesabamedia.com/pengertian-twitter/amp/ https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+:+Pengguna+Internet+di

+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/16/173651465/mengenal-bahan-galon-

sekali-pakai-dan-galon-isi-ulang-serta-dampaknya-bagi?page=all https://www.google.com/amp/s/m.tribunnews.com/amp/techno/2019/11/05/indonesia-

menjadi-produsen-sampah-plastik-terbesar-kedua-di-dunia-ini-respon-karya-anak-bangsa

https://www.wartaekonomi.co.id/read325225/bantah-setujui-kemasan-galon-sekali-pakai-klhk-dukung-galon-guna-ulang

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190721140139-33-86420/sebegini-parah-ternyata-masalah-sampah-plastik-di-indonesia

https://www.kajianpustaka.com/2016/10/sejarah-tujuan-dan-tahapan-analisis-isi.html?m=1

Downloads

Published

2022-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

KECENDERUNGAN ISI PESAN KOMUNIKASI NETIZEN MERESPON INFORMASI #TOLAKSEKALIPAKAI PADA FENOMENA INOVASI PRODUK GALON SEKALI PAKAI. (2022). Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 42-53. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/295