IMPRESSION MANAGEMENT PENGGUNA FAN ACCOUNT DI TWITTER

Authors

  • Tsalatsa Sabilisyifa Zahra Noerman Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Siti Masitoh Akademi Komunikasi Media Radio & Televisi Jakarta
  • Yudanto Prayitno Akademi Komunikasi Media Radio & Televisi Jakarta

Keywords:

Dramaturgi, Fan Account, Impression Management, Media Sosial Twitter

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Impression Management pengguna Fan Account Keci @likechizu dimedia sosial dan di dunia nyata. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan cara mewawancarai 5 narasumber. Teori yang digunakan adalah teori Dramaturgi Erving Goffman. Hasil penelitian didapatkan bahwa impression management pengguna fan account di twitter dengan cara menampilkan profil yang menarik, menampilkan keahlian yang dimiliki, dan menggunakan tata bahasa dalam postingan. Ada perbedaan sikap antar didunia nyata dan dunia maya, dimana di dunia nyata keci lebih pendiam dan terbuka kepada keluarga, dibandingkan di dunia maya yang sangat menjaga privasi tentag dirinya.

References

Dewi, D. R. 2016. Impression Management Mahasiswa di Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Menggunakan Pendekatan Dramaturgi Di Kalangan Mahasiswa Universitas Telkom). Universitas Telkom.

George Ritzer. 2012. Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhis Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jones, E. E., & Pittman. 1982. Toward a General Theory of Strategic Self Presentasion. London: Lawrence Erlbaum Associates Publisher.

Loretta, Dya. 2015. Its Me : Super Brand Diri Untuk Jadi Beda. Penerbit : PT Lintas Karya. Jakarta

Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Rakhmat, Jalaludin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Yumna, Rofifah, et al. "Aktivitas Fanatisme K-POP di Media Sosial (Analisis Tekstual pada Akun Twitter @WINGSFORX1)." Syntax Idea, vol. 2, no. 5, 2020, pp. 106-115.

Widodo, Suko. 2010. Anatomi dan Perkembangan Teori Sosial. Malang: Aditya Media Publishing.

Downloads

Published

2022-09-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

IMPRESSION MANAGEMENT PENGGUNA FAN ACCOUNT DI TWITTER. (2022). Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 1-15. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/299