KOMUNIKASI POLITIK PADA KONTEN @KORANTEMPO DI TWITTER MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS

Authors

  • Pipit Fitriyah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Nadia Azka Kamilah Akademi Komunikasi Media Radio & Televisi Jakarta

Keywords:

Analisis jaringan komunikasi, Netlytic, Gephi, Majalan Tempo, Media Sosial, Twitter

Abstract

Peran media sosial sebagai salah satu faktor pendorong yang dapat memberikan efek terhadap masyarakat. Dengan adanya interaksi dan partisipasi, pesan dapat diterima melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jaringan komunikasi pada pendistribusian informasi melalui konten majalah KoranTempo yang dibagikan di media sosial twitter. Penelitian ini menggunakan teori Analisis Jaringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan Social Network Analysis dengan model Netlytic. Populasi yang digunakan ialah pengguna Twitter aktif, dengan total sampel mencapai 1000 (maksimal) yang tercall oleh Netlytic. Hasil penelitian yang terdapat dalam Netlytic ini ditemukan adanya 5 cluster besar pada Netlytic ialah, @KoranTempo, @tempodotco, @dipoalam49, @chairulachir dan @temponewsroom. Kesimpulan penelitian ini pengguna media sosial sebagai penghubung proses pendistribusian informasi di twitter @KoranTempo yang saling interaktif.

References

Almond, Gabriel., & Coleman, James. 1960. Introduction : A Functional Approach to Comparative Politics. Boston : Little Brown.

Althoff, Phillip., & Rush, Michael. 1997. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Antar, Venus. 2004. Manajemen kampanye: panduan teoritis dan praktis dalam mengekfektifkan kampanye komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Arifin, Anwar. 2003. Komunikasi Politik dan Pers Pancasila. Jakarta: MediaSejahtera. Badri, Muhammad. 2011. Corporate Marketing and Communication. Jakarta :

Universitas Mercu Buana.

Berger, Charles R. dan Chaffe, Steven H. (Ed). 1987. Handbook of Communication Science. Beverly Hills. California: Sage.

Blake, Reed H., & Haroldsen, E.O. 1975. A Taxonomy of Concepts in Communication. New York : Hasting House Publisher.

Bonacich, Phillip. 1987. Power and Centrality: A family of Measures. American Journal of Sociology. Vol. 92, No. 5, pp. 1170-1182.

Borgatti SP, Mehra A, Brass DJ, Labianca G. 2009. Network on social analysis in the social sciences. Science. 323:892-895.

http://dx.doi.org/10.1126/science.1165821.

Borgatti, S.P., Brass, D.J, & Halgin, D.S. 2015. Social Network Research : Confusions, Criticisms, And Controcersies. Bradford, UK : Emerald Publishing.

Borgatti, Stephen P. And Rich Dejody, 2013. “Basic Concepts in Social Network Analiysis” Makalah Workshop SNA, 5 Juni 2013. Diakses dari https://sites.google.com/site/uklinkcenter.

Borgatti, Sthepen, P. 2005. Centrality and Network Flow. Social Networks 27. Hlm.57-59.

Chiang, O. (2011, January 19). Twitter hits nearly 200M accounts, 110M tweets day, focuseson global expansion.

Forbes.http://www.forbes.com/sites/oliverchiang/2011/01/19/twitter-hits-nearly-200musers 110m-tweets-perday-focuses-on-global- expansion/>.Psychological Science, 21, 372–374.

Dailey, Patrick R. 2009. Social Media: Finding Its Way into Your Businnes Strategy and Culture. Burlington, Linkage.

Dan Nimmo. 1978. Political Communication and Public Opinion in America.

California: Goodyear Publishing Company, Santa Monica.

Eriyanto. 2014. Analisis Jaringan Komunikasi Strategi Baru dalam Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Fagen, Richard R. 1966. Politics and Communication: An Analytic Study. Boston : Little Brown & Company.

Husein Umar. 2005. Metode Penelitian Untuk Tesis Dan Bisnis. Jakarta: Grafindo Persada.

Kadushin, C. 2012. Understanding Social Networks: Theories, Concept, and Finding. New York: Oxford University Press.

Knoke, D. & Kuklinski, J. H. 1982. Network Analysis. London : Sage Publications. Marin, A. dan Wellman, B. 2011. “Social Network Analysis: An Introduction”, 11-25

dalam Scott, J. & Carrington, Peter J., Eds, The SAGE Handbook of Social Network Analysis, 601 h., Thousand Oaks, California: SagePublication.

McCombs, Maxwell dan Donald L. Shaw. 1972. The Agenda Setting Function of The Agenda Media : Public Opinion Quarterly No. 37. Dikutip dalam Nuruddin. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : Rajawali Pers, 2011.

McLeod, J.M. & Chaffee, S.H. 1973. Interpersonal Approaches to Communication Research. American Behavioral Scientist 16(4): 469-499.

Moeliono, M Anton. 1993. Tata bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Moleong, L.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya. Monge, Peter R and Noshir S. Contractor. 2003. Theories of Communication Networks.

Oxford: Oxford University Press.

Monge, Peter R. 1987. The Network Level of Analysis. Charles R. Berger and Steven H. Chaffee (ed.), Handbook of Communication Science. Newbury Parks. California: Sage Publications.

Mudiarta, K. G. 2009. Jaringan sosial (networks) dalam sistem dan usaha agribisnis: perspektif teori dan dinamika studi kapital sosial. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 27(1), 1–12. https://doi.org/10.21082/fae.v27n1.

1-12.

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Cet. XIV. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. 2016. Media Sosial:Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Nimmo, Dan. 1989. Komunikasi Politik: Khalayak dan Efek. Bandung: Remadja Karya W.

Nimmo, Dan. 1999. Komunikasi Politik, komunikator, Pesan dan Media . Bandung : PT Rosda Karya.

Poespowardjojo, S., & Seran, A. 2015. Filsafat Ilmu Pengetahuan (1 st ed.). Jakarta : PT Kompas Media Nusantara.

Prell, Christina. 2012. Social Networks Analysis: History, Theory and Methodology.

London: Sage Publications.

Puntoadi, Danis . 2011. Meningkatkan penjualan melalui media sosial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Purnama, Hadi. 2011. Media Sosial Di Era Pemasaran 3.0. Corporate and Marketing Communication. Jakarta : Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Program Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana.

Stieglitz, Stefan & Dang-Xuan, Linh. 2012. Social media and political communication: a social Media Analytics Framework. http:

//www.researchgate.net/publication _Social_Media_and_

/235632721-Political_Communication_A_Social_

Media_Analytics_Framework/file/ 79e41512111a26d3f3.pdf (diakses pada 25 November 2020).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vera, Eugenia Roldan., & Thomas Schupp. 2006. Network Nalysis in Comparative Social Sciences. Comparative Education, 42(3), Special Issue (32): Comparative Methodologies in the Social Science: Cross-Displinary Inspirations, 405- 429.

Waldstrom C. 2001. Informal Network in Organization. Denmark (DK): TheAarhus School of Business

Wasserman, S. dan Faust, K. 1994. Social Network Analysis: Methods and Application. Cambridge: Cambridge University Press.

Downloads

Published

2022-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

KOMUNIKASI POLITIK PADA KONTEN @KORANTEMPO DI TWITTER MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS. (2022). Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 66-78. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/297