ANALISIS MOTIF DAN PERGESERAN BUDAYA DALAM MENGKONSUMSI FAST FOOD PADA GENERASI MILENIAL

Authors

  • Kartika Sasi Ontotyaswari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Karina Jayanti Akademi Komunikasi Media Radio & Televisi Jakarta
  • Ahmad Nasher Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Dina Juniar Anggraini Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

Keywords:

Motif, Pergeseran Budaya, Fast Food, Generasi Milenial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi faktor serta alasan dari generasi milenial, mengapa lebih memilih fast food dari pada makanan rumahan. Penelitian ini menggunakan   studi    kasus    sebagai    metode   penelitian  dan                        konstruktivisme             sebagai paradigmanya. Informan pada penelitian ini memiliki kriteria yaitu, orang yang gemar mengkonsumsi fast food, tinggal di daerah Jabodetabek dan berusia sekitar 17-30 tahun. Data dikumpulkan dengan wawancara, menggunakan alat bantu audio visual. Data yang diperoleh kemudian diuji keabsahan datanya dengan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian mengacu pada pengalaman pribadi seseorang saat pertama kali membeli makanan fast food. Hal ini sama dengan Teori Fenomenologi yang mengatakan bahwa sesuatu terjadi karena pengalaman sadar dan selalu di ingat di kemudian hari. Hasil dari penelitian ini yaitu ada beberapa faktor yang mempengaruhi generasi milenial membeli makanan fast food yaitu faktor dari lingkungan yang juga mengkonsumsinya dan makanan fast food yang praktis dan tidak banyak memakan waktu. Maka dari itu mengkonsumsi makanan fast food sudah menjadi kebiasaan di kalangan generasi milenial.

References

Afifudin dan Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Budiati, Indah. et al. 2018. Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdaya Perempuan dan Perlindungan Anak..

Farid, Muhammad. et al. 2018. Fenomenologi: Dalam Penelitian Sosial. Jakarta: Prenada Media Group.

Irasmi. 2012. Perilaku Mahasiswa Dalam Memilih Jenis Makanan Dan Minuman Di Makassar Town Square. Skripsi. Makassar: Universitas Hassanudin.

Janah, Ida Cholidatul. 2016. Kebiasaan Konsumsi Makanan Cepat Saji Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Yogyakarta

Morisan. 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenada Media Group.

Stefanus Nindito.2005. Fenomenologi: Studi Tentang Konstruksi Makna dan Realitas dalam Ilmu Sosial, vol.2, No.1:79-94

Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Virginia, Amelia. 2012. Pergeseran Budaya Komunikasi pada Era Media Baru: Studi Kasus Penggunaan Facebook oleh Digital Natives. Jurnal

Internet

https://pakarkomunikasi.com/teori-fenomenologi (Diakses pada Jum’at, 24 Juli 2020, pukul 21.35 WIB)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3587046/studi-milenial-penggila-makanan-cepat-saji-benarkah (Diakses pada Rabu, 18 Maret 2020, pukul 20:16)

Downloads

Published

2022-09-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS MOTIF DAN PERGESERAN BUDAYA DALAM MENGKONSUMSI FAST FOOD PADA GENERASI MILENIAL. (2022). Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 16-26. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/300