IMPRESSION MANAGEMENT PENGGUNA FAN ACCOUNT DI TWITTER
Keywords:
Dramaturgi, Fan Account, Impression Management, Media Sosial TwitterAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Impression Management pengguna Fan Account Keci @likechizu dimedia sosial dan di dunia nyata. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan cara mewawancarai 5 narasumber. Teori yang digunakan adalah teori Dramaturgi Erving Goffman. Hasil penelitian didapatkan bahwa impression management pengguna fan account di twitter dengan cara menampilkan profil yang menarik, menampilkan keahlian yang dimiliki, dan menggunakan tata bahasa dalam postingan. Ada perbedaan sikap antar didunia nyata dan dunia maya, dimana di dunia nyata keci lebih pendiam dan terbuka kepada keluarga, dibandingkan di dunia maya yang sangat menjaga privasi tentag dirinya.
References
Dewi, D. R. 2016. Impression Management Mahasiswa di Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Menggunakan Pendekatan Dramaturgi Di Kalangan Mahasiswa Universitas Telkom). Universitas Telkom.
George Ritzer. 2012. Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhis Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jones, E. E., & Pittman. 1982. Toward a General Theory of Strategic Self Presentasion. London: Lawrence Erlbaum Associates Publisher.
Loretta, Dya. 2015. Its Me : Super Brand Diri Untuk Jadi Beda. Penerbit : PT Lintas Karya. Jakarta
Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Rakhmat, Jalaludin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Yumna, Rofifah, et al. "Aktivitas Fanatisme K-POP di Media Sosial (Analisis Tekstual pada Akun Twitter @WINGSFORX1)." Syntax Idea, vol. 2, no. 5, 2020, pp. 106-115.
Widodo, Suko. 2010. Anatomi dan Perkembangan Teori Sosial. Malang: Aditya Media Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tsalatsa Sabilisyifa Zahra Noerman, Siti Masitoh, Yudanto Prayitno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.